https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/issue/feed Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2023-02-01T12:09:00+00:00 Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam syifanurfadilah241@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam</strong> is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University. Published 4 (four) times annually, on March, June, September, and December. Each of the issue has articles both on conceptual article and research article. Published in Bahasa Indonesia, but English-written articles are also welcomed.</p> https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/358 Menjadi Muslim Afrika Selatan yang Baru, Analisis Buku On Being A Muslim Karya Farid Esack 2022-11-16T15:40:50+00:00 Syifa Nur Fadilah syifanurfadilah241@gmail.com <p>Isi dari artikel ini adalah mencakup tentang pengulangan kembali pembahasan yang sudah di bahas oleh Farid Esack di dalam bukunya <em>On Being A Muslim</em>.&nbsp; Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dalam tulisan ini merujuk pada jenis penelitian kajian pustaka (<em>Library Research</em>), dengan tujuan menjelaskan serta menceritakan kembali isi buku agar memperoleh gambaran secara umum dan singkat tentang sejarah kaum &nbsp;minoritas muslim di Afrika Selatan menurut pandangan yang ada didalam buku Farid Esack yang berjudul <em>On Being A Muslim</em>. Kesimpulannya adalah di dalam buku <em>One Being A Muslim</em>, <em>chapter</em> terakhir dengan sub tema <em>On Being A New South </em><em>African Muslim </em>adalah tentang pandangan Farid Esack terhadap kaum minoritas yang ada di Afrika Selatan yang cenderung ingin mengembalikan kembali sistem apartheid untuk kebangkitan muslim.</p> 2022-11-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Syifa Nur Fadilah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/338 Komunikasi Antar Pribadi Ustadz Dan Santri Dalam Pembentukan Karakter Santri (Studi Pada Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan) 2022-11-16T16:25:08+00:00 Hasbul Hadi hasbulhadisudan@gmail.com Aulia Rini Fitriatul Khasanah auliarini68@gmail.com Syaifuddin radensaif96@gmail.com Moh. Ali Aziz malzis@yahoo.com <p>Komunikasi merpakan kebutuhan primer bagi makhluk hidup, dengan berkomunikasi maka akan terjalin sosial yang baik, baik secara internal maunpun secara ekstenal khususnya komunikasi antarpribadi yang sangat penting dalam pembentukan karakter khususnya dalam dunia pondok pesantren yang mengedepankan nilai-nilai agama dan moral. Hal ini tentu bertujuan untuk mebentuk karakter yang baik yang berlandaskan dengan nilai-nilai agama dan moral. Berangkat dari hal ini perlu dilakukan penelitian terkait komunikasi antarpribadi yang terjadi dipondok pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan sesuai dengan teori pendekatan komunikasi antar pribadi dan strategi komunikasi antarpribadi Miller dan Stainberg yaitu pendekatan secara analisis psikologis, sosiologis dan cultural. dengan cara melakukan observasi dan wawancara secara mendalam kemudian mendokumentasikan hasil yang ditemukan dilapangan. Hasil dari penelitian ini asatidz memiliki srtategi secara persuasif dengan mengetahui karakter santri, sehingga dengan demikian materi yang sampikan oleh para Asatidz akan lebih mudah diterima dan dicerna oleh para santri, karakter tersebut dapat dilihat dari memahami aculturasi, sosiologi,dan psikologi santri agar lebih mudah mendeteksi dari arahmana kita dapat melakukan komunikasi yang dapat diterima oleh santri tersebut.</p> 2022-11-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Syaifuddin Syaif https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/340 Bahan Ajar dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa SMP di Medan 2022-11-17T06:27:14+00:00 Neliwati neliwati@uinsu.ac.id Havelia Ramadhani ramadhanihavelia@gmail.com Nurdalipah Hasugian nurdalipahhasugian@gmail.com Nurhasanah Harahap nurhasanah27889@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Bahan Ajar berbentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&amp;D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (Develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan produk Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII yang valid. Berdasarkan hasil dari angket validator lembar kerja peserta didik dapat di nilaidari validasi ahli media dengan rata-rata nilai 3,00 dengan kriteria “Baik” dan apabila dipersentasekan yaitu 75% dalam kategori “Layak” untuk penilaian RPP. Adapun untuk hasil penilaian pada Bahan Ajar yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yaitu 3,02 dengan kriteria “Baik” dan apabila dipersentasekan yaitu 75,55% dalam kategori “Layak”. Kemudia hasil penilaian dari angket peserta didik diperoleh rata-rata persentase 85,96% dengan kategori sangat positif dan dapat dibuktikan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berkategori efektif.</p> 2022-11-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Neliwati, Havelia Ramadhani, Nurdalipah Hasugian, Nurhasanah Harahap https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/365 Model Desain Pembelajaran PAI Berbasis Daring (Studi Kasus di Kelas VII MTs Nurul Wathan Banyuasin Sumatera Selatan) Tahun Ajaran 2020-2021 2022-11-28T09:30:06+00:00 Syarifah syarifah@unida.gontor.ac.id Farida Isroani farida@unugiri.ac.id Faprilisya Heldhika Fani faprilisyaheldhika@unida.gontor.ac.id <p>Rancangan pembelajaran merupakan alat yang sangat penting untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Seorang guru harus menyadari bahwa proses desain sangat penting bagi dirinya sendiri. Selain profesionalisme, guru dalam menyusun rancangan pembelajaran juga memerlukan keterampilan, pelatihan dan kesenangan bersama guru lain (terutama guru dengan mata pelajaran yang sama). Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tentunya banyak terjadi perubahan pola pembelajaran, salah satunya berbasis online. Wajarnya, semua guru, termasuk guru PAI, harus berinovasi dalam desain pembelajaran PAI berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi desain pembelajaran model PAI berbasis online berdasarkan kurikulum yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan umum dalam pembelajaran dapat tercapai dan dapat meningkatkan perbaikan pembelajaran.</p> 2022-11-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Syarifah, Farida Isroani, Faprilisya Heldhika Fani https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/363 Resepsi Estetika dan Fungsional dalam Amalan Surah al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya 2022-12-03T05:19:23+00:00 Tuti Alawiyah tutirusdi05@gmail.com Taufik Warman taufikwarman27@gmail.com Nor Faridatunnisa norfaridatunnisa@iain-palangkaraya.ac.id <p>Penelitian ini membahas tentang masalah amalan pembacaan surah al-Waqi’ah di pondok pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan tradisi pembacaan surah al-Waqi’ah serta mengetahui makna dan motivasi tradisi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat lapangan (field reseach) dengan jenis penelitian kualitatif. Untuk menemukan hasil dari penelitian penulis menggunakan metode deskriptif-analisis. