https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/issue/feed Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2024-03-30T20:33:38+00:00 Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam didikhimmawan@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam</strong> is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University. Published 4 (four) times annually, on March, June, September, and December. Each of the issue has articles both on conceptual article and research article. Published in Bahasa Indonesia, but English-written articles are also welcomed.</p> https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1323 Penggunaan Media Grafis Dalam Mempermudah Pemahaman Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Di MI Darut Taqwa Purwosari 2024-03-02T10:23:26+00:00 Nur Faiza atanbotan90@gmail.com Wiwin Fachrudin Yusuf maswiwinfachrudin@yudharta.ac.id Achmad Yusuf achysf@yudharta.ac.id Askhabul Kirom kirom@yudharta.ac.id <p>Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan terhadap penggunaan media grafis, mencakup jenis, langkah-langkah dalam penggunaannya serta kelemahan dan kelebihan penggunaan media grafis. Namun, artikel ini lebih memfokuskan kajiannya terhadap penggunaan media grafis yang dirasa dapat mempermudah pemahaman pada mata pelajaran fiqih kelas 1. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik fokus perhatian peserta didik dikelas akan lebih tertuju pada satu hal yang lebih kongkrit, hal ini merupakan salah satu faktor untuk mempermudah pemahaman mereka dalam proses belajar. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. penggunaan media grafis dalam penyampaian pembelajaran fiqih di kelas 1 terbukti dapat mempermudah pemahaman mereka mengenai apa yang sampaikan dan mengurangi kesulitan pendidik dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media grafis juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik dan dilengkapi warna-warna yang menarik sehingga peserta didik tidak bosan saat pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah terlalu sulit untuk pembagian sub bab materi yang banyak dalam kelaompok besar dan membutuhkan kejelian pendidik untuk memanfaatkan media grafis tersebut.</p> 2024-03-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nur Faiza, Wiwin Fachrudin Yusuf, Achmad Yusuf, Askhabul Kirom https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1169 Penerapan Metode Aktif Partisipatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Ar-Ridha Kota Medan 2024-03-02T10:31:58+00:00 Rizki Dwi Lestari rdwi2201@gmail.com Hasrian Rudi Setiawan hasrianrudisetiawan@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penerapan teknik pembelajaran aktif partisipatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di MTs Ar-Ridha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metodologi lapangan, atau penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif, menggambarkan proses di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Menurut Miles dan Huberman, langkah-langkah dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pendekatan triangulasi sumber menjamin kebenaran data. Berdasarkan temuan penelitian, penerapan metode partisipatif aktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melibatkan beberapa langkah, antara lain: 1) Memahami bagaimana metode partisipatif aktif diterapkan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 2) Mengidentifikasi indikator-indikator yang digunakan untuk mengukur seberapa efektif metode partisipatif aktif diterapkan; dan 3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode partisipatif aktif dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. </p> 2024-03-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rizki Dwi Lestari, Hasrian Rudi Setiawan https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1167 Program Pembelajaran Literasi Al-Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 57 Medan 2024-03-02T10:36:45+00:00 Devi Yusnila Sinaga devisinaga0911@gmail.com Hasrian Rudi Setiawan hasrianrudisetiawan@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak program literasi Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus adalah metodologi penelitian yang digunakan, dan data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keahlian seorang guru dalam mengajar Al-Qur'an sangat penting, terutama dalam membantu siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan dalam memperoleh literasi Al-Qur'an. Literasi Al-Qur'an terbukti meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an siswa. Siswa dapat mengembangkan pemahaman bacaannya, memperoleh pemahaman yang lebih baik, dan semakin mahir menghafal Al-Qur'an melalui program literasi Al-Qur'an. Program ini meningkatkan cita-cita spiritual dan kemampuan menghafal siswa selain membantu mereka memperoleh pemahaman menyeluruh terhadap Al-Qur'an.</p> 2024-03-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Devi Yusnila Sinaga, Hasrian Rudi Setiawan https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1000 Hubungan Antara Peer Support Dan Academic Bouyancy Dengan Self Regulated Learning Sebagai Mediator Pada Mahasiswa Rantau 2024-03-10T18:05:00+00:00 Ariga Bahrodin arigabahrodin@unhasy.ac.id <p>Tidak dapat dipungkiri bahwa para mahasiswa rantau juga mengalami berbagai permasalahan dikarenakan jauh dari keluarga dan diharuskan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Permasalahan akademik termasuk permasalahan yang dialami oleh para mahasiswa rantau dikehidupan sehari-hari, misalnya jadwal kuliah yang padat, intensitas pemberian tugas dengan laporan yang memiliki deadline singkat, pemberian tugas kelompok yang dalam satu kelompok tidak semua anggota ikut andil dalam mengerjakan, manajemen waktu, kurangnya dukungan dari orangtua, kesibukan kegiatan luar kampus yang dapat mengganggu perkuliahan serta gangguan Kesehatan yang diakibatkan menipisnya uang saku bulanan maupun makan makanan sembarangan. Bahwa di bangku kuliah para mahasiswa memiliki beban yang meningkat dibandingkan pada masa SMA. Pada penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel yang akan digunakan sebanyak 200 mahasiswa Rantau di Universitas Hasyim Asy’ari. Teknik sampling pada penelitian menggunakan purposive sampling yang memiliki kriteria yakni para mahasiswa Rantau yang berasal dari luar Jombang. Analisis data menggunakan analyze regression Process Hayes Version 4.0 dengan program IBM SPSS versi 20. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa lebih besar peran motivasi sebagai mediator dalam hubungan antara peer support dan academic buoyancy pada mahasiswa Rantau di Universitas Hasyim Asy’ari. Peran dukunga dari teman sebaya (peer support) dapat memberikan kontribusi terhadap para mahasiswa Rantau dalam menghadapi tantangan akademik dikehidupan sehari-hari. Penelitian selanjutnya dapat fokus terhadap aspek peer support sehingga dapat ditemukan pemahaman yang lebih dalam mengenai peran dukungan teman sebaya (peer support) terhadap academic buoyancy.</p> 2024-03-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ariga Bahrodin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/813 Implementasi Program Adiwiyata Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Di MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang 2024-03-10T18:09:03+00:00 Iva Inayatul Ilahiyah ivailahiyah89@gmail.com Laily Masruroh lailymasruroh666@gmail.com <p>Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Tujuanya adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan Program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di MTs MQ Tebuirng Jombang. Metode yang dimanfaatkan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Sedangkan temuan yang dapat diungkap meliputi program adiwiyata yang ada yakni pemilahan jenis sampah, kerja bakti, sedekah oksigen, shodaqoh sampah plastik untuk pembuatan ecobrick, kunjungan Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun kunjungan dari tim Dinas Lingkungan Hidup, bersih-bersih lingkungan setiap sebelum kegiatan belajar mengajar, Ro’an setiap akhir pekan, lomba kebersihan kelas.