PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-ANWARIYAH TEGAL GUBUG LOR KABUPATEN CIREBON DALAM MENGHADAPI MODERN

  • kambali kambali mahasiswa Doktoral IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Adapun tujuan dari pembaharuan sistem pendidikan pondok pesantren adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan pondok pesantren, hingga mampu menyamai pendidikan formal lainnya, juga agar para santri tidak selalu mempertahankan sistem lama atau tradisional.

Namun keberhasilan pencapaian keberhasilan tersebut sangat ditentukan akan adanya pembaharuan system pendidikan pondok pesantren yang meliputi berbagai bentuk dan jenisnya, seperti metode pengajarannya, kurikulumnya, administrasinya dan tersedianya sarana dan prasarana.

Berkaitan dengan hal tersebut, pondok pesantren Al-Anwariyyah telah banyak mengadakan pembaharuan mengenai system pendidikan. Dan berkaitan dengan itu pula maka lingkup yang dikaji dalam sistem pendidikan meliputi metode pengajarannya, kurikulum, administrasi dan sarana prasarana. Yang selanjutnya kita dapat mengidentifikasi perumusan masalah yaitu : 1). Bagaimana Penyempurnaan pengajarannya 2). Bagaimana penyempurnaan kurikulumnya    3). Bagaimana penyempurnaan administrasinya 4). Bagaimana penyempurnaan fasilitas dan sarananya..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
kambali, kambali. 2021. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7 (1), 1-13. Accessed September 24, 2021. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.161.