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pisau analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi amalan Surah al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya terdapat dua model resepsi, yaitu resepsi estetik dan resepsi fungsional. Resepsi estetik terlihat pada pola pembacaan surah al-Waqi’ah dengan model pembacaan dan irama tartil. Adapun resepsi fungsional terlihat pada adanya harapan atas keberkahan Al-Qur’an, agar dapat melancarkan Rizki dan untuk mendekatkan diri kepada Allah.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tuti Alawiyah, Taufik Warman, Nor Faridatunnisa https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/339 Peran Majelis Shalawat At-Taufiq Terhadap Pembentukan Karakter Pemuda Karang Penang Sampang 2022-11-16T16:19:02+00:00 Humairotus Sulfa zulfahumairotus@gmail.com Muhammad Ainun Naim ainun446@gmail.com Syaifuddin radensaif96@gmail.com Muhammad Rizky Amrullah rizki160816@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pemuda menjadi perhatian utama dalam masyarakat di berbagai kalangan di setiap bidang.Peran pemuda dalam masyarakat sebagai pembentukan karakter yang baik, harus memiliki nilai-nilai luhur, berjiwa sosial dan membangun serta cinta tanah air. Fenomena yang berkembang di daerah Karang Penang Sampang, banyak pemuda yang sangat antusias mengikuti majelis ini, karena adanya anggota-anggota majelis ini yang keseluruhannya dari kalangan pemuda, dari ketua, vokalis shalawatnya, dan penabuh banjarinya. Dua tahun sebelum adanya majelis shalawat At-Taufiq, kondisi masyarakat yang cukup memprihantinkan. Seperti pemudanya yang suka hiburan malam, nonkrong di malam hari yang tidak jelas, minuman- inuman keras, dan lainnya. Dengan itu Gus Khoiron yang sekarang selaku Ketua Umum membentuk sebuah majelis yakni majelis shalawat At-Taufiq. Metode peneltian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif lapangan, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa perkataan lisan atau urutan kata yang tertulis dari orang-orang yang diamati dan pendekatan ini diarahkan pada latar individu secara holistis (utuh). Dalam penelitian kualitatif, penulis menjadi instrumen kunci <em>(human instrument)</em> yang berfungsi menetapkan fokus penelitian, mencari dan memilih informan sebagai sumber data, mengumpulkan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas hasil temuan<em>.</em> Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian seorang pemuda banyak yang berubah positif. Segala upaya yang ditempuh majelis At-Taufiq untuk membangun rohani anak-anak muda selalu dilakukan sesuai dengan melibatkan selera mereka, serta tidak dilakukan secara spontan namun bertahap. Membangun komitemen, motivasi, semangat ukhwah dan dzikir yang terus dilakukan serta bermunajat kepada Allah. Tidak hanya kerohanian, tapi juga memberikan dorongan dan dukungan pada anak-anak muda untuk memperkuat kecintaan pada Rasulullah SAW serta menjalin tali silaturrahim dengan para ulama dan habaib.</p> 2022-11-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Humairotus Sulfa, Muhammad Ainun Naim, Syaifuddin, Muhammad Rizky Amrullah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/343 Asal Usul Ilmu Kalam Persefektif Ilmuwan Timur dan Barat Analisis Karya Alexander Treiger 2022-11-22T05:10:58+00:00 Nurul Fajri Assakinah nurulfajriassakinah150@gmail.com <p>Dalam pembahasan mengenai ilmu kalam dalam persfektif ilmuwan timur dan barat analisis dari karya alexander treiger. Hasil analisis dari sudut pandang Islam bahwa Ilmu Kalam membahas mengenai sifat ketihanan dan munculnya ilmu kalam tersebut dari adanya perbedaan penafsiran dari teologi ilmuwan timur dan barat. Sedangkan dari sudut pandang kristologis munculnya ilmu kalam berasal dari tradisi kristologis yang memandang ilmu kalam sebagai adanya perdebatan-Perdebatan di timur tengah. tujuan tulisan ini ingin mengetahui lebih dalam asal usul ilmu kalam persfektif ilmuwan timur dan barat dalam karya Alexander Treiger. metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah metode kualitatif analisis deskriptif yang mengacu pada penelitian sebelumnya. hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini ialah, bahwa asal usul ilmu kalam pada karya Alexander Traiger menjelaskan bahwa Teologi Islam muncul dalam lingkungan multi agama (banyak agama) yang dimana minoritas Muslim berkuasa berjuang untuk menegaskan pendapatnya sendiri secara politik maupun agama di tengaah-tengah penduduk asli timur tengah.</p> 2022-11-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Nurul Fajri Assakinah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/347 Evaluasi Program Literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 6 Bulukumba (Studi Evaluasi Model Context, Input, Process, dan Product) 2022-11-22T16:15:56+00:00 Rostina rostina653@gmail.com Ilham Muchtar ilhammuchtar@unismuh.ac.id Abd. Rahman Getteng hman_getteng@gmail.com <p>This study aims to describe the results of the implementation of the Koran literacy program at SMA Negeri 6 Bulukumba with an evaluation study of the CIPP model, namely Context, Input, Process, and Product. This evaluative research uses a qualitative descriptive method. The results of the research show that: 1) The aim of implementing the Koran literacy program is in accordance with the needs of students and schools, and for the development of the Koran literacy program SMA Negeri 6 has collaborated with related institutions and agencies. 2) Evaluation of the input implementation of the literacy program in the form of activity schedule stages, understanding of teachers and students in program management, qualifications of TLA members, availability of infrastructure, implemented well although it has to be increased in human resources competency stage of accompanying teachers, utilization of facilities, planning of programming, rules for funding training and program development. 3) The process of implementing the Al-Qur'an literacy program, time and place has changed due to the Covid-19 pandemic, the role of program partners and school principal monitoring supervision has been very good even though it has not yet touched program development funding. 4) Product evaluation of the implementation of the Koran literacy program that was implemented showed the success of the program in terms of target and outcome compatibility, changes in students' interest in reading the Koran intensively, increasing learning outcomes in the rules of reading the Koran and student achievement in the religious field, program benefits for schools and program reporting. This program must be continued and can be applied elsewhere.