</p> 2024-03-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Iva Inayatul Ilahiyah, Laily Masruroh https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/624 The Yellow Book Learning Strategy in Salaf Islamic Boarding Schools to Increase Arabic Vocabulary 2024-03-06T08:27:13+00:00 Nurul Hidayah nh01640481@gmail.com Mujiburrohman ajibmujiburrohman@gmail.com Meti fatimah fatimahcan@gmail.com <p><em>This study aims to determine the yellow book learning strategy to increase vocabulary in Arabic. This research method uses a qualitative approach. While the subject of this study was at the Almada-I Darul Fikr Islamic Boarding School in Bandung Beji Andong Boyolali. Collecting data in this study by participant observation, in-depth interviews and documentation. While the data analysis using data reduction, the presentation of the data then draws conclusions. The results of this study indicate that: (1) Learning the yellow book at the Darul Fikr Al-Mada'I Islamic boarding school Bandung Beji Andong Boyolali uses the book of Tafsir and Usul Tafsir, Hadith and Musthalahul Hadith, Aqidah, Fiqh and Ushul Fiqh, Nahwu Shorf, Date, Faroid, Tajwid and Arabic”. (2) The strategy used by Ustadz and ustadzah in learning the yellow book is to increase Arabic vocabulary using the sorogan, bandongan, halaqoh methods, discussion, memorization, writing scientific papers, evaluation, classical (3) Supporting and inhibiting factors for learning the yellow book in Islamic boarding schools salaf to increase Arabic vocabulary at the Darul Fikr Al-Mada'I Islamic Boarding School Bandung Beji Andong Boyolali, namely the ability and quality of the uUstadz in teaching is also supported by the activeness of the students in learning, the provision of teaching aids/media, the availability of limited learning time and the character diverse students.</em></p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 nurul hidayah nurul hidayah, Mujiburrohman, meti fatimah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/738 Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI di Madrasah (Studi Kasus MTsN 13 Tasikmalaya) 2024-03-12T07:33:32+00:00 Saridudin dudinsaridudin@gmail.com <p>Manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di madrasah masih mengalami banyak kendala hal itu disebabkan masih lemahnya kemampuan guru dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru PAI MTsN 13 Tasikmalaya menjalankan prinsip-prinsip pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI, serta melihat bagaimana gaya kepemimpinan guru PAI dalam mengelola kelas agar pembelajaran efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri <em>(human instrument).</em> Dalam penelitian ini, sampel dipilih secara <em>purposive</em>, yaitu seluruh guru PAI MTsN 13 Tasikmalaya yang mencakup Mata Pelajaran Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan beberapa prinsip guru PAI MTsN 13 Tasikmalaya dalam mengembangkan pengelolaan kelas antara lain pembelajaran dilakukan dengan semangat, menyampaikan sesuatu yang menantang, menggunakan media, alat dan metode yang berbeda, memiliki fleksibilitas dalam melaksanakan pembelajaran, penekanan pada hal-hal yang positif dan menanamkan kedisiplinan pada siswa. Sedangkan gaya yang digunakan adalah pendekatan situasional berdasarkan keadaan.</p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Saridudin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/730 Kritik atas Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Dekadensi Nilai Moral Pendidik 2024-03-06T08:20:17+00:00 Sumarno sumarno.ingpbk2016@gmail.com Cecep Sumarna cecepsumarna71@gmail.com Didin Nurul Rosidin didinnurulrosidin@syekhnurjati.ac.id Zaenudin zaenudin07@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang implementasi Kurikulum Merdeka di era dekadensi nilai moral pendidik. Pengembangan kurikulum tidak sekedar menitikberatkan kepada penurunan nilai moral peserta didik, melainkan juga para pendidik. Berbagai pemberitaan di media massa maupun media sosial bahwa banyak oknum pendidik di sekolah maupun pesantren melakukan tindakan asusila kepada peserta didiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode teori dasar yang menggunakan data literatur berhubungan dengan permasalahan yang sedang diteliti, yaitu bersifat kepustakaan (<em>library research</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang relevan dengan situasi zaman sekarang ini. Namun harus dievaluasi permasalahan yang dialami oleh dunia pendidikan di Indonesia, yakni dekadensi nilai moral pendidik. Jangan sampai keinganan luhur bangsa terhambat oleh adanya dekadensi nilai moral pendidik. Salah satu penawaran penyelesaian permasalahan tersebut melalui pergeseran paradigma pendidik ke jiwa “Murabbi”. Pendidik yang “Murabbi” adalah pendidik yang benar-benar membimbing dan mengarahkan peserta didiknya ke arah yang lebih baik, dan selalu memperlakukan mereka sebagaimana manusia ciptaan Allah SWT dengan penuh kasing sayang, bukan menjadikan mereka sebagai tempat melampiaskan hawa nafsu. Pendidik “Murabbi” <em>&nbsp;</em>adalah mereka yang mampu mengontrol emosi, syahwat dan nafsunya, sehingga profesi sebagai seorang pendidik benar-benar mereka jalani dengan penuh rasa tanggung jawab.</p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sumarno, Cecep Sumarna, Didin Nurul Rosidin, Zaenudin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/759 Program Pendidikan Adab untuk Panti Rehabilitasi Narkoba 2024-03-12T07:42:15+00:00 Muhammad Abdul Jabar abduljbr0404@gmail.com Wido Supraha wido.supraha@uika-bogor.ac.id Imas Kania Rahman imas.kania@uika-bogor.ac.id <p>Bahaya narkoba sudah menjadi ancaman bagi Bangsa Indonesia karena hasil survey yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan pusat penelitian kesehatan Universitas Indonesia menunjukkan penyalahgunaan narkoba di 34 provinsi di Indonesia sebesar 1,77 persen dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 3,376,115 orang pada kelompok usia 10-59 tahun. Pihak BNNK menjelaskan, berdasarkan hasil survey tersebut jika kita hitung&nbsp; terdapat 12.000 orang meninggal dunia sia-sia setiap tahunya akibat penyalahgunaan narkoba atau rata-rata 32 orang setiap harinya.</p> <p>Tujuan penelitian ini adalah pertama,&nbsp; membuat model program pendidikan adab untuk panti rehabilitasi narkoba. Penelitian ini menggunakan metodelogi <em>research and development</em> dengan model ADDIE yaitu: <em>Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation.</em> Langkah awal dalam penelitian ini adalah menganalisa kebutuhan program pendidikan adab di panti rehabilitasi narkoba rumah singgah peka, panti rehabilitasi narkoba sekar mawar dan panti rehabilitasi inabah pondok pesantren suryalaya. Langkah kedua adalah membuat <em>design</em> program pendidikan adab untuk panti rehabilitasi narkoba yang mengacu pada teori PH Combs dengan 12 komponen pendidikan yaitu: tujuan dan prioritas, peserta didik, manajemen atau pengelolaan, struktur dan jadwal waktu, isi dan bahan pengajaran, guru dan pelaksanaan, alat bantu belajar, fasilitas, teknologi, pengawasan, penelitian dan biaya. Langkah ketiga adalah <em>development</em> yaitu pengembangan dengan uji validasi terhadap <em>prototype</em> awal kepada para ahli seperti ahli pendidikan, ahli adab dan ahli bahasa sehingga dihasilkan desain program <em>prototype</em> kedua. langkah keempat adalah <em>Implementation</em> yaitu uji coba terbatas kepada <em>user </em>panti rehabilitasi narkoba dengan melaksanakan <em>focus group discussion </em>dan langkah terakhir adalah<em> evaluation </em>dengan melakukan revisi terhadap <em>prototype</em> kedua berdasarkan masukan dari pengguna sehingga dihasilkan desain program <em>prototype</em> akhir.</p> <p>Hasil dari penelitian ini adalah program pendidikan adab untuk panti rehabilitasi narkoba dengan konsep adab terhadap Allah, adab terhadap Rasulullah dan adab terhadap sesama makhluk Allah yang diharapkan dapat diterapkan dibeberapa panti rehabilitasi narkoba yang ada di Indonesia untuk membantu persoalan penyalahgunaan narkoba.</p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Abdul Jabar, Wido Supraha, Imas Kania Rahman https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/758 Improving Student Social Interaction Ability Using Problem Based Learning (PBL) Method in The Subject Of Aqidah Morals at Min 10 Boyolali Academic Year 2022/2023 2024-03-12T07:38:37+00:00 Khoirudin khoiruzzahra@gmail.com Joko Subando jokosubando@yahoo.co.id Meti Fatimah fatimahcan@gmail.com <p><em>This study aims </em><em>to </em><em>determine the Problem Basic Learning </em><em>(PBL) method </em><em>in the Aqeedah Akhlak subject can improve social interaction abilities </em><em>of </em><em>students at MIN 10 Boyolali </em><em>in the 2022/2023 academic year. This research is a type of classroom action research. This research was conducted from </em><em>April </em><em>to </em><em>June 2023. The subjects of this study were Class IV </em><em>students at MI </em><em>N 10 </em><em>Boyolali with a population of </em><em>53 </em><em>students, so all were taken. Data is taken through documents and questionnaire scores, with the T-Test test. The PBL method can improve students' social interaction skills by 49.8% starting from the pre-action, then continuing in cycle I to increase to 68.8% and in cycle II to increase again to 78.4%. The use of the PBL method is applied to students of class IV MIN 10 Boyolali in the Aqidah Akhlak subject so that students can more easily and quickly improve their social interaction skills.