Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah <p><strong>Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam</strong> is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University. Published 4 (four) times annually, on March, June, September, and December. Each of the issue has articles both on conceptual article and research article. Published in Bahasa Indonesia, but English-written articles are also welcomed.</p> en-US didikhimmawan@gmail.com (Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam) didikhimmawan@gmail.com (Didik Himmawan) Wed, 06 Dec 2023 09:31:22 +0000 OJS 3.3.0.12 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta Pada Aspek Pendidikan, Aktivitas Keagamaan, Pencegahan Demam Berdarah Di Dusun Dukuh Kapanewon Lendah https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/535 <p>Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat dalam rangka untuk memberikan kontribusi secara nyata berupa meningkatkan kemajuan masyarakat, taraf hidup, kesejahteraan, kesehatan yang nantinya akan memberikan manfaat kepada mereka. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini bukan hanya sekedar bentuk pengabdian kepada masyarakat akan tetapi juga bermanfaat untuk mahasiswa untuk berinterkasi sosial, pengembangan potensi diri, membentuk kepribadian atau sikap, serta mengaplikasikan keilwuanya di lapangan. Dengan demikian Kuliah Kerja Nyata ini memberikan suatu pengalaman belajar secara nyata yang tidak didapatkan di dalam Kampus. Implementasi dan Program-porgam yang kami lakukan pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Dusun Dukuh Kapanewon Lendah diantara meliputi; 1) Melakukan kegiatan sosilisasi demam berdarah didesa dusun dukuh tujuanya untuk memberikan pemahaman, pencegahan, serta sebab dan akibat Tentang demam berdarah. Dengan adanya program ini masyarakat dapat mendapatkan manfaat agar dapat mencegah terjadinya demam berdarah di desa tersebut. 2) Mengadakan Pengajian menyambut bulan ramadhan pengajian tersebut dilakukan di Masjid-Asyakirin yang dihadiri oleh masyarakat desa dukuh tujuan dilakukan pengajian ini untuk memberikan penguatan dan pemahaman agar dapat meningkatkan takwa dan iman , juga untuk memberikan motivasi beribadah dengan sebaik mungkin agar menjadi manusia yang berinsan.Pogram-pogram lainya yang kami buat adalah 1) Bimbingan belajar untuk anak-anak dusun dukuh. Bimbingan belajar untuk memberikan fasilitas belajar, pemahaman materi pelajaran serta memberikan bantuan dalam menuntaskan persoalan belajar, kemudian 2) TPA pelaksanaan kegiatan TPA yang kami lakukan adalah mengajarkan membaca IQRO dan Al-Qur’an kepada anak-anak dusun serta membuat festival perlombaan .</p> Rafi Pradipa, Muhammad Hamsah, Toto Hermawan, Nurchamidah Copyright (c) 2023 Rafi Pradipa, Muhammad Hamsah, Toto Hermawan, Nurchamidah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/535 Wed, 06 Dec 2023 00:00:00 +0000 Rekonstruksi Pendidikan Pesantren: Telaah Konsep Tarbiyah Ulul Albab Pemikiran Imam Suprayogo https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/516 <p>Konsep <em>tarbiyah ulul albab</em> menjadi alternatif dalam melakukan integrasi keilmuan karena didalam penerapannya, Imam Suprayogo memadukan antara dunia pesantren dengan dunia umum. Hebatnya lagi konsep ini tidak semata di gunakan pada dunia perkuliah semata, banyak lembaga lain juga meniru hal ini baik itu SDIT, SMPIT, SMAIT, Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Permasalahannya sekarang maraknya kasus pencabulan, pelecehan, dan kasus kekerasan seksual lainnya dilingkungan pesantren. Karena itu perlu adanya rekonstruksi dalam dunia pesantren guna menerapkan konsep ini dan membawa dunia pendidikan islam lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang terjadi didunia pesantren dan solusi apa yang di tawarkan. Metode yang digunakana adalah metode penelitian kualitatif dengan desain <em>Library Research</em>. Teknik pengumpulan data dengan mencari sumber-sumber yang relavan baik itu buku-buku ataupun jurnal yang berputasi nasional. Sedangakan untuk analisisnya menggunakanan analisis isi (<em>analysis contenc). </em>Hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan yang banyak terjadi dalam dunia penesantren sekarang ini maraknya kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh guru/ustad nya sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, penulis menawarkan solusi&nbsp; berupa pertama; adanya aturan khusus dalam mendirikan sebuah pesantren dengan regulasi yang jelas, kedua; pengawasan dan evaluasi berkala oleh badan yang berwenang setiap bulannya. Dengan begitu konsep ini akan bisa dilaksanakan dengan baik</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Pendidikan Pesantren, Konsep <em>Tarbiyah Ulul Albab</em></p> Asep Wijaya Copyright (c) 2023 Asep Wijaya https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/516 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0000 Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kayen https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/550 <p>Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengevaluasi program yang terdiri dari aspek context, input, process, dan product program pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, manfaat penelitian agar dapat mengetahui memahahi dan mengimplementasikan tentang evaluasi program pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Yogyakarta, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yaitu aspek context dikatakan baik, program sudah sesuai dengan kebutuhan. Aspek input dikatakan baik, sarana dan prasarana untuk menunjang program sudah disediakan, perencanaan sudah dilakukan sekolah dan anggaran dana disesuaikan dengan kebutuhan program. Aspek proses dikatakan cukup baik, karena kegiatan program telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pengelola dan pelaksana program. Aspek product kurang baik, karena tujuan belum tercapai secara maksimal, terlihat dari jumlah siswa yang mengikuti program ekstrakurikuler kelas V Tahun Ajaran 2020 yang bisa membaca Al-Qur’an hanya 11 dari 58 peserta didik</p> Hendra Purwanto, Hadi Suprapto, Nurmahmudi Ismail, Nurfitriya, Muhammad Andi Syafruddin Copyright (c) 2023 Hendra Purwanto, Hadi Suprapto, Nurmahmudi Ismail, Nurfitriya, Muhammad Andi Syafruddin https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/550 Sat, 09 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/553 <p>Pembelajaran sejarah kebudayaan islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/hikmah (pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, IPTEK dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 3 SMA Ma’arif NU Pandaan dengan menerapkan media pembelajaran web wordwall. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart ini memiliki beberapa dalam siklus ini memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, Tindakan, pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian menemukan bahwa media web wordwall dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.</p> Wiwit Aprilia, M. Jamhuri, Achmad Yusuf, Muhammad Nur Hadi Copyright (c) 2023 Wiwit Aprilia, M. Jamhuri, Achmad Yusuf, Muhammad Nur Hadi https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/553 Tue, 12 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Konsep “Kampus Merdeka” dalam Critical Pedagogy Perspektif Paulo Freire https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/567 <p>Fokus kajian ini merupakan analisis konsep kampus merdeka dalam critical pedagogy perspektif Paulo Freire. Kampus merdeka yang diberlakukan oleh Nadiem Anwar Makarim dengan program utama yaitu; kemudahan pembukaan program studi baru, perubahan sistem akreditas, kemudahan perguruan tinggi negeri menjadi perguruan tinggu negeri berbadan hukum dan hak belajar semester sebagai bagian dari program untuk menjawab tantangan industrialisasi atau revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan dan kerja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Adanya korelasi konsep kampus merdeka dengan konsep critical pedagogy Paulo Freire. Yaitu, pada program memberikan hak belajar tiga semester lintas prodi atau lintas universitas, dalam analisis critical pedagogy upaya program itu mengarahkan mahasiswa tidak terjebak pada hal-hal teoritis, menuntut kapasitas lintas keilmuan sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkonstribusi dalam memajukan bangsa dan Negara. Kedua, Analisis critical pedagogy pada pendidikan di Indonesia mengalami problem lingkaran setan yang susah mencari benang merahnya dalam menyelesaikannya. Problem mendasar dari pendidikan di Indonesia sebenarnya mengalami kenaikan biaya yang setiap tahunnya, sehingga masyarakat menenggah ke bawah mengalami putus sekolah, tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, selain itu pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam, dan mental korup para petinggi menjadikan problem pendidikan di Indonesia mengalami kompleks dan sistematis. Jika, problem ini tidak disentuh, sistem apa pun yang diterapkan dalam pendidikan di Indonesia dalam analisis critical pedagogy hanya akan menjadi sebuah narasi belaka. Sebab, Paulo Freire dalam critical pedagogynya mengarahkan pada pendidikan sebagai alat untuk mengeluarkan manusia dari fanatisme di berbagai sektor, dan menekankan pentingnya kemanusiaan.