</p> 2022-11-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Rostina, Ilham Muchtar, Abd. Rahman Getteng https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/348 Pendidikan Profetik dalam Kitab Arba’in Nawawiyah (Telaah Hadits Pertama, Kedua, dan Kesebelas) 2022-11-24T04:01:46+00:00 Syafaat Rudin abuabdillahhadisyafaatrudin@gmail.com Rahmi Dewanti rahmidewanti@unismuh.ac.id Abbas Baco Miro abbasbmiro@gmail.com Syamsu Rijal samsu.rijal@universitasbosowa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Pendidikan Rasulullah SAW secara umum untuk pendidik serta untuk para peserta didik yang disimpulkan dari Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas didalam kitab Hadits Arba’in Nawawiyyah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Hasil penelitian menunjukkan Metode pendidikan Rasulullah secara umum didalam Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas dalam kitab Arba’in Nawawiyah yaitu menggunakan Metode Hiwar (tanya-jawab), Metode jawāmi’ul kalim (menggunakan kalimat-kalimat yang ringkas namun memiliki makna yang luas dan mandalam), Metode tamṡil (memberikan contoh dan permisalan). Adapun Metode pendidikan Rasulullah untuk para pendidik di dalam Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas pada Kitab Arba’in Nawawiyah yaitu pendidik bersifat dengan akhlak yang mulia, Mendidik secara bertahap dan mengkhususkan sebagian anak didik dengan ilmu tertentu, sedangkan Metode pendidikan Rasulullah untuk para peserta didik di dalam Hadits yang pertama, kedua, dan kesebelas pada Kitab Arba’in Nawawiyah yaitu tentang beradab terhadap pendidik, bersemangat didalam belajar dan bertanya kepada pendidik.</p> 2022-11-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Syafaat Rudin, Rahmi Dewanti, Abbas Baco Miro, Syamsu Rijal https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/349 Relevansi dan Signifikansi Metodologi (Buku: Ahl Al-Kitab, Makna dan Cakupannya dalam Al-Qur’an Karya Muhammad Galib M) 2022-11-26T06:19:27+00:00 Salehuddin Mattawang mattawangsalehuddin@gmail.com Achmad Abubakar achmad.abubakar@uin-alauddin.ac.id Muhsin Mahfudz nmahfudz@uin-alauddin.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ulasan dalam buku dengan judul ahl-kita&gt;b: Makna dan Cakupannya, karya dari seorang professor dalam bidang tafsir yaitu Muhammad Galib M. Rumusan masalahnya ada tiga yaitu bagaimana defenisi metodologi penelitian dan pendekatan tafsir?, bagaimana penjelasan ahl-Kita&gt;b dalam buku Muhammad Galib M?, dan bagaimana penerapan metode maudhui/tematik dalam buku ahl-Kita&gt;b karya Muhammad Galib M?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan sumber data primernya adalah al-Qur’an al-Karim terkait ayat-ayat yang menyinggung tentang ahl-kita&gt;b. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, metode penelitian dan pendekatan tafsir adalah suatu cabang ilmu pengetahuan mengenai cara-cara dalam melaksanakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan, menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan pendekatan dalam menafsirkan al-Qur’an, guna mencari pemecahan terhadap masalah berdasarkan fakta-fakta atau gejala-gejala terdeteksi. Kedua, metode penafsiran yang digunakan dalam buku ini adalah metode maudhu’i dan pendekatan/corak penafsiran yang digunakan adalah pendekatan historis. Ketiga, secara umum buku Ahl al-Kitab ini memang menggunakan metode maudhui sesuai dengan langkah-langkahnya tapi tentunya dalam hal penyelesaian masalahnya di bantu oleh metode lain dan dalam buku ini metode yang disandingkan yaitu dengan metode muqaran.</p> 2022-11-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Salehuddin Mattawang, Achmad Abubakar, Muhsin Mahfudz https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/344 Sifat-Sifat Pemimpin Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Ali Imran Ayat 159 2022-11-26T14:05:45+00:00 Hoirul Anam hoirulanama96@gmail.com Supardi supardicupenk0@gmail.com <p>Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini membahas tentang sifat-sifat tentang apa saja yang harus ditulis oleh seorang pemimpin dalam perspektif AL-Qur’an. Hal tersebut dikarenakan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi memiliki tanaggung jawab yang tinggi, untuk mensukseskan pada organisasi yang ia pimpin. Sehingga ia memimiliki keperibadian sesuai dengan al-Qur’an yang pernah ada Rasulullah contoh dalam semasa ia hidup, yang telah berhasil dalam mempimpin umatnya, tentu saja keberhasilan tersebut tidak lepas dari kontribusi sifat-sifat serta akhlak yang dia tampilkan kepada para umatnya. Oleh karena itu seorang pemimpin merupakan wajah dalam sebuah organisasi, jika seorang pemimpin tersebut baik, maka organisasi yang ia pimpin juga ikut baik, begitu juga dengan sebalaiknya. Maka dari itu seorang pemimpin harus memahami sifat-sifat yang harus dimiliki dalam perspektif al-Qur’an. Artikel ini ditulis untuk menguraikan pada sifat-sifat seorang pemimpin dalam perspektif al-Qur'an yang terdapat dalam surat Ali-Imran ayat 159. Dimana dalam surat tersebut dijlaskan bahwa seorang pemimpin harus memiliki empat sifat yang meliputi pada Lemah lembut, pemaaf dan berdoa, Memiliki kemauan yang kuat, Musyawarah, Tawakkal.</p> 2022-11-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Hoirul Anam, Supardi https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/345 Nilai-Nilai Maqasid Syariah dalam Orientasi Dakwah di Indonesia 2022-11-26T16:16:14+00:00 Agus Fatuh Widoyo agusfatuh04@gmail.com Athoillah Islamy athoillahislamy@yahoo.co.id <p>Sungguh disayangkan, masih terdapat sebagian aktifitas dakwah di tengah masyarakat Indonesia yang menunjukan wajah dakwah ekslusif, intoleran, bahkan cenderung kontra-produktif dengan semangat nasionalisme. Merespons fenomena tersebut, pada tahun 2017, Majelis Ulama Indonesia pada menerbitkan buku pedoman dakwah yang diproyeksikan sebagai kode etik bagi para pendakwah di Indonesia. Penelitian kualitatif dalam bentuk kajian pustaka ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap keberadaan dimensi nilai-nilai m<em>qasid syariah</em> pada rumusan orientasi dakwah oleh Majelis Ulama Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-filosofis. Konsep <em>maqasid syariah </em>kontemporer yang dikonseptualisasikan oleh Jasser Auda digunakan sebagai teori analisis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan terdapat dimensi nilai-nilai <em>maqasid syariah</em> dalam rumusan orientasi dakwah oleh Majelis Ulama Indonesia. Pertama, <em>n</em><em>ilai </em><em>hifz din</em> dan<em> hifz nafs</em> dalam orientasi pembentukan kepribadian umat Islam yang religus-humanis. Kedua, nilai <em>hifz waton </em>dalam orientasi pembentukan kepribadian umat Islam yang nasionalis dan pluralis. Ketiga, nilai <em>hifz ummah</em> dalam orientasi pembentukan kepribadian umat islam yang sejahtera dan harmonis. Implikasi teoritik penelitian ini membuktikan nilai <em>maqasid syariah</em> dapat menjadi landasan nilai, pendekatan maupun paradigma dakwah Islam di tengah kehidupan masyarakat multikultural. Keterbatasan penelitian ini belum mengkaji langkah konkrit oleh Majelis Ulama Indonesia dalam mengfasilitasi terwujudnya aktifitas dakwah di Indonesia agar sejalan dengan ragam orientasi dakwah yang telah dirumuskannya.</p> 2022-11-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Agus Fatuh Widoyo, Athoillah Islamy https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/346 Konsep Negara Utama dan Hubungannya dengan Kebahagiaan Menurut Al-Farabi 2022-11-28T05:06:26+00:00 Muhamad Fajar Pramono mfpramono@unida.gontor.ac.id Riza Maulidia rishalidya8@gmail.com <p>Melihat masih banyak suara keresahan masyarakat, maka penelitian ini membahas mengenai seberapa besar pengaruh pemerintahan negara dengan kebahagiaan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan yang di bawahi. Peneliti memilih seorang filosof Islam Abu Nasr Muhammad bin Muhammad ibn Tarkhan ibn Auzalagh al-Farabi yang memiliki banyak keahlian, terutama dalam konsep negara utama <em>(al-Madinah-al-Fadhilah) </em>dan berorientasikan pada kebahagiaan sempurna. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan, dan metode deskriptif analisis guna menyajikan dan menganalisa serta menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisa sumber data buku-buku primer dari karya-karya al-Farabi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep negara utama <em>(al-Madinah al-Fadhilah) </em>adalah daripada kebahagiaan social masyarakat, sebagai kebaikan yang diinginkan untuk kebaikan itu sendiri.</p> 2022-11-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Muhammad Fajar Pramono, Riza Maulidia https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/377 Paradigma Islam Kosmopolitan dalam Orientasi Pendidikan Pesantren di Indonesia 2022-11-29T03:42:22+00:00 Zulihi zulihi@iainfmpapua.ac.id Muhammad Syukri Nawir syukrinawir204@gmail.com Athoillah Islamy athoillahislamy@yahoo.co.id <p>Penelitian kualitatif berupa studi pustaka ini bertujuan untuk mengidentifikasi dimensi nilai-nilai Islam kosmopolitan dalam orientasi pendidikan Pesantren yang termaktub pada Undang-undang No.18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Penelitian normatif-filosofis ini menggunakan paradigma Islam kosmopolitan yang dirumuskan Abdurrahman Wahid. Hasil penelitian menunjukan terdapat dimensi nilai-nilai Islam kosmopolitan dalam orientasi pendidikan Pesantren yang termaktub pada Undang-undang No.18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Pertama, nilai universalisme Islam dalam orientasi pembentukan karakter santri yang religius dan humanis. Keberadaan Pesantren diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai religiusitas dan universalisme Islam agar dapat diejawantahkan oleh santri guna kemaslahatan kehidupan umat manusia secara universal. Kedua, nilai pribumisasi Islam dalam orientasi pembentukan karakter santri yang moderat, nasionalis dan pluralis. Keberadaan Pesantren diharapakan dapat membentuk karakter santri yang dapat menghargai, menghormati, dan menerima realitas kemajemukan sosial masyarakat Indonesia Ketiga, nilai subkultur dalam orientasi pembentukan karakter santri yang akademis dan berjiwa sosial. Keberadaan Pesantren diharapkan dapat bertransformasi pada kehidupan sosial masyarakat di lingkungan sekitarnya tanpa harus mengorbankan identitas dirinya sebagai lembaga pendidikan Islam. Implikasi teoritik penelitian ini menunjukan bahwa kosmopolitanisme Islam dapat menjadi basis nilai, pendekatan maupun paradigma guna membangun orientasi pendidikan Islam dalam mewujdukan kemaslahatan bagi kehidupan universal. Keterbatasan penelitian ini belum mengkaji terkait bentuk seperti apa strategi kongkrit yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia dalam menanamkan ragam nilai kosmopolitanisme Islam dalam segala aktifitas lembaga pendidikan Pesantren di Indonesia. </p> 2022-11-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Zulihi, Muhammad Syukri Nawir, Athoillah Islamy https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/355 Profesionalisme Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI pada Kawasan Wisata Alam Di SDN 1 Santong dan MI Al-Baqiyatussholihat NW Santong 2022-11-30T16:44:25+00:00 Lalu Ikhwanuddin 200401024.mhs@uinmataram.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran PAI serta upaya guru dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai keislaman pada satuan pendidkan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtida`iyah yang terletak di kawasan wisata. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menggambarkan dengan apa adanya tentang profesionalisme guru PAI, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menggambarkan apa yang dipahami oleh subjek penelitian. Berdasarkan hasil temuan data di lapangan bahwa di SDN 1 Santong dan MI Al-Baqiyatussholihat NW Santong sudah melaksanakan profesionalisme guru dengan baik dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, Kemampuan guru dalam interaksi belajar mengajar serta guru dalam melaksanakan penilaian serta tindak lanjut dari hasil evaluasi pembelajaran. Sudsah melaksanakan pengembangan profesionalisme didapatkan dengan pelatihan-pelatihan profesionalisme guru, baik yang diselenggaran oleh intansi terkait maupun lembaga yang bersangkutan.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Lalu Ikhwanuddin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/367 Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor 2022-12-03T07:20:30+00:00 Fuad Ahmad Riva’i fuadahmadrivai@iuqibogor.ac.id Syamsul Rizal Mz syamsul.rizal@iuqibogor.ac.id Dewi Septiani dewi69459@gmail.com Nurodin nurodin@iuqibogor.ac.id <p>Sistem penjaminan mutu internal merupakan suatu sistem yang meliputi sesuatu proses simultan yang terdiri atas komponen sistem: input, proses serta output ataupun sistem yang diawali dari tujuan pendidikan hingga hasil belajar. Selaku upaya tingkatkan mutu pendidikan pemerintah melalui departemen pendidikan dan kebudayaan menghasilkan kebijakan terkait penjaminan mutu pendidikan Permendikbud Nomor 28 tahun 2016. Upaya penjaminan mutu penidikan yang dicoba pemerintah diimplementasikan ke dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Mutu ialah sesuatu proses penetapan serta pemenuhan standar pengelolaan secara tidak berubah- ubah serta berkepanjangan, sehingga konsumen, produsen, serta pihak lain yang berkepentingan mendapatkan kepuasan. Penelitian dilaksanakan di SDN Situ Ilir I, Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif deskritif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran angket (kuesioner), dokumentasi dan studi literatur (kepustakaan). Data yang terkumpul dianalisis dengan beberapa uji yaitu : Uji Validitas, reliabilitas, Normalitas, linearitas, korelasi, heterokadestisitas, dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat Pengaruh Sistem Penjaminan Mutu Internal terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir 1 Cibungbulang Bogor, berdasarkan hasil uji Regresi maka dapat diambil keputusan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable SPMI (X) berpengaruh terhadap variable Mutu pendidikan (Y) dan Berdasarkan nilai T dapat diketahui bahwa thitung sebesar 6,365 &gt; ttabel 2,160 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable SPMI (X) berpengaruh positif terhadap variable Mutu Pendidikan (Y) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Fuad Ahmad Riva’i, Syamsul Rizal Mz, Dewi Septiani, Nurodin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/372 Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) 2022-12-03T08:04:32+00:00 Juliastuti juliastuti@uca.ac.id Nurul Anriani nurul_anriani@untirta.ac.id <p>Tujuan Evaluasi Program ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Cendekia Abditama. Evaluasi program ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process and Product). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Pelaksanaan program (PPL) berjalan dengan lancar dan kondusif sesuai dengan kalender akademik telah ditentukan, 2) Organisasi penyelenggara PPL baik penasehat, panitia, maupun dosen pembimbing bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, 3) pelaksanaan program PPL tidak ada hambatan yang berarti, namun untuk ke depannya perlu adanya pertimbangan untuk memperpanjang waktu pelaksanaan program PPL, 4) Visi dan tujuan untuk menghasilkan sosok guru islami yang kreatif dan berkarakter telah tercermin dalam pelaksanaan program PPL 5) hasil penilaian keterampilan mengajar dinilai oleh guru pamong rata-rata 79,85 berada pada kategori B ( baik). Sedangkan hasil penilaian dari dosen pembimbing rata-rata 82,26 pada katagori A (sangat baik). Dan hasil penilaian keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh dari guru pamong rata-rata 78,65 pada kategori B (baik). Dan hasil penilaian dari dosen pembimbing rata-rata 82,35 pada kategori A (sangat baik).