</em></p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Khoirudin Khoirudin, Joko Subando, Meti Fatimah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/762 Pemberdayaan Lingkungan Berbahasa Arab dengan Menggunakan Metode Silent Way dan Mim-Miem di SMA Cahaya Qur’an Desa Cimanggu II Cibungbulang Bogor 2024-03-12T07:46:19+00:00 Muh. Abrar muh.abrar@iuqibogor.ac.id <p>Pemberdayaan ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas lembaga dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem di SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor. Proses pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD. Berdasarkan hasil Pengembangan komunitas lembaga dalam menciptakan lingkungan berbahasa arab dengan metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor, tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif dari subjek pendampingan dan seluruh asset yang berkaitan dengan sekolah Cahaya Qur’an. Pelaksanaan pemberdayaan berjalan dengan optimal karena pemberdayaan ini menghasilkan pengembangan kualitas asset SDM guru-guru SMP Cahaya Qur’an menguasai pengetahuan tentang menciptakan APE dan lingkungan pembelajaran bahasa arab dan luring yang efektif. Temuan berikutnya menunjukkan bahwa pemberdayaan yang telah dilakukan di komunitas ini ternyata berdampak pada penambahan sarana pendidikan di lembaga tersebut yaitu pada referensi buku-buku tentang metode pembelajaran. metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem berbasis bahasa arab di lembaga ini akan sangat signifikan bagi peningkatan proses dan hasil berlajar di komunitas tersebut. Metode Mim-Mem adalah suatu cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana guru mengucapkan suatu mufradat atau kosakata kemudian siswa menirukan dan menghafalkannya, metode ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode Mim-Mem akan membuat siswa belajar dengan baik, belajar menjadi menyenangkan, belajar dengan kondisi yang nyaman, dan belajar yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran Silent Way dan Mim-Mem juga mengindikasikan bahwa keberhasilan belajar bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif.</p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Abrar https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/732 Mengidentifikasi dan Mengenali Kecerdasan Majemuk Siswa Menggunakan Multiple Intelligences Test (MIT) di SMK Matardika Purasari Leuwiliang 2024-03-12T07:29:23+00:00 Nuraini nuraini@iuqibogor.ac.id Mutawarudin nurodin@uiqibogor.ac.id <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk memberikan informasi/pengetahuan tentang kecerdasan majemuk siswa agar mereka dapat mengetahui dan mengidentifikasi berbagai kecerdasan, sehingga mendukung perkembangan potensi diri dengan cara yang lebih positif dan progresif. Penting untuk mengenal dan mengidentifikasi kecerdasan majemuk siswa, oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMK Matardika Purasari Leuwiliang. Kegiatan dilakukan pada 21 Juni 2023. Metode yang digunakan adalah memberikan seminar/peyuluhan dengan mempresentasikan materi kecerdasan majemuk serta mengadakan Multiple Intelligences Test (MIT) dan scoring tes jawaban dari pengisian MIT. Sebelum materi/penyuluhan tentang materi kecerdasan majemuk disampaikan, para siswa terlebih dahulu mengisi MIT, setelahnya pembicara sekaligus pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan presentasi informatif tentang kecerdasan majemuk, serta cara bagaimana mengidentifikasi/mengenali kecerdasan majemuk tersebut.&nbsp; Sesi tanya jawab dan diskusi juga dibuka ketika presentasi selesai diberikan, dan siswa berpartisipasi dalam sesi diskusi dengan mengajukan pertanyaan tentang kecerdasan tersebut. Dari hasil diskusi, siswa menyatakan bahwa mendapatkan pengetahuan baru tentang kecerdasan majemuk yang diharapkan dapat membantu perkembangan potensi dirinya dengan cara lebih baik. Serta dari hasil skoring tes di dapat hasil dari 50 siswa peserta tes tentang delapan kecerdasan majemuk didapat kecenderungan kecerdasan yang dimiliki siswa yaitu: kecerdasan musical 9 siswa, kinestetik 0, logis matematis 1, linguistik verbal 5, spasial visual 3, interpersonal 9, intrapersonal 18 dan kecerdasan naturalis sebanyak 5 siswa.</p> 2024-03-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nuraini, Mutawarudin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/771 Analisis Pidana Mati Di Indonesia Perspektif Hukum Islam 2024-03-12T08:10:38+00:00 Farah Rhesyfa Abril I000200107@student.ums.ac.id Muthoifin thoiftowaf@yahoo.co.id <p>Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pidana mati di Indonesia dari perspektif hukum islam. Pidana mati telah menjadi topik yang kontroversial di banyak negara, termasuk Indonesia, di mana praktik ini masih dijalankan. Dalam konteks syariah, beberapa pertanyaan muncul mengenai legalitas, keadilan, dan relevansi hukuman mati. Studi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dan analisis terhadap sumber-sumber hukum Islam yang terkait dengan pidana mati. Analisis tersebut melibatkan literatur hukum, fatwa, dan pandangan para ulama mengenai implementasi hukuman mati dalam Islam. Selain itu, pendekatan komparatif digunakan untuk membandingkan praktik pidana mati di Indonesia dengan prinsip-prinsip syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan interpretasi terhadap pidana mati dalam konteks syariah dapat bervariasi. Beberapa ulama mendukung hukuman mati sebagai bentuk pembalasan yang adil dan sebagai hukuman yang efektif dalam mencegah kejahatan berat. Namun, pandangan lain menekankan pada pentingnya pemahaman yang holistik terhadap prinsip-prinsip rahmat, keadilan, dan maqasid al-shariah (tujuan-tujuan syariah) yang harus diambil dalam pertimbangan. Dalam konteks Indonesia, penelitian ini mengkaji praktik pidana mati yang diatur oleh undang-undang nasional, dengan fokus pada kasus-kasus yang terkait dengan pelanggaran hukum terberat seperti terorisme dan narkotika. Analisis terhadap praktik pidana mati di Indonesia menunjukkan adanya ketidaksesuaian dengan beberapa prinsip syariah, termasuk keadilan proporsional, pemenuhan hak-hak individu, dan kepastian hukum.</p> 2024-03-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Farah Rhesyfa Abril, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/772 Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Aqidah Akhlak Di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta 2024-03-12T08:13:27+00:00 Nurdin Arifin nurdin.arifin92@gmail.com Mutohharun Jinan mutohharun.Jinan@ums.ac.id Muthoifin Mut122@ums.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala <em>Likert </em>untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, sedangkan variabel prestasi belajar Akidah Akhlak menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai rapor. Metode analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Visual terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak, yang berarti bahwa semakin baik Visual maka Prestasi Belajar akan meningkat (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Auditori terhadap Prestasi Belajar, yang berarti bahwa semakin baik Auditori maka Prestasi Belajar akan meningkat (3) Ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Belajar Kinestetik terhadap Prestasi Belajar, yang berarti bahwa semakin baik Kinestetik maka Prestasi Belajar akan meningkat (4) Hasil pengujian analisis regresi linear berganda diperoleh nilai F hitung sebesar 7,235 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 &lt; 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya hipotesis yang menyatakan “Visual, Auditori dan Kinestetik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar” diterima. Berdasarkan analisis regersi linear berganda menunjukkan besarnya koefisien determinasi (r2 square) = 0,191, artinya variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 19,1% sisanya sebesar 80,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.