https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/issue/feed Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2022-09-15T14:33:30+00:00 Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam miftakhurosyad@gmail.com Open Journal Systems <p>&nbsp;</p> <p><strong>Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam</strong> is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University. Published 2 (two) times annually, on March and September.&nbsp; Each of the issue has 10 articles both on conceptual article and research article. Published in Bahasa Indonesia, but English-written articles are also welcomed.</p> https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/304 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA 2022-09-13T13:53:50+00:00 Ismatul Maula Ramadhani ramadhaniismatul@gmail.com Hastik Oktavianur Rahmawati hastikrahma@gmail.com Fairuz Zubady Al Farizy fairuzzubady1@gmail.com <p>Pelaksanaan desain pembelajaran di sekolah masih banyak yang tidak sama dengan materi pokok yang diberikan. Oleh sebab itu, dalam menguasai materi pokok masih rendah sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Maka guru harus menggunkan desain pembelajaran yang dapat merubah siswa menjadi aktif ketika proses pembelajaran, kemudian membimbing siswa untuk bekerja sama dengan teman sebayanya. Maka guru disini dapat menggunakan desain pembelajaran yaitu desain kooperatif Student Teams Achievement Division. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif menggunakan data yang bersumber dari guru, peserta didik serta wali murid. Pengumpulan hasil data dengan menggunakan teknik observasi berupa aplikasi zoom metting, wawancara melalui handphone dan berupa dokumentasi. Berikut adalah langkah-langkah dalam melaksanakan desain pembelajaran model kooperatif tipe STAD ini diantaranya adalah: Langkah utama. Persiapan mengenai perencanaan materi kemudian dilanjut dengan membentuk anggota. Langkah yang kedua. Tahap kegiatan inti adalah menjelaskan materi pokok pelajaran, sub tema materi, indikator pembelajaran, presentasi kelas kemudian membentuk kelompok yang setara. Langkah ketiga. Evaluasi berupa tes tulis dan lisan kemudian dijadikan dalam bentuk kuis. Langkah keempat. Pemberian punishment kepada individu dan juga kelompok dengan berdasarkan tingkatan kemampuan. Hasil data yang lain telah menunjukkan bahwa model desain pembelajaran tipe stad ini dapat mempengaruhi peningkatan pada minat belajar peserta didik.</p> 2022-09-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam