THE INTERNALIZATION OF EDUCATION TO SHAPE STUDENT CHARACTER (INTERNALISASI PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER SISWA)

  • kambali kambali mahasiswa Doktoral IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: character education, islamic education, noble character

Abstract

The article aims to investigate the internalization of education to shape student character. The internalization is deliberated and integrated effort to transform values of noble character to student. In character education conteks, internalization of faith and piety become main priority to build national generation. To understand and to study Islamic religion doctrine seriously will produce the noble character. To actualize Islamic doctrine to student in teaching need to several strategies and methods, like as to change the orientation and religion teaching focus, to increase lesson time and ekstracuricurel activity, and to use comprehensive method.

 Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi internalisasi pendidikan dalam mewujudkan karakter siswa. Internalisasi merupakan suatu upaya yang dilakukan secara sadar dan terpadu dalam mentransformasikan nilai-nilai karakter mulia pada siswa. Dalam konteks pendidikan karakter internalisasi nilai-nilai iman dan taqwa menjadi perioritas utama untuk membangun generasi bangsa. Memahami dan mendalami ajaran agama islam dengan betul-betul sampai mendalam, akan membuahkan perilaku yang terpuji (beretika) dan memiliki karakter yang terpuji. Untuk mengaktualisasikan ajaran islam kedalam diri pribadi siswa dalam pengajaran diperlukan beberapa strategi dan metode, seperti mengubah orientasi dan fokus pengajaran agama, menambah jam pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler, dan dengan menggunakan metode komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-04
How to Cite
kambali, kambali. (2019, April 4). THE INTERNALIZATION OF EDUCATION TO SHAPE STUDENT CHARACTER (INTERNALISASI PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER SISWA). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 99-112. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.2619199