</p> <p> </p> <p> </p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Juliastuti, Nurul Anriani https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/356 Inovasi Bahan Ajar Digital Tentang Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Islam 2022-12-03T12:32:33+00:00 Dewi Ambarwati ambarwatidewi269@gmail.com Muhammad Imron imronmuhammad@gmail.com Ratna Fajarwati Meditama ratna.fajarwati@uniramalang.ac.id Dafis Ubaidillah Assidiq dafiez.assiddiq@gmail.com <p>Teknologi memegang peranan penting dan menentukan dalam mengarahkan dan mengawasi perubahan besar dalam peradaban manusia. Peran menentukan yang dimainkan oleh teknologi telah terjadi sejak zaman dahulu hingga sekarang. Terkait pencegahan korupsi pada tingkat anak usia sekolah, bentuk intervensi yang perlu dilakukan adalah menghadirkan media pembelajaran yang menarik bagi mereka. Saat ini bahan ajar yang dikembangkan di beberapa sekolah masih cenderung tradisional, seperti bahan ajar buku dan sebagainya. Bahkan, banyak anak usia sekolah yang kini menggunakan gadget dalam kesehariannya. Diperlukan terobosan baru melalui pembuatan bahan ajar digital berbasis aplikasi Android yang dapat digunakan oleh siswa dalam proses belajarnya. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa agar menarik dan mudah digunakan oleh siswa sekolah dasar maupun oleh gurunya. Aplikasi android ini berisi materi ajar pendidikan antikorupsi yang akan memberikan gambaran tentang apa itu korupsi, bagaimana bentuk-bentuk korupsi, hingga bagaimana dampak korupsi bagi masyarakat.</p> 2022-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Dewi Ambarwati, Muhammad Imron, Ratna Fajarwati Meditama, Dafis Ubaidillah Assidiq https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/357 Upaya Guru SKI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 2022-12-07T08:43:00+00:00 Alfindye Ratri alfindyeratri23@gmail.com Neng Ulya nengulya90@gmail.com <p>Seorang guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa tergantung kepada sejauh mana seorang guru mengenal pribadi siswanya dan mengetahui situasi lingkungan dimana proses belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki, a) kompetensi pedagogik, kemampuan guru yang berkaitan dengan ilmu seni mengajar; b) kompetensi kepribadian, seorang guru sebaiknya memiliki kepribadian yang baik dan patut untuk diteladani; c) kompetensi sosial, seorang guru sebaiknya mampu berkomunikasi baik dengan siswa, sesame guru, maupun masyarakat luas; d) kompetensi profesional, seorang guru sebaiknya memiliki pengetahuan yang luas. Study ini dilakukan untuk mencari tahu upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode study literatur, dengan mencari melalui analisis definisi yang berkaitan dengan fokus penlitian melalui buku-buku yang dapat menemukan data yang dibutuhkan, studi literatur juga mempelajari berbagai buku referensi dan jurnal. dengan mengkaji berbagai referensi buku untuk landasan teori upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga peneliti dapat membentuk sebuah artikel penelitian yang menjelaskan tentang upaya guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan faktor-faktor meningkatkan motivasi belajar. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan diberbagai jenjang pendidikan Islam. Dengan sejarah seseorang dapat mengetahui keadaan masa lalu yang mengandung banyak nilai pelajaran hidup. Pelajaran Ssejarah diharapkan dapat memberikan sumbangan yang realitas terhadap kehidupan saat ini. Selain itu, diharapkan kehidupan yang dijalani sekarang dan di masa yang akan datang dapat berkaca pada peristiwa masa lalu, dan juga dapat membekali siswa untuk memperbaiki akhlak.</p> 2022-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Alfindye Ratri, Neng Ulya https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/368 Mengintregasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi dalam Pendidikan Agama Islam 2022-12-07T08:24:07+00:00 Ahmad Manshur ahmanshur@gmail.com Ahmad Muthi’udin muthi@unugiri.ac.id Farida Isroani farida@unugiri.ac.id <p>Korupsi merupakan perbuatan yang tidak terpuji yang sangat merusak nilai pancasila, pancasila merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia yang merupakan pedoman hidup yang harus dilaksanakan menurut aturan yang berlaku. Jika perilaku korupsi tidak tertangani dengan baik maka perlahan akan menurunkan nilai pancasila, budaya bangsa Indonesia yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan rasa malu yang kuat akan hilang. Sebagai manusia yang berbudaya dan bermartabat dengan nilai-nilai pancasila, manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang sangat mulia, sehingga kemuliaan dirinya tidak tercemar oleh perbuatan yang dapat merusak dirinya dan keluarganya. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa tindak pidana korupsi dapat merusak dan mendegradasi setiap lini kehidupan khususnya nilai-nilai pancasila dan agar bangsa Indonesia dipandang dunia sebagai negara yang bermartabat dan minim tindak korupsi karena rakyat sadar akan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia yang berjiwa pancasila. Penulisan artikel ini menggunakan pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan studi kepustakaan sebagai bahan literatur yang dapat menyajikan data dan disertai dengan dokumen pendukung yang menjadi referensi penting dalam penelitian ini. Hasil kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa melalui pendekatan eksternal yang dimaksud adalah adanya unsur-unsur dari luar manusia yang memiliki kekuatan untuk memaksa manusia untuk tidak melakukan korupsi dan pendekatan internal adalah kekuatan yang muncul dari dalam diri individu. dan diperkuat melalui pendidikan dan pembiasaan.</p> 2022-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ahmad Manshur, Ahmad Muthi’udin, Farida Isroani https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/382 Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Guru 2022-12-07T10:53:39+00:00 Dendi Azim Dendiazim2@gmail.com <p>Supervisi Kepala Sekolah merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam lembaga pendidikan, karena baik tidaknya suatu lembaga pendidikan dapat di ukur sejauh mana kinerja Kepala Sekolah sebagai penilik, peneliti, ataupun pengawas. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan supervisi antara lain sumber daya manusia atau kita sebut guru, siswa, pegawai sekolah, dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu guru-guru madrasah tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami yang berjumlah 139 guru. Sampel peneltian sebanyak 50 guru/responden yang ditentukan menggunakan rumus Proposional Random Sampling. Variabel penelitian meliputi supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas dan produktivitas guru sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukan bahwa data distribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah terhadap produktivitas guru. Hal ini yang diperoleh melalui perhitungan analisis uji t yang menghasilkan thitung (-1,536) &gt; ttabel (1,676) maka H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap produktivitas guru. Besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan variabel X (supervisi kepala sekolah) terhadap variabel Y (produktivitas guru) adalah 4,7%, Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 4,7%, produktivitas guru dipengaruhi oleh supervisi kepala sekolah, sedangkan 95,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian, maka semua pihak baik guru dan orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan kegiatan supervisi kepala sekolah dengan baik sehingga menjadikan produktivitas guru yang baik dan berkualitas.</p> 2022-12-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Dendi Azim https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/411 Pesantren dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan: Upaya Mitigasi Perubahan Iklim 2022-12-29T04:55:01+00:00 Debi Fajrin Habibi debi.fajrin@syekhnurjati.ac.id Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi ayiyusriahmadtirmidzi21@mhs.uinjkt.ac.id Kambali kambaliibnu@gmail.com <p>Perubahan iklim yang terjadi dewasa ini sangat berkaitan dengan kesadaran lingkungan manusia. Sebab itu, pengembangan kesadaran terhadap pentingnya lingkungan hidup merupakan sebuah upaya yang harus ditempuh demi keberlangsungan hidup pada generasi selanjutnya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kesadaran lingkungan dalam pendidikan Islam, khususnya di pesantren. Hal ini dikarenakan pesantren memiliki peran strategis dalam upaya mitigasi kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menjadikan sejumlah hasil kajian para peneliti terdahulu sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kesadaran lingkungan dapat diimplementasikan melalui nilai-nilai pendidikan Islam berbasis lingkungan di Pesantren. Iklim keagamaan di lingkungan dalam lembaga pendidikan Islam dapat diwujudkan melalui pendekatan Ekopesantren, yakni dengan tujuan: terciptanya lingkungan pendidikan agamis; terwujudnya kurikulum pembelajaran dengan menggunakan pendekatan nilai-nilai agama yang beberbasis lingkungan; dan terwujudnya teladan dari pendidik yang berakhlak mulia dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Adapun secara sederhana, setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan pesantren untuk berkontribusi dalam upaya mitigasi perubahan iklim, yakni: mewujudkan kurikulum hijau, efisiensi penggunaan air, dan <em>one </em>pesantren <em>one </em>SPAL.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Debi Fajrin Habibi, Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi, Kambali https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/383 Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung 2022-12-08T05:23:59+00:00 Ajat Rukajat ajat.rukajat@staff.unsika.ac.id M. Makbul m.makbul@fai.unsika.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika. Permasalahan yang terjadi di TK. Pahala Kencana Pataruman Kecamatan Sucinaraja, menunjukkan bahwa metode pengembangan kemampuan berhitung masih menggunakan metode drill, praktek paper-pencil test. Masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru, serta kurangnya media yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran berhitung. Adapun saran bagi guru TK adalah guru hendaknya menggunakan media yang lebih bervariatif dan menstimulasi tahapan perkembangan kognitif anak khususnya berhitung. Seperti media pohon hitung, pohon hitung ini merupakan salah satu media yang dapat membantu anak dalam mencapai tahapan penguasaan berhitung, yaitu tahapan pengenalan konsep, transisi dan tahapan mengenal lambang. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tetapi dengan metode, teknik, strategi, dan media yang lain serta tindakan yang berbeda agar dapat memberi masukan atau temuan baru khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak secara optimal.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Ajat Rukajat, M. Makbul https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/352 Pengaruh Pemahaman Santri pada Operasi Bilangan Pecahan dalam Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Pembagian Warisan (Ilmu Faraid) 2022-12-09T06:53:12+00:00 M. Habiburrahman habebalsyehrezy96@gmail.com <p>Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui berapa jauh hubungan pemahaman santri pada operasi bilangan pecahan dalam kemampuan menyelesaikan soal-soal pembagian warisan kemudian mengetahui pengaruh pemahaman operasi bilangan pecahan dalam menyelesaikan soal-soal pembagian warisan, dari hasil penelitian ini nanti kita bisa mengetahui berapa jauh hubungan antara oprasi bilangan pecahan dengan pembagian warisan dan seberapa berpengaruh pemahaman operasi bilangan pecahan dalam menyelesaikan soal-soal pemabgaian warisan, karena studi pendahuluan peneliti sangat menunjang penelitian ini terlebih kajian-kajian seperti ini, sangat kurang dikaji dan diperhatikan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan mencari regresi ataupun pengaruh dari dari kemampuan menyelesaikan soal-soal faraid terhadap pemahaman santri dalam operasi bilangan pecahan, Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi dengan terfokus pada jenis penelitian jenis penelitian ex-post facto. Dari hasil penelitian ini nanti, peneliti dapat menemukan hubungan dan pengaruh antara dua variabel diatas, karna banyak orang bersepsi bahwa hubungan ke dua variabel diatas sangatlah kuat sehingga berpengaruh satu sama lain.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 M. Habiburrahman https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/369 Tokoh-Tokoh Usmani Muda dan Ide-Ide Modern dalam Islam 2023-01-30T11:24:11+00:00 Mursidin mursidinsambas@gmail.com Wahyudin wahyudin.uin58@gmail.com <p>Nama kerajaan Turki Usmani diambil dan dibangsakan pada nenek moyang mereka yang pertama yaitu Sultan Usmani Ibn Sauji ibn Orthogol Ibn Sulaiman Shah Ibn Kia Alp, kepala kabilah Kab di Asia Tengah. Kerajaan Turki Usmani semula adalah keluarga kecil suku Ughu / Oghus yang kemudian bergabung dengan kerajaan Saljuk ketika terkena serangan tentara Mongol. Keadaan politik umat Islam secara keseluruhan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar, yaitu: Usmani di Turki, Mughal di India, dan Safawi di Persia. Kerajaan Usmani di Turki merupakan kerajaan yang pertama berdiri, dan juga yang terbesar dan paling lama bertahan di banding dua kerajaan lain yaitu Mughal dan Safawi. Kerajaan Turki Usmani inilah yang menjadi sebuah pioner dalam perkembangan dunia Islam pada massanya dan juga kehancurannya menjadi sebuah pembuka masuknya era industrialisasi ke dunia Islam.