</p> 2024-03-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nurdin Arifin, Mutohharun Jinan, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/773 Tinjauan Hukum Islam Eyebrow Lamination di Salon Melash Beauty 2024-03-12T08:15:48+00:00 Tray Sia Suprapto I000200073@student.ums.ac.id Muthoifin mut122@ums.ac.id <p>Penelitian ini dibuat untuk mengetahui penyebab perempuan muslimah melakukan <em>eyebrow lamination </em>di salon Melash Beauty, hukum dari jasa <em>eyebrow lamination. </em>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimulai dengan editing dan klasifikasi data. Editing data dilakukan untuk mengetahui benar tidaknya dan lengkap tidaknya data terkumpul. Sedangkan klasifikasi data dilakukan untuk memilah data agar memudahkan penulis dalam melakukan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hukum penggunaan <em>eyebrow lamination </em>dalam perspektif hukum islam, serta bagaimana pendapat para ulama dalam memahami hal tersebut. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan ini maka digunakan penelitian kualitatif (non-statistik) yang terfokus pada studi naskah dan teks dengan menggunakan metode pendekatan historis dan fenomenologi. Hasil dan penyebab perempuan muslimah melakukan <em>eyebrow lamination </em>di salon Melash Beauty karena beberapa hal seperti mengikuti tren dan karena tuntutan pekerjaan dan mempercantik memperindah dibagian mata. Proses <em>eyebrow lamination </em>di salon Melash Beauty adalah membersihkan area alis, merapikan bulu alis, mengaplikasikan hena, wrapping bulu alis, terakhir adalah merapikan bulu mata. Tinjauan hukum islam terhadap upah hena alis (<em>eyebrow lamination</em>) pada salon Melash Beauty berkesimpulan bahwa pada <em>eyebrow lamination </em>adalah Urf fasid (rusak): yaitu hal yang sudah biasa dilakukan masyarakat, tetapi bertentangan dengan syariat sehingga menghalalkan yang haram ataupun mengharamkan yang halal.</p> 2024-03-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tray Sia Suprapto, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1322 Konseling Trait and Factor untuk Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik 2024-03-15T08:39:20+00:00 Reni Sinta Dewi renisintadewi@uika-bogor.ac.id Putri Ria Angelina putri@uika-bogor.ac.id Nabila Nidaulhasanah nabilanidaul491@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konseling <em>trait and factor</em> untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di lembaga konseling Angels Counseling and Consultation pada peserta didik yang melaksanakan konseling kelompok karier. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam delapan tahapan, yaitu dimulai dari tahap pra <em>treatment,</em> tahap <em>treatment, </em>tindak lanjut, hingga pengisian <em>posttest</em> setelah dilakukan <em>treatment</em> atau konseling karier <em>trait and factor</em>. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perkembangan kematangan karier peserta didik setelah dilakukan konseling karier dapat dilihat dari data pengisian kuesioner <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Pada kuesioner <em>pretest</em>, rata-rata nilai peserta didik adalah 35.71% sedangkan nilai pada kuesioner <em>posttest</em> peserta didik menunjukkan rata-rata nilai 84.29%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya perkembangan kematangan karier peserta didik setelah mengikuti konseling karier <em>trait and factor</em>.</p> 2024-03-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Reni Sinta Dewi, Putri Ria Angelina, Nabila Nidaulhasanah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/629 Modernisasi Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer 2024-03-06T08:01:51+00:00 Mohammad Khatami mohammadkhatami135@gmail.com Sarah Dina sarahdina925@gmail.com <p>Artikel ini bertujuan untuk memaparkan mengenai pemikiran Fazlur Rahman tentang pendidikan dan relevanasinya dengan Pendidikan islam kontemporer. Latar belakang artikel ini berdasarkan pada realitas kemerosotan moral di tengah-tengah modernitas. Maraknya kasus dikotomi antara pelajaran agama dan pelajaran umum ke peserta didik. Peneliti memakai pendekatan kualitatif yang berjenis studi pustaka. Data primer menggunakan buku dari Sutrisno yang berjudul "Fazlur Rahman, kajian terhadap metode epistemologi dan sistem pendidikan". Data sekundernya berupa jurnal dan buku yang relevan. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dengan teknik analis konten (<em>content analysis</em>). Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, memaparkan biografi Fazlur Rahman. Kedua, pemikiran pendidikan Fazlur Rahman yang menekankan sejumlah konsep ajaran Islam terkait dengan dunia pendidikan. Ketiga, Menurut Rahman, terdapat beberapa permasalahan dalam pendidikan yang perlu diperbaiki, yaitu: (1) ketidakselarasan tujuan pendidikan Islam dengan tujuan positif, (2) adanya dikotomi dalam sistem pendidikan Islam yang menyebabkan pembelajaran yang terfragmentasi, (3) rendahnya kualitas siswa, (4) kesulitan dalam menemukan pendidik berkualitas, profesional, dan memiliki pemikiran yang kreatif dan terintegrasi, serta (5) keterbatasan ketersediaan buku di perpustakaan.</p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Mohammad Khatami, Sarah Dina https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/766 Manajemen Mutu Proses Pembelajaran di SMA Negeri 4 Karawang 2024-03-12T07:54:36+00:00 Muhammad Zaidan muhammadzaidan8@gmail.com Ilham Fahmi ilham.fahmi@fai.unsika.ac.id Muhamad Faizin muhamad@fai.unsika.ac.id <p><strong>Abstrak:</strong> Perkembangan dunia pendidikan sangat pesat, oleh karena itu dibutuhkan manajemen mutu untuk memastikan kesetaraan dalam pengaplikasian pelajaran, manajemen mutu proses pembelajaran yang seharusnya dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran perlu dianalisis secara mendalam. Berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti permasalahan berkaitan dengan manajemen mutu dalam proses pembelajaran yang belum diterapkan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru dari SMA 4 Karawang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA 4 Karawang telah menerapkan manajemen mutu dalam proses pembelajarannya akan tetapi efektifitas pelaksanaannya belum berjalan dengan baik. Sekolah belum sepenuhnya melaksanakan dimensi pelaksanaan mutu pendidikan dengan tepat. Fase pelaksanaan mutu berdasarkan hasil wawancara baru kepada fase awal pelaksanaan mutu. Hal ini terlihat dari pernyataan responden fasilitas yang masih perlu ditambah dan proses pengimplementasiannya menyesuaikan pada kondisi siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Manajemen Mutu, Proses pembelajaran</p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Zaidan, Ilham Fahmi, Muhamad Faizin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/756 Kompetensi Profesional Guru PAI Pasca Sertifikasi di SMP Negeri sek-kecamatan Danurejan Yogyakarta 2024-03-12T07:49:50+00:00 Ovi Soviya ovisoviya@gmail.com Tasman Hamami tasmanhamami61@gmail.com <h2>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apa saja kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi dan bagaimana upaya-upaya guru PAI dalam mengembangkan kompetensi profesionalnya pasca sertifikasi di SMP Negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta. metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi meliputi observasi lingkungan sekolah dan proses pembelajaran, wawancara mendalam dan dokumentasi administrasi sekolah serta kegiatan-kegiatan. Setelah seluruh data ditemukan maka data diolah dengan analisis kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini, yaitu 1) Kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi di SMP Negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta sudah cukup memuskan dan sesuai dengan kriteria-kriteria guru profesional sebagaimana yang diharapkan, dilihat dari kesiapan guru sebelum melakukan proses mengajar dan pada saat proses pembelajaran berlangsung seperti guru mampu mengelolah kelas, menguasai materi ajar, menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi serta melakukan penilian hasil belajar peserta didik, 2) pengembangan kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi dilakukan dengan menganalisis kebutuhan peserta didik pada saat pembelajaran di kelas, dengan cara mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), pelatihan, seminar, studi lanjutan strata 2, dan pemanfaatan jurnal agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki.</h2> <h2><strong>Kata kunci: </strong>Kompetensi, Profesioanl, Guru, Sertifikasi</h2> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ovi Soviya, Tasman Hamami https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1321 Persepsi Guru BK pada Akuntabilitas Program Bimbingan dan Konseling 2024-03-15T08:38:43+00:00 Putri Ria Angelina putri@uika-bogor.ac.id Reni Sinta Dewi renisintadewi@uika-bogor.ac.id Nazla Hana Firdaus nazlahana16@gmail.com <p>Akuntabilitas bimbingan dan konseling sangat penting dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah terhadap program bimbingan dan konseling yang sudah dilaksanakan. Akan tetapi, ada sebagian guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah yang belum melaksanakan akuntabilitas pada program bimbingan dan konseling. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya guru bimbingan dan konseling yang kurang memahami tentang proses dan pelaksanaan akuntabilitas BK. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan deskripsi dan gambaran mengenai persepsi guru bimbingan dan konseling pada akuntabilitas bimbingan dan konseling di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling yang telah mengikuti <em>Workshop</em> Akuntabilitas BK telah memiliki pemahaman lebih baik daripada sebelum mengikuti <em>workshop</em>. Hal ini berdasarkan pada data <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> yang telah diisi oleh guru bimbingan dan konseling pada sebelum dan setelah pelaksanaan <em>workshop</em>. Dengan begitu diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan akuntabilitas program bimbingan dan konseling di sekolah.</p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Putri Ria Angelina, Reni Sinta Dewi, Nazla Hana Firdaus https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/764 Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Seminar Kurikulum Merdeka di MIS Al Munawaroh Cibungbulang Kabupaten Bogor 2024-03-12T08:46:34+00:00 Siti Aisah Siti.aisyah@iuqibogor.ac.id <p><em>Kurikulum Merdeka dirancang pemerintah untuk mengatasi krisis pendidikan Indonesia. Hampir seluruh indikator keberhasilan belajar belum tercapai. Berbagai perubahan konsep pembelajaran yang diterapkan dalam Kurikulum Merdeka, diharapkan menjadi solusi bagi berbenahnya keterpurukan pendidikan Indonesia. Guru sebagai faktor penentu ketercapaian target tersebut haruslah mampu mempersiapkan dirinya dengan kompetensi profesional. Diketahui dari hasil test awal bahwa pemahaman guru MIS Al-Munawaroh mengenai Kurikulum Merdeka masih rendah. Seminar Kurikulum Merdeka Belajar sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Al-Munawaroh.</em></p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Siti Aisah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/729 Orientalisme Edward W. Said Relevansinya dengan Sepakbola Piala Dunia Qatar 2022 2024-03-06T08:14:59+00:00 Sufyan sufyanindi@gmail.com Kustoro kustorosemm@gmail.com Didin Nurul Rosidin didinnurulrosidin@syekhnurjati.ac.id <p><strong><em>P</em></strong><em>enggambaran orang-orang barat terhadap dunia timur seakan sudah paten, bahwa peradaban barat yang diwakili oleh Eropa dan Amerika secara sah dan meyakinkan unggul jauh dibanding peradaban bangsa timur, yang diwakili semenanjung arab. Orientalisme ini terus dipelihara bahkan dikuatkan dengan para wisatawan eropa, yang berkunjung ke timur tengah, dengan tujuan utama mendapatkan potret-potret tentang keterbelakangan, kekerasan, kekonyolan, kebodohan dan nilai-nilai negatif lainnya, selanjutnya dibuat buku, dan laku keras dijual di bangsa barat. Celakanya, mahasiswa dari banyak negara yang mengenyam pendidikan di Eropa dan Amerika, mendapatkan orientalisme ini di kampus, dan mereka tidak memiliki kemampuan untuk membantahnya. Penulis ingin mencermati bagaimana usaha Edward W. Said dalam menyajikan gambaran lain yang melawan hegemoni dari orientalisme ini. Melalui library research, diawali dengan memahami intisari dari 5 point pemikiran dan keyakinan Said, dihubungkan dan dibandingkan di jaman kekinian khususnya berkaitan dengan Sepakbola Piala Dunia Qatar 2022, penulis mendapatkan gambaran bahwa selama dunia Barat unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka akan terus memelihara orientalisme yang men-downgrade bangsa timur dengan berbagai motif.</em></p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sufyan, Kustoro, Didin Nurul Rosidin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/633 Manajemen Sinkronisasi Program Kesiswaan dan Kesantrian di Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo Jawa Tengah 2024-03-06T08:06:19+00:00 Arif Nurrohim aboe.m4sud@gmail.com Siti Choiriyah sitichoiriyah2009@yahoo.co.id <p>Dilakukannya penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Manajemen program kesiswaan dan kesantrian di Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo. (2) Metode sinkronisasi dari manajemen program kesiswaan dan kesantrian di Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo.</p> <p>Penelitian dilakukan pada Tahun 2023. Subyek penelitian adalah kepala kesantrian dan kepala kesiswaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik <em>keshahihan</em> data menggunakan Trianggulasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Penelitian menunjukkan hasil (1) Dalam manajemen program kesiswaan dan kesantrian di Pondok Pesantren Al Ukhuwah Sukoharjo meliputi: (a) Perencanaan: membentuk struktur organisasi yang solid, menyusun program-program yang akan dilaksanakan satu tahun kedapan, merapatkan dengan bidang yang lainnya dan disetujui oleh Direktur Pesantren. (b) Implementasi: program dilaksankan sesuai yang telah disusun pada perencanaan dengan pengawasan dan bimbingan yang terarah, program-program yang sifatnya ektra kurikuler dilakukan se<em>enjoy</em> mungkin agar santri tidak jenuh dalam menjalani kegiatan yang sangat padat. (c) Evaluasi: rekap kegiatan dilakukan dengan metode ceklis lalu diadakan evaluasi harian, pekanan, bulanan dan tahunan. (2) Sinkronisasi program kesiswaan dan kesantrian dilakukan dengan beberapa langkah: (a) Pembentukan struktur kepengurusan diambil dari dua bidang baik kesantrian atau pun kesiswaan agar informasi tersambung. (b) masing-masing bagian memperkuat system, program-program, kemudian dirapatkan pada RAKER sebelum masuk tahun ajaran baru, disinkronkan terlebih dahulu agar pada pelaksanaannya tidak terjadi tabrakan dan tumpang tindih program. (c) Jika memungkinkan kesiswaan dan kesantrian di bawah satu kepala agar program-program berjalan satu komando.</p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Arif Nurrohim, Siti Choiriyah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/609 Kontribusi Intelektual Muslim Terhadap Perkembangan IPTEKS 2024-03-10T18:12:38+00:00 Holis holismajid97@gmail.com Dudi Kiswanto dudi.kisawnto@gmail.com Muhammad Fadli Ramadhan muhammadfadliramadhan@umm.ac.id <p>Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat saat ini. IPTEK&nbsp; sendiri merupakan kreasi yang dibuat manusia dalam waktu ribuan tahun dan didapatkan dari berbagai bangsa yang terdapat di dunia, termasuk juga tokoh muslim yang seringkali tidak diketahui oleh masyrakat saat ini bahwa umat muslim juga memiliki peranan banyak pada perkembangan IPTEK disunia ini. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi intelektual muslim terhadap perkembangan IPTEK. Metode penelitian menggunakan penelitian berjenis kualitatif deksriptif dengan teknik pengumpulan data berupa <em>literatur review. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh intelektual muslim memiliki kontribusi yang besar bagi ilmu pengetahuan dan teknologi misalnya penemuan teknologi optik modern, penemuan konstruksi alat terbang, penemuan Aljabar, penemuan alat bedah, dan penemuan ilmu filsafat. Oleh karena itu, umat muslim memang terbuka pada adanya perkembangan IPTEK yang terjadi saat ini selama bermanfaat bagi manusia dan tidak menimbulkan <em>mudharat.</em></p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Holis, Dudi Kiswanto, Muhammad Fadli Ramadhan https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/627 Tasfiyah dan Tarbiyah Pendidikan Islam dalam Perspektif Syaikh Ahmad Assurkati 2024-03-06T06:44:22+00:00 Irfan Paturahman fathier.fathurrahman@gmail.com Yusuf Utsman Baisa abuisabaisa@gmail.com <p><em>Ruh pendidikan Islam adalah Tasfiyah dan Tarbiyah. Dimana dua unsur ini wajib dan mesti ada dalam setiap lini pendidikan baik di rumah, lingkugan, pendidikan formal maupun non formal. Demikian juga dalam setiap pembelajaran yang diberikan yang meliputi seluruh bidang study agama, sains, tehnik, dan sebagainya. </em><em>Peneltian ini dilakukan untuk (1) mendeskripsikan konsep </em><em>tasfiyah dan tarbiyah dalam pandangan</em> <em>Syaikh Ahmad Assurkati </em><em>serta (2) </em><em>bagaimana usaha Syaikh Ahmad Assurkati dalam memngembangkan pendidikan</em><em>. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, buku, dan dokumen lainnya. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari umum ke khusus dan sebaliknya. Setelah itu dilakukan komparasi atau perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki persamaan dan perbedaan dari data tersbut. Kemudian dimunculkan sebuah kesimpulan.dengan demikian menjalankan konsep tasfiyah dan tarbiyah adalah salah satu konsep efektif untuk mewujudkan pendidikan Islami. </em></p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Irfan Paturahman, Yusuf Utsman Baisa https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/632 Pola Dakwah Kyai dalam Membangun Sosio-Religius Masyarakat di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo 2024-03-06T08:10:16+00:00 Muhammad Nabat Ardli ardli05mna@gmail.com <p>In Islam da'wah activities are the main of the development of Islam, which has always been in the spotlight of scholars to improve the morals of mankind. Da'wah in Indonesia can't be separated from the figure of Kyai who is capable of internalizing the values of Islamic teachings in the people's lives. Every kyai has his own way of da'wah pattern in his da'wah approach according to the socio-cultural conditions of his mad'u as carried out by the three kyai in Leces District, Probolinggo Regency, they are: Kyai Hasan, Kyai Abbas and Kyai Barizi. This study aims to reveal the pattern of kyai's da'wah in building socio-religious society in Leces District, Probolinggo Regency. with sub-focuses including: (1) the role of da'wah, (2) da'wah patterns of kyai. This research uses qualitative research that uses a descriptive analysis approach in field studies. Data collection has taken by observation, in-depth interviews, and documentation studies. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that: (1) Kyai in Leces has the same da'wah role in society. Such as leading congregational prayers, wiridan, recitation of the Qur'an and also prayer, but there are also kyai who are trusted as protectors, activators, and problem solvers who can solve community problems. (2) The pattern of kyai da'wah in Leces Subdistrict has different strategies and approaches based on the socio-cultural conditions of the community and also the scientific basis and experience of each kyai, such as the approach of recitation, education, tarekat and politics.</p> 2024-03-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Nabat Ardli https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/582 Perkembangan Metode Pembelajaran Dalam PAI Berbasis Inquiry 2024-03-06T06:25:30+00:00 Fathiyatun Nisa Ihsanti fihsanti@gmail.com <p>Penulisan Pendidikan Agama Islam merupakan tempat strategis untuk membentuk manusia secara utuh dalam mengembangkan akal, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, akhlak mulia, dan kepribadian. Saat ini pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah menuai banyak kritikan dari masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih monoton, cenderung pada hafalan dan kurang penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (<em>library researc</em>h). Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya Metode <em>Inquiry</em> sebagai pengembangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang cocok untuk diterapkan pada saat ini. Metode inquiry adalah pembelajaran berbasis penalaran dan pemecahan masalah. Metode ini merangsang siswa untuk berfikir menganalisa persoalan hingga menemukan pemecahannya. Metode <em>inquiry </em>menekankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang yang dapat memberi ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya mereka.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fathiyatun Nisa Ihsanti https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/775 The Role Of The Teacher As Class Manager In Increasing Spiritual Intelligence Through The Implementation Of Classic Values 2024-03-12T07:57:50+00:00 Umi Jariyah umi.jariyah2013@gmail.com Mujiburrohman ajibmujiburrahman@gmail.com Meti Fatimah fatimahcan@gmail.com <p>This study aims to determine the role of the teacher as class manager in increasing spiritual intelligence. Corcerning with the objective of the study, the writer uses descriptive qualitative methods. The subjects of the study were 7 teachers who teach in MIM Bendo special program. The Data collection techniques by using interviews, observation and documentation. Meanwhile, the data validation technique uses triangulation. Furthermore, the data analysis uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the teacher's role as classroom manager can improve students' spiritual intelligence through moral development strategies, moral studies, congregational prayers, Al-Quran learning, and Ramadhan Islamic boarding schools activities. Due to these steps, teachers can improve students' spiritual intelligence through fostering faith and morals. On the other hand, the obstacles in increasing students' spiritual intelligence are such as a curriculum that focuses on academic aspects, lack of understanding and support, time constraints, differences in beliefs and values, and personal disobedience. To overcome these obstacles, teachers can take steps such as revising the curriculum, holding additional training, integrating spiritual values in learning, respecting students' different beliefs, and involving parents. Implementation of the teacher's role as class manager can be done.</p> 2024-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Umi Jariyah, Mujiburrohman, Meti Fatimah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/768 Konsep Ijarah Dan Implementasinya Di BMT Sakinah Mojolaban Sukoharjo 2024-03-12T08:02:17+00:00 Salma Atikassari I000200081@student.ums.ac.id Muthoifin thoiftowaf@yahoo.co.id <p>Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur pembiayaan dan perlakuan akuntansi ijarah di BMT.Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dengan hukum kontrak di Indonesia, kepatutan dalam prinsip-prinsip syariah (sharia compliance) dan akibat hukum yang ditimbulkan pada kontrak pembiayaan ijarah BMT SAKINAH.Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian yuridis normatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan studi kepustakaan yaitu mengkaji dokumen (Peraturan Perundang-Undangan, Fatwa DSN-MUI, POJK) dengan menggunakan Teori Hukum Kontrak, Teori Akad dan Teori kepatutan Hukum untuk mengalisis kontrak Pembiayaan Ijarah BMT. Banyak produk produk yang telah diciptakan bank syariah antara lain: produk pembiayaan, penghimpunan dana, ataupun produk jasa. Semua produk ini ditujukan untuk melayani masyarakat (nasabah).Lembaga keuangan syariah merupakan lembaga keuangan yang berdiri dan berjalan dengan menggunakan syariat islam.Pokok pembiayaan ijarah adalah jual beli jasa dan sewa-menyewa atau mengambil dari manfaat barang. Hasil Survey jumlah nasabah (anggota) pembiayaan ijarah lebih sedikit peminatnya dibandingkan pembiayaan murobahah.</p> 2024-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Salma Atikassari, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/769 Analisis Pengaruh Akad Musyarakah Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Hukum Islam 2024-03-12T08:05:19+00:00 Nabila Hadad Pirdos I000200108@student.ums.ac.id Muthoifin thoiftowaf@yahoo.co.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh pembiayaan lembaga perbankan syari’ah dalam umkm di indonesia dalam jangka panjang dan apa kaitan antara perbankan syari’ah dan pengembangan umkm di indonesia.perbankan syariah berarti badan yang bergerak di bidang keuangan yang berlandaskan pada hukum islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah, tujuan dari perbankan syari’ah tidak semata profit oriented (mendapat keuntungan) melainkan terdapat unsur keislaman dan kemanusiaan di dalamnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis data penelitian dengan menggunakan tinjauan pustaka melalui sumber data dari literature review baik berupa buku-buku, catatan jurnal maupun referensi lainnya yang berkaitan dengan pembahasan pokok. Hasil dari penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah suatu usaha yang memiliki kontribusi penting terhadap perekonomian di indonesia. UMKM mampu menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan, hal ini juga bisa di jadikan peluang oleh masyarakat untuk membuka suatu usaha, namun dalam pengembangan umkm masih memiliki keterbatasan dalam permodalan, sehingga sekarang banyak bermunculan pembiayaan berbasis syariah untuk mendukung pengembangan UMKM.