</p> Fikri Haikal, Sutrisno, Rahmadin Munauwarah, Muhammad Isa Anshori Copyright (c) 2023 Fikri Haikal, Sutrisno, Rahmadin Munauwarah, Muhammad Isa Anshori https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/567 Tue, 12 Dec 2023 00:00:00 +0000 Authentic Assessment dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/568 <p>Kemampuan evaluasi merupakan suatu tanggung jawab guru terhadap proses pembelajaran. Penilaian ini dapat mendeskripsikan bagaimana tingkat pencapaian terhadap hasil belajar peserta didik. Mengobservasi, memahami, menerapkan, menganalisis dan lain sebagainya. Penilaian otentik dapat disebut dengan penilaian responsive yakni penilaian yang dapat digunakan untuk melihat dan menilai proses sekaligus hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan <em>library research</em> (penelitian pustaka) dengan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data. Hasil dari penelitian ini ialah penilaian pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dengan menggunakan penilaian otentik dapat dirinci sebagai berikut: <em>Pertama</em>, penilaian aspek kognitif terdiri dari penilaian tertulis, penilaian lisan dan penugasan seperti mini riset, dan proyek. Penilaian-penilaian tersebut digunakan untuk menilai aspek kognitif peserta didik dengan alasan bahwa penilaian tersebut berupaya untuk mendorong siswa untuk memahami, mengingat, mengklasifikasikan, mengimplementasi, menganalisis, mensintesiskan, mengevaluasi dan lain sebagainya terhadap materi yang sudah dipelajarinya. <em>Kedua</em>, penilaian afektif atau sikap terdiri dari penilaian observasi oleh pendidik, penilaian diri, penilaian antar teman. Penilaian-penilaian tersebut digunakan untuk menilai aspek afektif peserta didik dengan alasan bahwa penilaian tersebut berupaya untuk menilai atau memperoleh informasi mengenai sikap-sikap yang dilakukan sebagai manifestasi pembelajaran yang telah diperoleh. <em>Ketiga</em>, Penilaian psikomotorik atau keterampilan yaitu terdiri dari penilaian proyek, penilaian portfolio, penilaian kinerja, bercerita, dan menulis. Penilaian-penilaian tersebut digunakan untuk menilai aspek kognitif peserta didik dengan alasan bahwa penilaian tersebut berupaya untuk mendorong siswa untuk mendemonstrasikan materi tertentu yang tujuannya peserta didik mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasainya.</p> Rika Amalia Copyright (c) 2023 Rika Amalia https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/568 Tue, 12 Dec 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Teori Behaviorisme Thorndike Dalam Teknologi Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran IPS Di MTsN Gowa https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/596 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori behaviorisme Thorndike dalam pemanfaatan teknologi pendidikan di pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial kelas VIII MTs Negeri Gowa. MTs Negeri Gowa adalah salah satu madrasah yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis digital di Sulawesi Selatan. Penelitian yang akan membahas mengenai salah satu teori belajar yang dikaitkan dengan teknologi kemudian dilihat aplikasinya di salah satu madrasah ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Data yang diperoleh untuk menggali informasi terkait judul yang dibahas diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat diketahui bahwa penggunaan teori behaviorisme Thorndike dengan memanfaatkan teknologi pendidikan yang semakin berkembang memudahkan pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri Gowa. Menggunakan aplikasi Insprin Suite, guru tidak harus menjelaskan berulang di dalam kelas dan sebaliknya peserta didik dapat mengulang materi kapanpun karena dapat diakses secara fleksible. Penggunaan teknologi ini juga meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p> Karunia Hazyimara, Wenty Septria Darma Suwarni Copyright (c) 2023 Karunia Hazyimara, Wenty Septria Darma Suwarni https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/596 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/613 <p>Pendidikan Islam adalah sebuah bidang penting dalam pembentukan individu Muslim yang beradab dan berkualitas. Salah satu tokoh pemikir yang memberikan kontribusi signifikan dalam bidang ini adalah Harun Nasution. Pemikiran Harun Nasution mengenai pendidikan Islam menunjukkan pendekatan yang seimbang antara aspek religius dan rasional. penelitian ini menggunakan jenis penelitian (literature rivew) dengan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta yang ditemukan, kemudian diolah dan dianalisis sesuai prosedur yang ada. Sumber data primer yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari buku mengenai pemikiran-pemikiran harun nasution dan buku Harun nasution ditinjau dari berbagai aspek. Hasil dari penelitian yaitu Harun Nasution telah melakukan pengembangan berbagai program dengan tujuan mencapai hal tersebut secara keseluruhan. Salah satunya yakni melalui perubahan dalam sistem pendidikan dan pengajaran. Pada awalnya, fokus utama sistem tersebut yakni pada proses hapalan, tetapi sekarang telah digantikan oleh sistem diskusi dan seminar yang mendorong adanya dialog. Tujuan dari perubahan ini yakni untuk membangkitkan sikap kritis dan terbuka terhadap berbagai pemikiran dan pendapat orang lain. Dengan demikian, kebebasan berpikir dan menyatakan pendapat bagi mahasiswa tetap berlaku hingga saat ini.</p> Fuji Awaliah, Maragustam Siregar Copyright (c) 2023 Fuji Awaliah, Maragustam Siregar https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/613 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 Perbandingan Paradigma Epistemologi: Sumber Pengetahuan Perspektif Islam Dan Barat https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/598 <p>Keberadaan ilmu pengetahuan dan manusia merupakan perwujudan bersama dalam kehidupan yakni dilandasi dari rasa keingintahuan manusia itu sendiri terhadap seluruh hal yang tersedia di semesta ini. Hadirnya epistemologi sebagai bagian dari cabang ilmu filsafat dikhususkan pada sumber dan metode pengetahuan, dalam dunia Islam dan barat ternyata memiliki perbedaan yang mencolok dalam epistemologi sumber dan metode terhadap ilmu pengetahuan. Riset ini bertujuan untuk menggali apa saja sumber dan metode pengetahuan dalam perspektif Islam dan Barat serta mengungkapkan perbedaannya. Metode penelitian yang diterapkan termasuk pada qualitative research melalui kajian pustaka (literature study). Teknik analisis data menggunakan descriptive causal terhadap data yang terhimpun. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sumber pengetahuan barat berfokus pada rasionalitas dan empirisme dengan metode silogisme yang merujuk Aristoteles through’s, sedangkan Islam merujuk pada dalil naqli (al-Qur’an dan hadis) serta dalil ‘aqli (hati, rasio, dan empiris atau hissī) melalui metode induksi dan deduksi.