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mursidin, Wahyudin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/362 Amalan Surah Yasin dan al-Waqi’ah pada Program Masturah Jama’ah Tabligh di Desa Hampalit 2023-01-30T15:37:26+00:00 Virnadya Eka Oktania Tanggara Virnadyaa238@gmail.com Taufik Warman Mahfudz Taufik Taufikwarman27@gmail.com Munirah munirah@iain-palangkaraya.ac.id <p>Membaca surah Yasin dan al-waqi’ah menjadi amalan sehari-hari masyarakat muslim termasuk pada Jama’ah tabligh. Pada program masturah amalan ini di lakukan secara bersama-sama pada waktu tertentu. Hal ini menarik untuk di kaji bagaimana pelaksanaan amalan Surah Yasin dan al-waqi’ah pada program tersebut dan bagaimana pemahaman mereka yang sedemikian rupa bisa terbentuk terhadap pengamalan tersebut. Kajian ini merupakan studi living Qur’an dengan jenis penelitian lapangan (field reseach) atau penelitian kualitatif. Dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis dengan teori Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis tradisional, motivasi melakukan amalan adalah untuk mengamalkan syiar Islam sebagaimana yang dilakukan para ulama atau sahabat Nabi. Berdasarkan analisis affectually, motivasi dilakukannya amalan membaca Surat Yasin dan Al-Waqi’ah bagi para pelaku (konstituen) adalah meniru atau mencontoh kebiasaan para ulama awal. Berdasarkan analisis Instrumentally Rational, anggota masturah Jama’ah Tabligh mampu melaksakan pengamalan Surat Yasin dan Al-Waqi'ah baik secara finansial maupun personal. Berdasarkan analisis Achievable value atau nilai-rasional, adalah nilai teladan yang harus diperoleh para pelaku. Kesediaan untuk memberi dan membentuk solidaritas antar anggota merupakan bagian dari perilaku rasional nilai.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Virnadya Eka Oktania Tanggara, Taufik Warman Mahfudz Taufik, Munirah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/354 Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur) 2023-01-31T02:15:51+00:00 Mulawarman mulawarmanjelantik@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting: pertama, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kebijakan dan pengawasan yang dilakukan secara internal. Kedua, peran kegiatan ekstrakurikuler dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur yaitu melalui ekstrakurikuler Pramuka dan PMR. Ekstrakurikuler tersebut dijadikan sebagai wadah dan solusi pelanggaran disiplin yaitu dengan adanya tata tertib, sanksi, teladan, sarana penunjang serta program-program yang menarik minat siswa. Ketiga,faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur adalah sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari orang tua, kualitas dari pembina dan pelatih. Sedangkan faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler adalah terbatasnya pemanfaatan lapangan sekolah, cuaca yang tidak mendukung untuk kegiatan ekstrakurikuler di outdoor, pencairan dana melalui birokrasi yang sulit, motivasi diri siswa yang tidak stabil.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Mulawarman https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/353 Peningkatan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Madrasah Sebagai Sumber Belajar Melalui Teknik Berbagi Pengalaman 2023-01-31T03:12:29+00:00 Fatoni imadazaki@gmail.com <p>Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pelaksanaan teknik Berbagi Pengalaman terhadap peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar di MA Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Madrasah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, pada setiap siklus dilaksanakan dalam 2 (dua) sampai 3 (tiga) kali pertemuan, sebagai subyek penelitiannya adalah 6 (enam) orang guru IPS dan 2 (dua) orang guru mata pelajaran IPA hasilnya sebagai berikut: Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh dari sikap guru berbagi pengalaman adalah 77,13 kategori cukup,sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 80,25, kategori baik; Nilai rata-rata dari penilaian skenario pembelajaran pada siklus I yaitu 74,38 kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 83,13; nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 74,58 kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 82,92 kategori baik. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan Teknik Berbagi Pengalaman dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan lingkungan Madrasah sebagai sumber belajar.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Fatoni https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/483 Korelasi Antara Pembelajaran Materi Berbusana Muslim/Muslimah dengan Perilaku Berbusana Peserta Didik Di SMK Negeri 3 Takalar 2023-02-01T04:07:29+00:00 Besse Ruhaya besse.ruhaya@uin-alauddi.ac.id Muhammad Rusmin B. muhammad.rusminb@uin-alauddin.ac.id Hikmawati hikmawati28tkj@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah di SMK Negeri 3 Takalar, perilaku berbusana peserta didik , dan untuk menganalisis korelasi antara pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah dengan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar. Penelitian ini berbentuk kuantitatif ex post facto dengan menggunakan regresi linear sederhana untuk&nbsp; mengetahui kualitas pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah, dan perilaku berbusana peserta didik, serta&nbsp; menganalisis korelasi antara pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah dengan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar. Pengambilan data penelitian ini dilakukan menggunakan pedoman observasi, angket dan format dokumentasi pada sampel sebanyak 20% = 56 peserta didik dari 275 populasi menggunakan teknik proportionate random sampling. Data yang diperoleh dari instrumen kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh hasil penelitian pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 89,29%. Sedangkan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 94,64%. Adapun hasil analisis korelasi produk momen pada taraf signifikan 0,05% diperoleh Thitung (3,823) ≥ ttabel (2,003) yang berarti terdapat korelasi antara pembelajaran materi berbusana muslim/muslimah dengan perilaku berbusana peserta didik di SMK Negeri 3 Takalar secara signifikan.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Besse Ruhaya, Muhammad Rusmin B., Hikmawati https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/398 Peningkatan Kapasitas Ibu dengan Kondisi Marginal Pendidikan dalam Upaya Mendidik Generasi Alpha di Era Modernitas Informasi 2023-02-01T04:30:38+00:00 Siti Aisah aisahkurnie@gmail.com Azwar Anas azwar.anas@iuqibogor.ac.id Gugun Gunawan gugun.gunawan@iuqibogor.ac.id Vonika Lestari vonikalestari@gmail.com <p>Generasi alpha adalah generasi digital native. Di usianya yang dini mereka sudah mengenal berbagai kecanggihan digital. Berdasar data BPS, anak Indonesia usia 5 tahun ke atas sudah mengakses internet untuk tujuan media sosial dan hiburan. Karakteristik generasi ini menjadi tantangan yang tidak mudah bagi para orang tua dalam mendidiknya. Namun penggunaan internet secara terus menerus memberi efek negatif pada anak. Pengasuhan positif akan berdampak baik pada perkembangan kognitif, moral dan agama, sosial dan emosional, serta bahasa anak. Mitra program pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah ibu-ibu di Desa Bantarsari yang tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan rendah pula kesadaran akan pentingnya pola asuh yang baik serta pendampingan pendidikan anak di masa tumbuh kembangnya. Selain itu sekolah belum bersinergi dengan orang tua membuat program parenting. Kegiatan seminar parenting ini mendapat apresiasi yang sangat positif baik dari pihak sekolah maupun orang tua sebagai mitra sasaran PkM. Pihak sekolah menghendaki kegiatan ini dilakukan secara berkala karena kegiatan ini mendapat respon baik dari orang tua. Testimoni dari peserta seminar disampaikan kepada guru, bahwa mereka sudah mulai mempraktekan ilmu yang didapatkan dari seminar parenting.