</p> 2024-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nabila Hadad Pirdos, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/770 Trend Penelitian Global Hukum Lingkungan Perspektif Hukum Islam 2024-03-12T08:07:40+00:00 Sa’adatur Robi’ah I000200063@student.ums.ac.id Muthoifin thoiftowaf@yahoo.co.id <p>Masalah lingkungan adalah berbicara tentang kelangsungan hidup (manusia dan alam). Melestarikan lingkungan sama maknanya dengan menjamin kelangsungan hidup manusia dan segala yang ada di alam dan sekitarnya. Pelestarian lingkungan hidup merupakan upaya sistematis dan terpadu yang harus dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup seperti perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum. Tulisan ini bermaksud mengelaborasi pelestarian lingkungan dari sudut pandang hukum Islam dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tulisan ini dimaksudkan sebagai upaya pengembangan wawasan keilmuan dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan arti penting melestarikan ekologi untuk keberlangsungan ekologi secara keseluruhan. Secara keseluruhan, tulisan ini akan mengurai tentang aspek hukum atas pelestarian lingkungan hidup, yang menitik beratkan pada kajian eksploratif; yaitu mengurai secara lengkap tentang pelestarian lingkungan hidup dilihat dari dua aspek yakni hukum Islam dan aspek yuridis (undang-undang). Data tulisan ini adalah data kepustakaan yang berkaitan pelestarian lingkungan, baik dalam perspektif hukum Islam maupun hukum positif. Pendekaan yang digunakan dalah pendekatan normative-empiris Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam perspektif hukum positif ditegaskan bahwa pelestarian lingkungan hidup diadopsi dalam asas tanggung jawab negara. Negara menjamin hak warga Negara atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.</p> 2024-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sa’adatur Robi’ah, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/722 Implementation Of Child Protection Laws 2024-03-12T08:23:48+00:00 Khozinatul Asrori asrorikhozinatul87@gmail.com Imam Sukardi imamsukardi007@gmail.com <p>In Indonesia, child protection is contained in Article 28b No. 2 of the 1945 Constitution. In addition, it is also contained in Law no. 3 of 2014 concerning Amendments to Law no. 23 of 2002 concerning Child Protection that there are four special areas that need to be considered in the implementation of child protection, namely: the fields of Religion, Education, Health and socio-culture. The five main pillars (parents, family, community, government and state) have a close relationship in carrying out child protection tasks in forms and efforts that are appropriate to the level of ability in various forms of business carried out and under certain conditions. As the Nahdlatul Community Organization has several programs that support efforts to protect children. In this research study, researchers used qualitative research which describes and describes some of the existing findings, especially in this study related to the application of the Child Protection Act in the NU Community Organization of Pagerwojo Perak Jombang Branch. This research shows that the implementation of the Child Protection Act at the NU Branch Pagerwojo Perak Jombang Community Organization has been implemented and so far it has only played a role in efforts that are preventive in nature or only prevention of child protection cases in the form of socialization roles carried out in various programs that have been proclaimed.</p> 2024-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Khozinatul Asrori, Priest Sucardi https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/787 Potensi Kalbu Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an dan Hadist 2024-03-12T08:32:42+00:00 Chusnunnisa’ Suryanudin chusnunnisa1@gmail.com <p>Siswa merupakan individu bebas yang dapat menentukan baik maupun buruk dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat. Hal tersebut tidak terlepas dari eksistensi siswa sebagai manusia yang memiliki potensi kalbu. Potensi kalbu merupakan potensi yang dapat membolak-balikkan perasaan dan keputusan yang ada pada diri manusia. Al-Qur’an dan Hadis banyak membicarakan tentang potensi kalbu baik secara konkret ataupun abstrak. Berdasarkan itulah penulis ingin membahas potensi kalbu persektif Al-Qur’an dan Hadis dan implementasinya dalam pendidikan Islam. Permasalah dalam artikel ini diteliti menggunakan penelitian pustaka yang sumber datanya berasal dari buku dan jurnal. Penulis menggunakan dokumentasi dan analisis konten dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Kalbu dapat didefinisikan sebagai jantung dan hati secara immateri. Kalbu secara hati immateri memiliki kedudukan tertinggi dalam pengambilan keputusan dan mempengaruhi tindakan serta perilaku indiviu. Potensi kalbu yang terdapat dalam Al-Qur’an hadis yaitu kalbu sifatnya tidak konsisten, kalbu adalah hakikat yang melekat pada diri manusia, kalbu sebagai sentral pengajaran, kalbu dapat tenteram karena berdzikir, kalbu dapat mati karena sifat hasad, takabur, dan menentang kebenaran, dan terdapat bisikan kebaikan, bisikan maksiat, dan bisikan labil pada kalbu. Implementasi potensi kalbu dalam pendidikan Islam yaitu berdoa, husnudzon, dzikrullah, tidak gegabah, istighfar, muhasabah.</p> 2024-03-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Chusnunnisa’ Suryanudin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/778 Penerapan Metode Tamyiz Dalam Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Ridha Klaten 2024-03-12T08:28:56+00:00 Syahriyanto syahri.syahrianto@gmail.com Meti Fatimah fatimahcan@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tamyiz dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran terjemah Al-Quran. &nbsp;Pembelajaran terjemah Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tamyiz mempunyai prinsip pengajaran tersendiri. Prinsip pengajarannya menggunakan Neuro Linguistic dan pengajar harus fun and active teacher.&nbsp; Pengajarmya jauh dari perilaku kasar dan menakutkan bagi para peserta didik. Syarat belajar Tamyiz, sudah bisa membaca Al-Quran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pesantren ar-ridha klaten. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumenter.&nbsp; Sedangkan sumber data didapat dari peserta didik, waka kurikulum, tutor tamyiz dan pimpinan pondok ar-ridha klaten. Analisis data terdiri dari&nbsp; Reduksi&nbsp; data,&nbsp; Display&nbsp; atau&nbsp; penyajian&nbsp; data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian ditinjau berdasarkan teori yang ada. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui proses triangulasi sumber. Hasil penelitian ini pertama : penerapan metode tamyiz dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran terjemah Al-Qur’an menggunakan model pembelajaran Quantum yaitu sebuah model yang membiasakan belajar menyenangkan demi meningkatkan minat belajar sampai hasil belajar peserta secara menyeluruh. Kedua : Hasil penilaian observasi menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran tamyiz terbilang evektif dan efesien sebab kemampuan santri-santri dalam pembelajaran terjemah Al-Qur’an keseluruhannya sudah mencapai nilai KKM (75).</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 syahriyanto syahri, meti fatimah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/776 Sanksi Penyimpangan Moral yang Berlaku di Kehidupan Sosial dalam Sudut Padangan Hukum Islam dan Hukum Negara Republik Indonesia 2024-03-12T08:18:58+00:00 Muhammad Ibnu Hibban hibbanalkhoir@gmail.com Muthoifin mut122@ums.ac.id <p>Moralitas merupakan hal penting yang dimiliki setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat, namun anggota masyarakat banyak melakukan penyimpangan moral yang sangat meresahkan dan meresahkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini membahas tentang penyimpangan moral yang akhir-akhir ini terjadi di masyarakat, yang berujung pada sanksi yang diberikan masyarakat kepada pelaku penyimpangan tersebut. Hal ini dieksplorasi secara menyeluruh dalam artikel ini dalam kaitannya dengan hukum agama dan hukum negara dari fenomena tersebut, dan artikel ini menyoroti efek psikologis dan sosiologis dari penyimpangan yang dialami oleh para aktor dan individu yang terlibat dalam fenomena tersebut. Metode penilitian ini mengunakan metode kualitatif dan penelitian ini disertai dengan pendekatan sosiologi, psikologi dan normatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sanki terhadap pelaku penyimpang moral merupan Tindakan yang menibulkan efek jera tapi tidak sepenuhnya dapat dibenarkan.