</p> Muhammad Hafizh, Sarah Dina, Widia Astuti, Nur Wahyu Ningsih Copyright (c) 2023 Muhammad Hafizh, Sarah Dina, Widia Astuti, Nur Wahyu Ningsih https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/598 Mon, 11 Dec 2023 00:00:00 +0000 Resiliensi Akademik Dalam Perspektif Psikologi Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/588 <p>Tujuan Penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana resiliensi akademik dalam perspektif psikologi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research). Data dikumpulkan dari literatur-literatur yang sesuai dengan fokus pembahasan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah dengan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data yang digunakan, yaitu derajat keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam dan psikologi memiliki rumusan tentang aspek, dimensi, dan bentuk pemaafan yang memiliki banyak kemiripan. Perbedaan secara signifikan terletak pada muatan spiritual yang sangat kental dalam konsep Islam. Terdapat beberapa komponen resiliensi dalam perspektif psikologi Islam, antara lain: 1) regulasi emosi, 2) pengendalian hasrat atau keinginan, 3) optimisme, 4) empati, 5) efikasi diri, dan 6) mencapai positif atau mengambil pelajaran. Sedangkan metode meningkatkan resiliensi ini dengan tiga cara dan tahap, yang dikaitkan untuk meningkatkan kualitas diri dalam dunia tasawuf, yaitu takhalli, tahalli dan tajalli.</p> Nur Faizi, Ichsan Copyright (c) 2023 Nur Faizi, Ichsan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/588 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pelaksanaan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Berbasis Daring dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di SD Negeri Sukapura II Rawamerta Karawang https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/635 <p>Berhasilnya tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh faktor ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup dan memadai. Pandemi Covid-19 menjadikan permasalahan pada dunia pendidikan yaitu metode pembelajaran yang berubah dan harus dijalankan secara online atau daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana di masa pandemi dalam meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan ilmu kepada lembaga sekolah umumnya terkait pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas belajar. Adapun metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Penelitian ini berlokasi di SD Sukapura II Rawamerta Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang berjalannya proses pembelajaran dengan teknologi (smart phone) dan memanfaatkan aplikasi seperti grup whatsapp, google classroom. Di lembaga pendidikan SDN Sukapura II ini banyak peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar yaitu jaringan internet yang kurang bagus, dan sebagian peserta didik ada yang tidak mempunyai smart phone, minimnya orang tua dan peserta didik dalam pengetahuan teknologi, pada saat penularan covid-19 sudah mereda pemerintah mengeluarkan kebijakan baru diperbolehkannya luring atau pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi dan menyediakan sarana prasarana sesuai dengan standar protokol kesehatan, seperti SDN Sukapura II menyediakan wastafel, handsanitizer di setiap ruangan kelas, pengecekan suhu di depan gerbang sekolah.</p> Ervina Sari, Oyoh Bariyah, M Makbul Copyright (c) 2023 Ervina Sari, Oyoh Bariyah, M Makbul https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/635 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0000 Management of Home Visits in the Implementation of Counseling Support Activities in High Schools in Indonesia https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/701 <p>High school students cannot be separated from problems and problems due to the demands of an increasingly complex era. Counseling guidance is present in helping students to overcome individual problems. The implementation of services from counseling guidance requires a management function so that the implementation of services becomes systematic. One of the supporting activity services in counseling guidance that needs a management function is home visits, home visits involve several parties in their implementation so that planning and organization is needed before implementation so that there are no problems with related parties. The research method in this study was descriptive qualitative with the research location being SMA Negeri 10 Medan. Data collection was carried out by participant observation, interviews and document analysis. The results of this study revealed that the counseling teacher had carried out home visits but specifically there were several aspects that the counseling teacher had to pay attention to in carrying out home visits for students.</p> Salsabila Nasution, Firman, Neviyarni; Muhammad Asyraf Bin Che Amat Copyright (c) 2023 Salsabila Nasution, Firman, neviyarni; Muhammad Asyraf Bin Che Amat https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/701 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0000 Studi Kritik Pemikiran John Wansbrough terhadap Al-Qur’an, Kenabian Muhammad dan Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/716 <p>Tak sedikit, untuk tidak mengatakan banyak, Orientalis Barat dari generasi ke generasi mengasumsikan bahwa al-Qur’an bukan firman Tuhan, melainkan karangan Muhammad. Salah satunya adalah John Wansbrough yang berpendapat bahwa al-Qur’an merupakan konsep yang disusun sebagai teologi Islam tentang kenabian. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan pandangan John Wansbrough mengenai otentisitas al-Qur’an. Permasalahan pada tulisan ini ialah gugatan Wansbrough yang mengatakan al-Qur’an merupakan karangan Muhammad. Sebagai usaha untuk menjawab permasalahan, peneliti menggunakan metode deskripsi-analitik. Hasilnya adalah terungkapnya pemikiran kritis seorang orientalis dalam mengkaji al-Qur’an, ia mengkaji tentang historisitas al-Qur’an bahwa kisah yang termuat dalam al-Qur’an dianggap merupakan duplikat dari kisah yang ada dalam bible. Menurut Wansbrough, al-Qur’an sebagai wahyu yang diturunkan Tuhan kepada nabi Muhammad saw adalah kepanjangan dari kitab Taurat. Masih banyak lagi hasil dari pemikiran seorang John Wonsbrough yang mengundang respon pro dan kontra di kalangan outsider dan insider. Setidaknya kajian ini layak untuk membangkitkan minat umat Islam terhadap kajian al- Qur’an yang lebih mendalam lagi.</p> Zaenudin, Alam Tarlam Copyright (c) 2023 Zaenudin, Alam Tarlam https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/716 Thu, 21 Dec 2023 00:00:00 +0000 Assessment As, For, dan Of Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah Atas https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/597 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan bentuk pengembangan asesmen PAI dari ketiga pendekatan penilaian di Sekolah Menengah Atas. Masih adanya penilaian konvensional, kemampuan guru PAI yang monoton dalam melakukan asesmen, serta kurangnya kesadaran guru terkait tujuan pembelajaran PAI. Dalam konteks ini, penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran, sedangkan pada kurikulum saat ini asesmen dilakukan secara komprehensif menggunakan 3 pendekatan yaitu Assessment of Learning (AoL), Assessment as Learning (AaL), dan Assessment for Learning (AfL). Metode penelitian berupa penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan AoL disebut sebagai penilaian sumatif yang berbentuk PTS, PAS, USek. Materi PAI di tingkat menengah atas yaitu al Qur’an, aqidah, ahlaq, fiqh/ibadah, dan Tarikh. AfL di SMA berorientasi pada kemampuan mempraktekkan ajaran agama seperti praktek haji, praktek menghitung zakat, praktek mengurus jenazah, hingga praktek menghitung harta waris. AaL disebut sebagai penilaian formatif PAI di SMA berkaitan dengan penilaian sikap, bakat, minat, nilai-nilai serta penghargaan. AaL terletak pada cara penilaian yang mana peserta didik ikut berpartisipasi dalam penilaian mulai dari prosedur, kriteria, hingga pembuatan pedoman atau rubrik seperti Self Assessment (Penilaian Diri), Peer Assessment (Penilaian Antar Teman).</p> Amalia Nurlitasari, Tasman Hamami Copyright (c) 2023 Amalia Nurlitasari, Tasman Hamami https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/597 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Problematika dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/622 <p>Menghafal Al-Qur’an bukan hanya sekedar menambah hafalan, tetapi bagaimana manjaga hafalan yang sudah dihafalkan. Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar adalah salah satu perguruan tinggi Islam menyelenggarakan tahfihz al-Qur’an sebagai muatan yang tertuang dalam kurikulum dan semua mahasiswa diharuskan untuk menghafal Al-Qur’an sebagai ciri khasnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui Problematika Dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar. Jenis penelitian adalah kajian lapangan, dengan menggunakan metode (field research) dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa problematika Dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa adalah , beberapa mahasiswa tidak menggunakan metode yang tepat, merasa malas dalam mengulang-ulang hafalan, kurangnya muraja’ah,. Untuk mengatasi problematika tersebut tentu terdapat solusi atau jalan keluar untuk mengatasi problematika tersebut, seperti memotivasi para santri, mengajarkan metode yang tepat, dan memberikan nasehat yang baik.</p> Rizky Pratama Putra, Meti Fatimah Copyright (c) 2023 Rizky Pratama Putra, Meti Fatimah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/622 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Masyarakat Multikultural dalam Mindset dan Perilaku Studi Kasus : Mahasiswa Program Doktoral PAI IAIN SNJ Cirebon Angkatan 7 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/728 <p><em>Keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kuat dibangun dari toleransi yang tinggi antar sesama anak bangsa. Indonesia dengan keberagaman suku bangsa agama ras dan golongan tentu memiliki tantangan untuk selalu bisa menjaga kebhinekaan dalam persatuan, maka masyarakat yang sadar akan multikultural baik dalam pola pikir maupun perilaku dibutuhkan dalam mengokohkan tali persaudaraan dalam berbangsa dan bernegara. Tokoh masyarakat dan para cendikia diyakini memiliki pengaruh yang besar terhadap terciptanya masyarakat multikultural. Penulis secara subyektif ingin menilai tingkat multikultural baik dari segi maindset maupun behavior pada para mahasiswa program doktoral PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan 7 tahun 2022 yang dianggap sebagai kaum cendikia dan berpengaruh dilingkungan masing-masing.&nbsp; Metode penelitian yang kami pilih adalah kualitatif diskriftif dengan tehnik wawancara mendalam nonformal dan observatif untuk mencari indikator-indikator tingkat multikultural tersebut. Hasil analisanya menunjukkan tingkat multikultural mahasiswa program doktoral PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan 7 tahun 2022 berada dalam level baik, sehingga memungkinkan masyarakat di lingkungannya juga terbangun sikap multikultural yang baik</em></p> Sufyan, Jamali, Siti Fatimah Copyright (c) 2023 Sufyan, Jamali, Siti Fatimah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/728 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Kebijakan dan Kepemimpinan Transformatif di Madrasah Terhadap Isu Pendidikan Inklusif https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/640 <p>Menurut UUD Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 menjalaskan bahwa negara berkewajiban untuk memberikan pelayanan dan jaminan pendidikan kepada setiap elemen masyarakat, terlebih bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) mempunyai hak yang sama dengan anak reguler lainnya dalam menempuh pendidikan, tentunya hal ini mesti didukung dengan melalui sebuah kebijakan kepemimpinan transformatif di lembaga pendidikan khususnya di madrasah. Pendidikan inklusi senantiasa dikemas dengan tahapan-tahapan yang khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis dengan jenis penelitian kepustakaan (<em>study literature</em>). Data penelitian terdiri dari dua data utama yakni data primer dan data sekunder, data primer penelitian ini adalah berupa buku-buku yang memuat tentang pendidikan inklusif, sedangkan data sekunder penelitian ini berupa artikel, jurnal, peraturan pemerintah, karya ilmiah, dan sumber lainnya yang berkaitan dengan kajian penelitian saat ini. adapun teknis teknis analisis data menggunaka beberapa langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. mengetahui konsep kajian kebijakan kepemimpinan pendidikan, 2. memahami esensi pendidikan inklusi, dan 3). Penerapan kebijakan dan kepemimpinan pendidikan terhadap hadirnya isu pendidikan inklusi di Madrasah.</p> Dwinanda Suluh Phangesti, Suwadi Copyright (c) 2023 Dwinanda Suluh Phangesti, Suwadi https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/640 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Internalisasi PAI dalam Menanamkan Nilai Tanggung Jawab dan Religiusitas Siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang Th.2022/2023. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/638 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan&nbsp; internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab dan religiusitas siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa dapat diwujudkan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya tanggung jawab melalui pengarahan dari Madrasah, melalui kegiatan belajar mengajar, melatih siswa agar bertanggung jawab, dan memberikan Tindakan bagi siswa yang tidak menerminkan seorang yang bertanggung jawab. Dan internalisasi Pendidikan agama islam dalam menanamkan religiusitas dapat diwujudkan dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penting sikap religius, melatih bersikap religus, dan memerikan penghargaan dan hukuman sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi belajar Sebagian siswa yang rendah, asal daerah siswa yang berbeda, sumber daya manusia yang kuran memadai dan kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh Sebagian siswa.</p> Maksur, Setia Rini Copyright (c) 2023 Maksur, Setia Rini https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/638 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Nasihat Menuntut Ilmu Perspektif Imam Syafií dan Relevansinya di Zaman Sekarang https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/614 <p>Salah satu prinsip pendidikan Imam Syafi'i adalah nasihat untuk menuntut ilmu dalam kitabnya <em>Diwan Imam Ash-Syafi'i,</em> di mana ia menyatakan, "Saudaraku, kamu tidak akan mendapatkan ilmu kecuali kamu memenuhi enam syarat." Saya akan membahasnya secara detail: kecerdasan, kemauan, keseriusan/kesungguhan, bekal, persahabatan dengan guru, dan waktu yang lama”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang nasehat Imam Syafi'i dalam menuntut ilmu dan apa maknanya bagi kehidupan perjalanan penuntut ilmu saat ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa himbauan Imam Syafi'i untuk mencari ilmu masih sangat relevan hingga saat ini dan dapat dijadikan pedoman bagi penuntut ilmu, mulai dari kecerdasan, semangat/motivasi, keikhlasan, kemauan mengeluarkan uang/modal, kemauan untuk dibimbing, dan kemauan. untuk mencari ilmu pengetahuan yang diperoleh selama periode waktu yang cukup lama merupakan modal yang harus ditanamkan dalam diri penuntut ilmu pengetahuan. Jenis penelitian ini menggunakan Library Research (kajian pustaka), di mana penulis mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan kajian literatur. Sumber utama penelitian ini meliputi publikasi ilmiah penting, serta buku, artikel jurnal, dan tulisan yang terkait lainnya.</p> Ismail Marzuki Hasibuan, Mulia Sari, Nur Widad Mazaya, Ma'ruf Syifa'udin, Nur Cholid Copyright (c) 2023 Ismail Marzuki Hasibuan, Mulia Sari, Nur Widad Mazaya, Ma'ruf Syifa'udin, Nur Cholid https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/614 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri Sukapura 2 Rawamerta Karawang https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/630 <p>Pembelajaran produktif dengan acuan Kurikulum 2013 bisa dikatakan efektif apabila memenuhi kaidah-kaidah pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dan memenuhi kualifikasi pembelajaran efektif sesuai dengan standar proses yang ditetapkan pemerintah disertai dengan pendapat para ahli pembelajaran tentang efektivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui cara pengimplemetasian pelaksanaan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 di SDN Sukapura 2, untuk Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajaran. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Cara pengimplementasian kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di SDN Sukapura 2 yaitu dengan guru memerintahkan siswa untuk berdoa lalu mengabsen, selanjutnya sumber belajar siswa yang di gunakan adalah buku paket sedangkan sumber belajar guru yang digunakan adalah buku paket dan internet yang mendukung materi belajar, untuk penutupan proses pembelajaran guru akan mereview dari awal materi pembelajaran selanjutnya melakukan penilaian (evaluasi). 2). peda pengimplemensian kurikulum 2013 di SDN Sukapura ini hambatan yang alami para guru yaitu penerapannya yang harus di dukung dengan media pembelajaran dan sarana prasarana di sekolah yang masih terbatas. 3). Efektivitas kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SDN Sukapura 2 sudah efektif karena siswa sudah mulai mengalami kemajuan dalam pembelajaran, sikap dan juga keterampilan, karena rata-rata nilai prestasi belajar siswa sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah.</p> Wina Nengsih, Oyoh Bariyah, M Makbul Copyright (c) 2023 Wina Nengsih, Oyoh Bariyah, M Makbul https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/630 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implikasi Self Efficacy Albert Bandura Dalam Pendidikan Agama Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/618 <p><em>Self efficacy</em> akan membantu seseorang membuat pilihan dan upaya untuk maju, ketekunan dan kegigihan yang ditunjukkan dalam memecahkan masalah, dan tingkat ketenangan atau kecemasan yang dialami ketika menyelesaikan tugas dalam hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi <em>self efficacy </em>dalam Pendidikan Agama Islam, baik itu <em>self efficacy</em> yang dimiliki oleh guru maupun siswa. Metode yang digunaka dlaam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian kepustakaan (library research), teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu teknik dokumentasi, dengan mengumpulkan buku atau artikel yang berkeitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (<em>content analysis</em>). Hasil penelitian yaitu guru yang memiliki <em>self efficacy</em> yang tinggi akan mempunyai keyakinan untuk melakukan tugasnya sebagai guru dalam mengembangkan kemampuan siswa dengan berbagai cara yang dimiliki guru tersebut pada proses pembelajaran. Tingginya efikasi diri membuat guru semakin kereatif dan pawai dalam mengembangan strategi pembelajajran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. <em>Self</em><em> </em><em>efficacy</em> yang dimiliki siswa membantu mereka membuat keputusan dan berusaha untuk maju, mendapatkan tekad dan ketekunan, yang tercermin dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan, dan kemampuan untuk mengendalikan tingkat kecemasan dengan lebih baik saat dihadapkan dengan kesulitan. <em>Self efficacy</em> yang kuat mendorong siswa untuk tetap tenang dan mencari solusi serta intospeksi pada kekurangannya sendiri.</p> Novita Hidayanti Copyright (c) 2023 Novita Hidayanti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/618 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Multiple Intelegence Di Sekolah Dasar https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/547 <p>Dalam penelitian ini, peneliti ingin memfokuskan terhadap guru tentang persiapan menggunakan metode saintifik berbasis multiple intelegence pada mata pelajaran PAI, pelaksanaan metode saintifik, serta evaluasi pembelajaran metode saintifik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, disebut juga dengan metode naturalistik karena penelitiannya yang ilmiah. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebelum menyampaikan materi, langkah awal guru menyiapkan rancangan pembelajaran dan mengkaji karakter siswa yang akan diampunya. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan, guru mengulas pembelajaran yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya bertujuan untuk mengaitkan kembali materi yang dibahas. Langkah selanjutnya guru menyampaikan materi pembelajaran yang telah dipersiapkan. Tahap yang terakhir penilaian, dalam hal ini tidak hanya menilai dalam materi pembelajaran tetapi siswa juga dinilai dari keaktifan di luar pelajaran.</p> A. Badaruddin, Andi Prastowo Copyright (c) 2023 A. Badaruddin, Andi Prastowo https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/547 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Tasawuf Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 7 Sawangan Depok https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/557 <p>Di masa globalisasi seperti sekarang ini ternyata ada problematika yang fatal dimana terkikisnya nilai-nilai etika dan moral di berbaqgai generasi, terutama para remaja kita, Dikalangan remaja banyak pergaulan bebas, tawuan, kekerasan, dan berbagai kerusuhan, dikalangan dewasa perilaku kehidupan yang menyimpang sperti kejahatan korupsi, kolusi dan nepotisme , paradigma materialis dan hedonis sangat terasa pada generasi umat pada saat ini, sehingga tidak berlebihan jika saat ini banyak tokoh ulama kita yang mengatakan bahwa saat ini terjadi krisis multi dimensi. Oleh karena masyarakat kita adalah muslim, maka ini adalah merupakan tanda-tanda kegagalan pada pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai tasawuf (akhlaq), menjauhkan para remaja dari paradigm materialism hedonis. Metode penelitian kualitatif bercorak study pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research), sumber data dari naskah dokumen dan data lapangan. Lokasi penelitian adalah SMA Muhammadiyah 7 Sawangan, Depok. “Tasawuf Modern” karya Buya Hamka merupakan sumber data utama pada penelitian ini.. Sudah bukan rahasia lagi bahwa masalah pendidikan agama Islam pada hampir setiap sekolah (negeri) adalah sangat kurang dalam segalanya, kurang waktunya, kualitas pembinaannya dan sarananya, Untuk itu hperlu reorientasi pendidikan kearah holistik. Rohis dengan kegiatan ektrakurikuler tasawuf sebagai salah satu solusi. Sehingga tercipta integrasi dimensi ketaatan vertkal kepada Allah dan tercipta dimensi dialektikal horizontal kepada sesame. Diharapkan siswa-siswa kelak menjadi orang yan mempunyai “karakter religius” yang tertermin dalam sikap kehidupannya diantaranya : 1).kekhusu’an komunikasi dengan Allah, 2) ketaatan dalam beragama, 3) keikhlasan, 4) selalu dalam kebaikan, 5) mencintai sesama manusia saleh dan berakhlakul karimah.</p> Supradijono, Akhmad Alim, Hasbi Indra Copyright (c) 2023 Supradijono, Akhmad Alim, Hasbi Indra https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/557 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0000 Faktor Pendidikan Spiritualitas Dan Sosial Dalam Mempromosikan Wirausaha https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/540 <p>Globalisasi merupakan salah satu dampak dari kemajuan teknologi yang meningkat pesat seiring dengan perkembangan komunikasi dan teknologi dari waktu ke waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan penelitian yang bersifat library research. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pada apa saja yang menjadi faktor-faktor pendidikan spritualitas, dan sosial dalam mempromosikan pada wirausaha. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa spritualitas, serta sikap sosial itu memiliki peranan dalam membentuk sikap kewiraushaan yang meliputi pada hidup, etika, integritas, empati, rasa syukur, dan ketekunan. Faktor-faktor inilah yang dapat memengaruhi sikap seorang wirausaha dalam berbisnis, seperti orientasi jangka panjang, pemikiran holistik, dan rasa tanggung jawab sosial.</p> Siti Badrotil Khasanah, Subiyantoro Copyright (c) 2023 Siti Badrotil Khasanah, Subiyantoro https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/540 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0000 Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/666 <p>Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kurikulum pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research), yaitu dengan mengkaji berbagai sumber data dari berbagai buku atau jurnal yang masih berkaitan dengan tema pembahasan dalam penulisan ini. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia melalui empat fase yaitu pra kemerdekaan, masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi saat ini. Adapun dengan rincian sebagai berikut : masa pra kemerdekaan masih dipengaruhi oleh kolonialisme secara keseluruhan, kemudian masa orde lama terbagi menjadi 3 yaitu kurikulum 1947, kurikulum 1984 dan kurikulum 1994, selanjutnya masa orde baru terbagi menjadi 4 yaitu kurikulum 1968, kurikulum 1975, kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 dan yang terakhir masa reformasi hingga saat ini terbagi menjadi 4 yaitu kurikulum 2004 (KBK), kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.</p> Khoirunnisaa Sholihah Luthfi Alya’ Copyright (c) 2023 Khoirunnisaa Sholihah Luthfi Alya’ https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/666 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pendidikan Jasadiyah Dalam Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/623 <p>Menurut Ibnu Sina, tujuan pendidikan harus diarahkan kepada perkembangan potensi manusia secara sempurna yaitu fisik, intelektual dan budi pekerti. jika manusia memiliki intelektual yang kuat dan hati yang baik, untuk mewujudkan kesemprnaan sebagai kholifah di bumi, maka manusia perlu memiliki jasad ataupun fisik yang sehat dan kuat serta mental yang baik. Oleh karenanya mengkaji pendidikan jasadiyah dalam islam adalah salah satu solusi dalam menjadikan peserta didik menjadi insan kamil atau manusia seutuhnya. Jenis penelitian ini adalah jenis dalam penelitian kualitatif dengan bersifat library research dan menganalisanya dengan deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan jasadiyah yang ada dalam islam meliputi: Mengikuti aturan-aturan kesehatan makan dan minum, Membentengi diri dari penyakit menular, Mengobati penyakit, Menerapkan Prinsip tidak boleh membahayakan diri sendiri dan orang lain, Membiasakan anak gemar berolahraga dan menaiki tunggangan, Membiasakan anak untuk zuhud dan tidak larut dalam kenikmatan, Menanamkan Karakter Bersungguh-sungguh dan perwira.</p> M. Ainul Yaqin, Muthoifin, Syamsul Hidayat, Muh Nur Rochim Maksum Copyright (c) 2023 M. Ainul Yaqin, Muthoifin, Syamsul Hidayat, Muh Nur Rochim Maksum https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/623 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kritis Relevansi Fungsi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Modern https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/583 <p>Sebagaimana mestinya mata pelajaran yang lainnya, Pendidikan agama Islam juga mempunyai peran penting dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan mempunyai pengentahuan agama yang mumpuni untuk dapat melanjutkan kehidupannya sebagai makluk social, tentunya dengan tugas yang sangat berat itu Pendidikan agama Islam mempunya Kurikulum yang berfungsi sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan pembelajaran dalam Pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library Research dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data dari buku-buku, jurna ilmiah, dan lain sebagainya yang relevan dengan pembahasan ini. Hasil yang didapatkan dalam pembahasan ini adalah kurikulum Pendidikan agama Islam mempunyai fungsi yang sangat banyak dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan agama Islam, bahkan fungsi yang dimiliki kurikulum Pendidikan Agama Islam melebihi fungsi yang ada pada kurikurum Pendidikan yang lainnya.</p> Freddy Hermansyah Lbs Copyright (c) 2023 Freddy Hermansyah Lbs https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/583 Tue, 26 Dec 2023 00:00:00 +0000 Studi Komparasi Tentang Setȃn Menurut Penafsiran Buya Hamka Dan Penafsiran Asy-Sya’rawi https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/829 <p>Setân merupakan musuh manusia, sebagaimana Allah ingatkan dalam al-Qur’an surah Fathir ayat 6 yang artinya Sesungguhnya setân bagi kalian wahai manusia adalah musuh abadi, maka jadikanlah ia sebagai musuh kalian dengan terus menerus melawannya, salah satu ayat utama tentang tipu daya setân tersebutlah dalam surah Ibrahim ayat 22. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna serta perbedaan dan persamaan penafsiran tentang setân dalam surah Ibrahim ayat 22 menurut Buya Hamka dan Syaikh asy-Sya’rawi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Sumber primer yang digunakan ialah Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dan Tafsir asy-Sya’rawi karya Syaikh Muhammad Mutawalli Asy-Sya’rawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparasi, yaitu membandingkan penafsiran Buya Hamka dengan Syaikh Asy-Sya’rawi tentang setân Dalam Surah Ibrahim Ayat 22. Penafsiran tentang setân didalam surah Ibrahim ayat 22 menurut kitab tafsir Al-Azhar dan tafsir Asy Sya’rawi yaitu sifat suatu makhluk dalam hal ini ialah jin dan manusia, yang durhaka kepada Allah serta mengajak makhluk lainnya mendurhakai Allah, mereka inilah disebut setân. Diantara perbedaan penafsiran tentang setân dalam surah Ibrahim ayat 22 dari kedua mufasir tersebut yaitu makna kalimat maa ana bimusrighikum wamaa antum bisurighi. Sedangkan persamaannya yaitu dari metode keduanya dalam menafsirkan al-Qur’an yaitu mengumpulkan beberapa ayat yang saling berkaitan dengan tema yang dibahas. Persamaan lainya yaitu penafsiran makna kalimat asy-syaithan, dan lamma qudiya amr.</p> Wakhidia Rahmatu A, Muh. Nur Rochim Maksum, Syamsul Hidayat Copyright (c) 2023 Wakhidia Rahmatu A, Muh. Nur Rochim Maksum, Syamsul Hidayat https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/829 Tue, 26 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Tata Kelola Lembaga, Suport Pimpinan Dan Hubungan Sosial Terhadap Kinerja Guru Di MAN 1 Lamongan https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/668 <p>Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh tata kelola lembaga, support pimpinan dan hubungan sosial terhadap kinerja guru di MAN 1 Lamongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan pada hasil survey yang dilakukan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan angket. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan kuisioner tentang pengaruh tata kelola lembaga, support pimpinan dan hubungan sosial sebagai alat pengumpulan data. Responden sebanyak 73 guru yang ada di MAN 1 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) informasi sebaran jawaban dari 73 responden dan didapatkan hasil dengan persentase 100% sehingga tergolong valid dengan kategori 3 (baik) sebanyak 35 responden dan kategori 4 (sangat baik) sebanyak 38 responden, 2) nilai signifikansi hubungan sosial sebesar 0.310 yang mana lebih besar dari 0.05 (0.310&gt;0.05), dan 3) model dengan nilai pseudo R-Square yang tertinggi yaitu Nagelkerke. Artinya, antara variabel independen yang terdiri dari tata kelola lembaga, support pimpinan dan hubungan sosial mampu memengaruhi dan memiliki korelasi terhadap variabel dependen yang terdiri dari kinerja guru dengan persentase sebesar 10.4℅ dan 89.6℅ dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya hubungan sosial di MAN 1 Lamongan yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja guru.