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Siti Aisah, Azwar Anas, Gugun Gunawan, Vonika Lestari https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/381 Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru 2023-02-01T06:10:28+00:00 Lutfiatul Azkia lutfiatulazkia11@gmail.com Imas Kania Rahman imas.kania@uika-bogor.ac.id <p>Dalam pengelolaan pendidikan diperlukan sinergi komponen pendidikan yang meliputi kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Komponen pendidikan kolaboratif tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi manajerial kepala sekolah, 2) kinerja guru, 3) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah SMP Tahfizh Al-Basyir Bogor terhadap kinerja guru. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode korelasional. Pengumpulan data diperoleh dari hasil angket, yang meliputi variabel-variabel seperti kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 20 orang. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS For Windows Release. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah sedang, dengan skor rata-rata 128, dan kinerja guru tinggi, dengan skor rata-rata 133,1 Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja menunjukkan hasil sebagai berikut: Analisis data dengan R-Square nilai 0,300. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah SMP Tahfizh Al-Basyir Bogor berpengaruh terhadap kinerja guru dan signifikansi t sebesar 2,777.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Lutfiatul Azkia, Imas Kania Rahman https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/412 Pengaruh Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti 2023-02-01T07:44:32+00:00 Misnatun misnfenny@gmail.com Ismail ismail477@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media google classroom terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Karakter. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket sebagai instrumen pengumpulan data primer. Sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase dan teknik Product Moment untuk data kuantitatif. Dari hasil data kuisioner diketahui bahwa penggunaan media Google Classroom termasuk dalam kategori Kurang Baik, mulai dari pedoman baku 36% - 55% karena persentase baik hanya 53%, sedangkan persentase buruk adalah 47%. Prestasi belajar siswa dinyatakan sangat baik, karena berdasarkan hasil distribusi frekuensi variabel Y, 80% kategori nilai sangat baik, 10% kategori nilai Baik, 0% kategori sedang. kategori nilai, dan 10% berada pada kategori skor buruk. Pada hasil analisis data statistik, indeks korelasi “r” Product Moment (r〗_xy) adalah -0,141 dan nilai tabel “r” product moment dengan df 28, taraf signifikansi 5% adalah 0,361 dan 1% taraf signifikansi 0,463, nilai hasil r_xy lebih kecil dari nilai tabel “r” product moment. Jadi Ho diterima, sedangkan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media google classroom (variabel X) terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Darussalam Taman Sidoarjo.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Misnatun, Ismail https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/366 Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pola Pendekatan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional (EQ) 2023-02-01T11:42:09+00:00 Milahtul Latifah milahtul.latifah@iuqibogor.ac.id Rahmawati Alwi rahmawati.alwi@iuqibogor.ac.id Agus Tamami agus.tamami@iuqibogor.ac.id Fuad Ahmad Rifa’i fuadahmadrivai@iuqibogor.ac.id <p>Pada dasarnya sistem MBM madrasah dituntut secara mandiri menggali, mengalokasikan, menentukan prioritas yang utama, mengendalikan pendidikan , dan mempertanggungjawabkan pemberdayaan sumber-sumber, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. MBM juga merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan yang memberi tawaran khusus kepada madrasah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi siswa. Hal ini juga berpotensi untuk meningkatkan kinerja staf, menawarkan partisipasi langsung kepada kelompok-kelompok terkait, dan meningkatkan pemahamankepadamasyarakat terhadappendidikan. Pada umumnya perbuatan kita sehari-hari disertai oleh perasaan-perasaan tertentu, yaitu perasaan senang atau perasaan tidak senang. Perasaan senang atau perasaan tidak senang yang selalu menyertai perbuatan kita sehari-hari disebut warna efektif. Warna efektif ini kadang-kadang kuat, kadang-kadang lemah atau samar-samar saja. Dalam hal warna efektif yang kuat, maka perasaan-perasaan menjadi lebih mendalam, lebih luas dan lebih terarah. Perasaan-perasaan yang seperti ini disebut emosi. Beberapa macam emosi antara lain, gembira, bahagia, semu, terkejut, benci, senang, sedih, was-was dan sebagainya. Penerapan MBM yang efektif secara spesifik mengidentifikasi beberapa manfaat yaitu: Keputusan ada ditangan orang-orang yang kompeten, Peluang bagi seluruh anggota sekolah, Kreativitas dalam merancang bangun program pembelajaran. Sumber daya yang tersedia untuk mendukung tujuan yang dikembangkan di setiap sekolah, Anggaranyanglebih realistik terhadap batasan pengeluaran, dan biaya program- program sekolah,Meningkatkan motivasi guru dan mengembangkan kepemimpinan baru, dalam pola pendekatan ini EQmenjadi solusi untuk pengelolaan perasaan dan Tiga langkah utama mengembangkan Emosional Quotient (Kecerdasan Emosi) adalah, “membuka hati, menjelajahi emosi, dan bertanggung jawab.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Milahtul Latifah, Rahmawati Alwi, Agus Tamami, Fuad Ahmad Rifa’i https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/364 Utilization of Phylano (Physics Ludo Uno) as Learning Media to Improve Physics Learning Outcomes 2023-02-01T12:09:00+00:00 Chandra Halim M. chandra.halim.m@mail.ugm.ac.id <p>Physics learning in schools is frequently hampered by lack of learning resources and learning approaches that are still monotonous and uninteresting. To address these issues, game-based learning media can be employed as alternative to improve student learning results. The goal of this study was to determine how game-based learning medium Phylano (Physics Ludo Uno) affected physics learning outcomes for MAN 1 Bener Meriah class XI students. The research approaches include a review of the literature, observation, and experimentation. The research type is experimental, and the research design is one pretest-posttest group design. Inferential statistics are used to analyze the data, which includes normality, linearity, and homogeneity tests before concluding with the Paired Sample T-test as a hypothesis test. Furthermore, the N-Gain test is used to assess the efficiency of the learning material. The results demonstrate that the data passed the prerequisite test and that there was a great disparity between the pretest and the posttest evaluations. The average pretest is 62.88, and the average posttest is 87.44, with an N-Gain test of 0.73 (high), indicating that Phylano (Physics Ludo Uno) has a remarkable effect on increasing physics learning outcomes, as indicated by improvements in learning outcomes and statistical tests.</p> 2022-12-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Chandra Halim M.