</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Ibnu Hibban, Muthoifin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/790 Model Terapi Psikospiritual: Implementasi Konsep Tazkiyatun Nafs Hamka Dalam Mengatasi Penyakit Jiwa 2023-12-12T04:16:02+00:00 Imroatul Istiqomah imroatul.istiqomah@unida.gontor.ac.id M. Shohibul Mujtaba mshohibulmujtaba@unida.gontor.ac.id Aan Anwarudin anwar.masqot2021@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara detail tentang konsep tazkiyatun nafs dan penyakit jiwa menurut Hamka, serta implementasi tazkiyatun nafs dalam mengobati penyakit jiwa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, bersifat kepustakaan murni karena sumber datanya baik yang primer atau sekunder berasal dari buku, dokumen, jurnal atau karya-karya ilmiyah. Dalam menguji validitas data peneliti menggunakan menggunakan ukuran transferability dan dependability. Berdasarkan temuan penelitian, tazkiyatun nafs menurut Hamka adalah proses membersihkan jiwa dari hal-hal seperti kemusyrikan, ateisme dan segala sifat buruk yang kemudian dapat diberikan pengajaran dengan berbagai ilmu dan pembiasaan(pelatihan) yang baik dan benar. Penyakit jiwa menurutnya, termasuk sifat-sifat alamiah yang cenderung buruk dan tercela, karena berkurangnya nilai kebaikan yang sempurna dari diri manusia. Hamka menjelaskan bahwa Tazkiyatun nafs secara langsung mampu menjadi jalan atau cara untuk mengobati penyakit jiwa seseorang dengan lima tahapannya.</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Imroatul Istiqomah, M. Shohibul Mujtaba, Aan Anwarudin https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/731 Pembinaan Bahasa Arab Dasar Di Rumah Tahfidz Al-Utsmany Pamulang Tangerang Selatan Tahun 2023 2024-03-06T08:32:17+00:00 Usman usman@iuqibogor.ac.id Aryanti Dewi aryantidewi@gmail.com <p>Pembinaan Bahasa Arab Dasar di Rumah Tahfidz Al-Utsmany dilaksanakan sekali seminggu selama tiga bulan dengan menggunakan kitab Durusul Lughoh yang merupakan kitab dasar bagi pemula yang belajar bahasa arab dan Pembinaan dilakukan di Aula Rumah Tahfidz selama 2 jam per pertemuan, diawali dengan perkenalan kemudian mrnyampaikan materi dengan metode Syamsiyah Syafawiyah. Selama proses pembelajaran berlangsung santri antusias belajar bahasa arab karena didampingi oleh guru bahasa arab yang berkompeten, disamping itu juga metode Syamiyah Syafawiyah yang digunakan yang sangat cocok untuk pemula dalam belajar bahasa Arab dasar. Hasil belajar Santri berdasarkan evaluasi latihan soal yang ada dalam kitab durusul Lughoh yang dinamai Tamrinat 1,2,3, tamrinat 1 dan 2 berisikan melengkapi pernyataan yang sudah ada jawabanya, sedangkan tamrinat 3 berisikan pertanyaan melengkapi atau menyempurnakan teks sehingga menjadi teks yang baik dan benar, semua tamrinaat dijawab dengan benar oleh 99% Santri dan Santriwati, dengan itu pembelajaran bahasa arab sangat memnberi danpak yang sangat signifikan bagi Santri dan Santriwati Rumah Tahfidz Al-Utsmany.</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Usman, Aryanti Dewi https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/763 Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Al-Mubasyarah Untuk Meningkatkan Maharat Kalam Peserta Didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor 2024-03-12T08:40:46+00:00 Asriani asriani@iuqibogor.ac.id <p>Pendampingan pembelajaran bahasa Arab sebagai upaya meningkatkan kualitas skill berbicara (al-Kalam) adalah sebuah keniscayaan bagi non-Arab. Orientasi pendampingan diarahkan untuk menambah kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab. Dari empat keterampilan bahasa yang harus dikuasi oleh peserta didik, penguasaan maharah al-Kalam secara aktif dan produktif ditekankan pada peserta didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor, hal ini mempertimbangkan bahwa urgensi maharah al-Kalam saat ini menjadi nilai produktif sebagai salah satu langkah aktualisasi keilmuan berbahasa Arab peserta didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor. Keterampilan berbicara (maharah al-Kalam) adalah suatu kemampuan untuk mengungkapkan kata-kata sebagai ekspresi dari pikiran, ide, pendapat dan keinginan terhadap lawan bicara kita. Dalam konteks pendampingan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah al-Kalam, tentunya membutuhkan metode tepat untuk menyelaraskan antara perencanaan dan indikator capaian yang diharapkan. Penggunaan metode al-Mubasyaroh dalam meningkatkan skill berbicara bahasa Arab peserta didik SMP Cahaya Qur’an menjadi solusi metode yang ampuh untuk menghantarkan mereka mencapai sill berbicara bahasa Arab aktif. Metode al-Mubasyarah adalah metode langsung mempraktikkan bahasa Arab dalam proses pembelajaran, dimana guru (ustadz/ustadzah) menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dalam pembelajaran tanpa menggunakan bahasa lainnya dan ketika peserta didik SMP Cahaya Qur’an menemukan bahasa yang sulit dimengerti maknya-mengingat ketidakrataan kemampuan bahasa Arab mereka, guru (ustad/ustadzah) menjelaskan maksud bahasa tersebut menggunakan ekspresi, demonstrasi, gambar-gambar, dan lainnya, sehingga solusi ini memudahkan peserta didik SMP Cahaya Qur’an dalam memahami bahasa Arab.</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Asriani https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/823 Analisis Kepemimpinan Dan Kebijakan Strategis Mutu Pendidikan Muhammadiyah Boarding School Kota Serang 2024-03-30T20:05:04+00:00 Safiudin safiudinbanten001@gmail.com B. Syafuri syafuri@uinbanten.ac.id Anis Fauzi anis.fauzi@uinbanten.ac.id Utami Syifa Masfu'ah utamisyifamasfuahbanten@gmail.com <p>Pondok pesantren Muhammadiyah bercirikan mengintegrasikan pendidikan sekolah umum dengan pendidikan pesantren. Mencapai mutu pendidikan diperlukan kepemimpinan, kemampuan, kepercayaan dan kebijakan strategis mengelola lembaga pendidikan. Tujuan penelitian menganalisis kepemimpinan dan kebijakan strategis terhadap mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kota Serang. Data bersumber dari observasi, wawancara dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan strategis yang tepat diterapkan MBS Kota Serang adalah memanfaatkan khususnya strategi kekuatan dan peluang untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan, kebijakan strategis dan mutu pendidikan progresif dari periode sebelumnya. Adanya kebijakan strategi dengan kekuatan dan peluang menunjukkan bahwa MBS Kota Serang mengambil langkah-langkah untuk penguatan strategi dengan mencarikan sumber pendanaan yang baru, meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat dengan sosialisasi yang lebih luas, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan anggaran serta meningkatkan sumber daya dan insentif yang perlu di fokuskan pada lima tahun ke depan sebagai penguatan visi dan misi pesantren. Implikasi penelitian dengan kepemimpinan dan kebijakan strategis yang tepat akan mencapai mutu pendidikan.</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Safiudin, B. Syafuri, Anis Fauzi, Utami Syifa Masfu'ah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/647 Politik Identitas Dalam Al-Qur’an (Studi Tafsir Tematik) 2024-03-30T20:33:38+00:00 Fathul Mu'in 222631104.fathul@uinbanten.ac.id Suadi Sa’ad suadi.saad@uinbanten.ac.id Sholahuddin Al Ayubi sholahuddin.alayubi@uinbanten.ac.id Iffan Ahmad Ghufron iffan.agufron@uinbanten.ac.id <p>Politik Identitas dalam Kajian Tafsir Al-Qur'an menjadi judul tulisan ini. Al-Qur'an dan Hadits dianggap sebagai sumber tertinggi hukum Islam. Sehingga peneliti menggunakan metode library research, yaitu pengumpulan data dengan menggunakan berbagai literatur buku yang ada kaitannya dengan pembahasan ini. Persatuan dan kemasyarakatan diutamakan dalam politik identitas Islam. Islam, berbeda dengan pemikiran Kristen (dan Barat), kurang menekankan individualisme dan individualisme. Penghasutan kebencian terhadap tindakan atau diskusi apapun yang dapat mengarah pada fitnah adalah salah satu konsep pengorganisasian yang ditemukan sepanjang sejarah Islam. Frasa tiga suku kata “politik, identitas, dan al-Qur’an” digunakan untuk menggambarkan politik identitas dalam al-Qur’an. Politik mengacu pada semua hal dan kegiatan yang berkaitan dengan pemerintah suatu negara. Politik juga dapat dianggap sebagai kebijakan, atau cara bertindak untuk menyelesaikan suatu masalah. Mengenal siapa diri Anda dan memperkenalkan diri kepada lingkungan di sekitar Anda semua dimulai dari identitas Anda, baik itu identitas individu, identitas keluarga, identitas institusi, atau bahkan identitas warga negara, mulai dari ras, suku, dan sebagainya. Bahkan Al-Qur'an secara khusus berbicara tentang pemimpin, oleh karena itu jelas bahwa Al-Qur'an tidak melarang seseorang menggunakan identitasnya untuk mencapai tujuan. Apakah pemimpin harus laki-laki atau perempuan, Muslim atau bukan, dan dari suku atau tradisi tertentu? Anda dipersilakan memiliki identitas selama sesuai dengan standar yang telah digariskan dalam ayat-ayat Al-Qur'an yang telah dijelaskan sebelumnya, karena tidak ada larangan untuk memilikinya di dalam Al-Qur'an.</p> 2024-03-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fathul Mu'in, Suadi Sa’ad