</p> Mas Rifqiyah M. Alfisyah, Muhammad Abdul Ghoffar, Army Purwanti, Sri Harini Copyright (c) 2023 Mas Rifqiyah M. Alfisyah, Muhammad Abdul Ghoffar, Army Purwanti, Sri Harini https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/668 Tue, 26 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pendidikan Religius Bagi Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/580 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa konsep pemikiran dari Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam mengenai pendidikan religius bagi anak. metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka atau library research yaitu jenis penelitian yang mengandalkan data yang diperoleh dari berbagai sumber kepustakaan yang berkaitan dengan objek penelitian. Sumber data primer adalah kita Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Dr. Abdullah Nashih Ulwan, sedangkan data sekunder didapat dari berbagai sumber kepustakaan yang lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Analisis data dengan cara mendeskripsikan hasil analisa yang temukan dari Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Hasil penelitian yaitu terdapat beberapa poin mengenai pendidikan religius bagi anak yang disampaikan oleh Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam Tarbiyatul Aulad Fil Islam, seperti pembinaan keimanan, bimbingan khusyu dalam ibadah, membimbing anak agar tidak taklid buta, membatasi tontonan anak, dan membimbing anak untuk menutup aurat. Pendidikan religius tersebut diharapakan dapat memjadi pondasi bagi anak untuk menghadapi segala macam godaan dunia saat mereka nanti dewasa ditengah zaman yang semakin rusak secara moral dan agama. </p> Dede Sukmana, Ending Bahruddin, Imas Kania Rahman Copyright (c) 2023 Dede Sukmana, Ending Bahruddin, Imas Kania Rahman https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/580 Tue, 26 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Nahdhatul Mu’alimin Surakarta Dalam Meningkatkan Hasil Belajar https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/607 <p>Pembelajaran bahasa Arab penting bagi setiap umat Islam karena merupakan bahasa Al-Quran, Hadits, dan bahasa yang digunakan para ulama untuk menyusun disiplin ilmu dalam kajian Islam. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menyelidiki metodologi pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Nahdhatul Mualimin Surakarta. Sebagaimana diketahui, ada tiga jenis metodologi penelitian: klasik, modern, dan campuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa metodologi pembelajaran bahasa Arab pada subjek penelitian adalah pendekatan campuran.</p> Mustofa, Siti Rahimah, Meti Fatimah Copyright (c) 2023 Mustofa, Siti Rahimah, Meti Fatimah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/607 Wed, 27 Dec 2023 00:00:00 +0000 Tinjauan Historis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/626 <p>Penulisan ini bertujuan untuk menejelaskan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam berdasarkan tinjauan historis dengan menggunakan metode penelitian library research, yaitu pendekatan kepustakaan dengan mengkaji buku, jurnal, dan sumber-sumber lain yang relevan. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam dalam tinjauan sejarah dari masa kemerdekaan hingga reformasi terus mengalami perubahan sosial dengan kondisi dan kebutuhan. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam terbagi atas 3 masa; yaitu pertama masa orde lama, dimana pada masa ini terjadi 3 perubahan kurikulum yaitu kurikulum 1947, 1952, dan 1964; kedua pada masa orde baru, terjadi 4 perubahan yaitu kurikulum 1968, 1975, 1984 dan kurikulum 1994; ketiga masa reformasi, terjadi 4 perubahah kurikulum yaitu kurikulum 2004 (KBK), kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013.</p> Fithriyyah Copyright (c) 2023 Fithriyyah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/626 Wed, 27 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pembiasaan Solat Dhuha Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di MI Al Fatah Banyusari Karawang https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/619 <p>Penanaman sikap disiplin dapat dilakukan melalui pembiasaan yang yang rutin dilakukan dan contoh dan teladan yang baik dari guru.Pembiasaan merupakan cara yang dapat dilakukan dalam membentuk karakter pada anak salah satunya melalui pembiasaan shalat dhuha. Dalam usaha membentuk karakter siswa MI Al Fatah memiliki sebuah program keagamaan. Program keagamaan yang dilaksanakan di lembaga madrasah Al Fatah adalah kegiatan sholat Dhuha berjamaah yang rutin dilaksanakan setiap pagi sebelum masuk proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menggambarkan program kegiatan keagaaman yang secara rutin dilaksanakan di MI Al-Fatah. Penelitian ini juga diharpkan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada lembaga madrasah yang lain untuk menerapkan program keagaaman seperti pembiasaan shalat dhuha untuk membentuk karakter disiplin anak. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatf deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi secara langsung di lapangan dengan menggunakan instrument pedoman pengamatan, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan melewati tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian bertempat di MI A l-Fatah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembiasaan shalat dhuha yang dilakukan di MI Al Fatah dilakukan di masjid dan dipimpin oleh guru. Bersama guru terlebih dahulu mempersiapkan hal-hal yang mendukung dalam kegiatan pembiasaan Dengan adanya pembiasaan solat dhuha, karakter siswa khususnya dalam karakter disiplin siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang dapat melaksanakan peraturan sekolah dengan baik, mengikuti pembelajaran dengan efektif.</p> Uswatun Hasanah, Undang Ruslan Wahyudin, Kasja Eki Waluyo Copyright (c) 2023 Uswatun Hasanah, Undang Ruslan Wahyudin, Kasja Eki Waluyo https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/619 Wed, 27 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengukuran Kinerja Pemimpin Pendidikan Menggunakan Metode Balance Score Card pada Pengembangan Perspektif Pelanggan (Studi Pada MTs Yaspida Sukabumi Jawa Barat) https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/625 <p>Organisasi dituntut untuk saling berkopetisi, tidak hanya mempertahankan kelangsungan hidupnya tetapi organisasi juga harus unggul secara berkelanjutan, tak terkecuali organisasi sektor publik yang bertugas melayani masyarakat. Dalam menghadapi persaingan yang ketat seperti saat ini, suatu organisasi harus mempertahankan aset-aset yang dimilikinya agar mampu menghadapi persaingan itu. Salah satu aset yang tak luput menjadi perhatian adalah sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Manusia menjadi aset yang unik, karena merupakan satu-satunya aset yang bernyawa, sehingga diperlukan treatment khusus untuk menjaga loyalitasnya kepada organisasi. Salah satu unsur yang cukup menentukan dalam upaya manajemen sumber daya manusia pada suatu organisasiadalah manusianya. penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara puposive, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/ kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini, Balance scorecard memperluas perspektif yang harus diperhatikan dalam pengukuran kinerja. Tiga perspektif yang harus mendapatkan perhatian yakni pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Kemapanan Lembaga harus melalui tiga tahap, Growth (berkembang), Substain Stage (bertahan) kemudian Harvest (panen) terhadap investasi mereka.</p> Iim Wasliman, Uce Gunawan, Muhammad Firman Copyright (c) 2023 Iim Wasliman, Uce Gunawan, Muhammad Firman https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/625 Wed, 27 Dec 2023 00:00:00 +0000 Efektivitas Strategi Pembelajaran Active Learning Melalui Media Pembelajaran Dick Games Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) Siswa Kelas XI SMK Dewantoro Purwosari https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/578 <p>Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Dick Games dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran BTQ siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan menggunakan time series design with control. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar BTQ siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari. Hal ini didasarkan pada hasil tes awal (pretest) sebelum diterapkannya media pembelajaran Dick Games dan hasil tes akhir (posttest) setelah diterapkannya media pembelajaran Dick Games. Hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan Product Moment dengan perolehan hasil yakni pada rtabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,468, sedangkan rhitung (rxy) yang diperoleh sebesar 0,873. Sehingga, rhitung lebih besar daripada r tabel yakni 0,873 &gt; 0,468. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Dick Games untuk meningkatkan Prestasi belajar pada mata pelajaran BTQ (Baca Tulis al-Qur’an) siswa kelas XI SMK Dewantoro Purwosari” diterima.</p> Maya Ayu Arieska, Muhammad Abdullah, Achmad Yusuf, Siti Khurotin Copyright (c) 2023 Maya Ayu Arieska, Muhammad Abdullah, Achmad Yusuf, Siti Khurotin https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/578 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Tradisi Solidaritas Sosial Pada Haul Ki Newes Dalam Masyarakat Indramayu https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/968 <p>Haul merupakan tradisi peringatan meninggalnya salah satu keluarga atau tokoh masyarakat. Hal tersebut dilaksanakan guna mengingat jasa yang besar serta perannya di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi praktik tradisi haul Ki Newes di Indramayu. Ki Newes merupakan tokoh yang berdakwah di bidang agama. Penelitin ini juga bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai solidaritas sosial yang ada pada tradisi haul. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan tokoh masyarakat dan penduduk sekitar sebagai sumber utamanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk solidaritas sosial masyarakat Desa Kedungwungu adalah solidaritas sosial mekanik, dan dipertahankan dengan cara tolong menolong, saling membantu, gotong royong, adapun faktor yang mendorong dipertahankannya solidaritas sosial tersebut adalah agama, budaya, emosional dan kekeluargaan.</p> Faiz Musthofa Abbas Copyright (c) 2023 Faiz Musthofa Abbas https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/968 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Dengan Metode Tamyiz di Pesantren https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1208 <p>Penelitian ini menginvestigasi efektivitas metode Tamyiz dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren. Fokus penelitian meliputi implementasi, perencanaan, pengorganisasian, penilaian, dan konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menggambarkan secara komprehensif proses pembelajaran kitab kuning, melibatkan pengasuh pesantren, pengurus, asatidz, dan santri sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Tamyiz memainkan peran kunci dalam membantu santri membaca, memahami struktur kata, dan menerjemahkan kitab kuning. Pembelajaran ini didasarkan pada prinsip <em>fun and active teaching</em> yang meningkatkan hasil pembelajaran. Penilaian terhadap santri melibatkan sejumlah faktor pembelajaran. Selain itu, konsep pembelajaran ini mengintegrasikan teori pendidikan untuk efektivitas dan efisiensi dalam perencanaan, pengorganisasian, dan penilaian pembelajaran kitab kuning menggunakan metode Tamyiz.</p> Farhan Copyright (c) 2023 Farhan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1208 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Peserta SD Islam Amanah Ummah Surakarta https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/575 <p>Agama merupakan sumber dari nilai religius dan mempuinyai keterkaitan yang sangat irat untuk masuk kedalam jiwa seseorang. Untuk membentuk manusia yang agamis dan mempunyai nilai-nilai religius dalam dirinya diperlukan pendidikan yang terarah. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya mengenalkan dan menanamkan tauhid atau akidah kepada peserta didik sebagai pondasi awal sebelum peserta didik mengenal banyaknya disiplin ilmui lainnya. Deingan begitu para guru umumnya dan guru pendidikan agama Islam khususnya untuk berupaya menciptakan budaya religius dan meningkatkan potensi religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak. Pertanyaan dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah SD Islam Amanah Ummah Surakarta dan pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di SD Islam Amanah Ummah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Penguimpulan data dilakuikan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil dari peneilitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religiuis di lingkungan SD Islam Amanah Ummah Surakarta dilakukan deingan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman. Kemudian terkait program-program dalam kurikulum khusus mengenai keagamaan, seperti diadakannya TPA, kemudian sholat dhuha berjamaah, sholat dhihur berjamaah, kemudian adanya pembinaan bakat seperti tahfid, pidato, kultum bagi laki- laki dan juga adanya ceramah atau kajian, infaq dan juga menghafalkan surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an, kemudian keteladan dan kidisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah. Pembelajaran intrakurikuler pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius peserta didik SD Islam Amanah Ummah Sirakarta dilakukan dengan cara sistematik dengan menggunakan kurikulum 2013 dan sesuai dengan unsur-unsur pembelajaran. Dan pembelajaran intrakurikuler juga dilakukan dengan berpusat pada peserta didik dan dimaksimalkan pada aspek-aspek materi konseptual dan ilustrasi serta pemberian contoh-contoh yang kontekstual. Kemudian untuk pengamalannya dilakuikan dengan penilaian sikap dan kontrol perkembangan sikap serta praktik-praktik keagamaan.</p> Fandriyanto, Uswatun Khasanah, Meti Fatimah Copyright (c) 2023 Fandriyanto, Uswatun Khasanah, Meti Fatimah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/575 Fri, 29 Dec 2023 00:00:00 +0000 Fashion Syar’i Muslim di Indonesia Atas al-Qur’an Surah al-A’rāf ayat 26 (Studi Analisis Ma’nā Cum-Maghzā) https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1235 <p>Fashion adalah salah satu hal yang tidak dapat terlepas dari penampilan seseorang dalam mengenakan suatu busana. Munculnya desainer-desainer muda dengan berbagai inovasinya yang kreatif membuat perkembangan fashion di Indonesia semakin pesat. Meskipun perkembangannya begitu pesat, al-Qur’an memberkan isyarat untuk menjaga kehormatan dengan meggunakan pakaian yang baik seperti dalam Q.S al-A’raf ayat 26. Menggunakan analisa kualitatif dengan pendekatan Ma’nā Cum-Maghzā penelitian ini menjelaskan; Fashion syar’i merupakan respon dari pesan yang disampaikan Q.S al-A’rāf 26. Adapaun pesan yang disampaiakan dalam Q.S al-A’rāf 26 menunjukan bahwa umat muslim berhak untuk bereksresi dengan busana yang digunakan, menajdikan pakaian sebagai sarana untuk menutup aurat, melindungi tubuh dari cuaca, melindungi tubuh dari perzinahan, dan sebagai identitas masyarakat muslim terkhusus muslim Indonesia. Busana atau fashion merupakan simbol sekaligus identitas yang perlu dijaga oleh seseorang. Selain pesan yang didapatkan dalam Q.S al-A’rāf 26 terdapat juga dua dimensi yang harus diaplikasikan dalam jiwa seorang muslim. Pertama, dimensi atau makna dzahir, dalam konteks pakaian merujuk pada dimensi fisik (lahiriah) dari pemakaian pakaian. Kedua, dimensi bathiniyah yang menyoroti batin atau spiritual, meliputi budi pekerti baik dan kebiasaan terpuji yang tercermin dalam busana seorang muslim.</p> Ahmad Sabiqul Himam, Kambali, Rivki Lutfiya Farhan Copyright (c) 2023 Ahmad Sabiqul Himam, Kambali, Rivki Lutfiya Farhan https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1235 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Peran Orang Tua dalam Mendukung Anak https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/601 <p>Pendidikan Islam memberikan nilai moral yang kuat dan tuntunan dalam ajaran agama yang membantu anak belajar menghargai diri sendiri dan orang lain serta mendorong mereka untuk giat belajar. Orang tua juga dapat membimbing studi akademik mereka dan membantu anak-anak lebih memahami materi dengan lebih baik. Untuk meningkatkan prestasi akademik anak, orang tua harus memotivasi anak mereka dengan memberikan contoh positif dan mendorong mereka untuk berhasil. Orang tua juga dapat membantu anak mereka mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dan memberikan bimbingan yang diperlukan untuk memilih karir yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Dengan kombinasi peran orang tua, pendidikan Islam, motivasi, dan bimbingan ajaran agama, anak-anak dapat mencapai prestasi akademik yang baik dan menjadi individu yang berakhlak baik dan bermanfaat bagi masyarakat.</p> Qurroti A’yun, Muhammad Erik, Muliana Asyifa Putri, Hikmatul Afiyah, Heru Firmansyah Copyright (c) 2023 Qurroti A’yun, Muhammad Erik, Muliana Asyifa Putri, Hikmatul Afiyah, Heru Firmansyah https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/601 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0000