Pendekatan Studi Islam

monodiciplinary studies, interdiciplinary studies, multidiciplinary studies and transdisiplinary studies

Authors

  • Ahmad Izzuddin Khotami UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nafi' Mubarok UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abu Bakar UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1170

Keywords:

approach, monodisciplinary, transdisciplinary

Abstract

Studi Islam, sebagai bidang kajian ilmiah, menunjukkan keberagaman pendekatan yang khas, masing-masing menawarkan sudut pandang yang berbeda untuk memahami dimensi-dimensi yang kompleks. Studi monodisiplin dalam ilmu pengetahuan Islam menyelami secara mendalam aspek-aspek tertentu, berfokus pada disiplin tunggal seperti teologi, yurisprudensi, atau sejarah. Eksplorasi khusus ini mengungkap detail-detail halus dalam domain yang terbatas. Sebagai kontras, studi interdisiplin dalam kajian Islam melampaui batas disipliner, menjalin hubungan antara berbagai bidang seperti filsafat, sosiologi, dan ilmu politik. Pendekatan ini mengembangkan pemahaman komprehensif tentang pengaruh Islam di berbagai ranah, mengungkap keterkaitan yang rumit. Studi multidisiplin menggabungkan wawasan dari berbagai disiplin, menciptakan mozaik yang mencerminkan keragaman kompleks peradaban Islam. Dengan memanfaatkan metodologi antropologi, sastra, ekonomi, dan lainnya, pendekatan ini merangkul keberagaman yang melekat dalam pemikiran dan praktik Islam. Studi transdisiplin dalam kajian Islam melampaui batasan-batasan disipliner secara keseluruhan, mengintegrasikan perspektif-perspektif yang berbeda ke dalam kerangka kerja yang terpadu. Pendekatan holistik ini menentukan kembali batas-batas, mengundang kontribusi dari bidang di luar akademis, seperti seni, spiritualitas, dan keterlibatan masyarakat, yang memperkaya pemahaman lebih inklusif dan holistik tentang dampak Islam yang mendalam pada masyarakat. Pendekatan-pendekatan dalam studi Islam, mulai dari kedalaman yang terfokus hingga sintesis yang luas, secara kolektif memperkaya wacana ilmiah, menawarkan jalur-jalur yang beragam untuk menjelajahi dan memahami sifat multifaset Islam serta signifikansinya secara global.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. 2020. Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin : Metode Studi Agama dan Studi Islam di Era Kontemporer. Yogyakarta: Litera Cahaya Bangsa.

Abdullah, Taufik dan M. Rusli Karim. 1990. Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Akbar, Ali dan Mahyuddin Barni. 2022. “Pendidikan Islam Multi, Inter dan Transdisipliner (Tinjauan Sejarah)” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 12 (1).

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Studi Islam. Jakarta: Ciputat Press,.

Bakhtiar, Nurhasanah dan Marwan. 2016. Metodologi Studi Islam. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Bustanuddin, Agus. 2013. Integrasi Sains Dan Agama : Tinjauan Filsafat Ilmu Kontemporer. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Fauzi, Noer. 2003. “Dekolonisasi Metodologi: Memerdekakan Pendidikan”, Jurnal Wacana. 15 (4).

Fitri, Agus Zaenul, Muntahibun Nafis, dan Luluk Indarti. 2020. “Multidisciplinary, Interdisciplinary, and Transdisciplinary (MIT) Learning Approach and Strategy Based on Indonesian National Qualification Framework (KKNI) Curriculum.” Ulumuna. 24 (1).

Ismail, Achmad Satori. 2003. Sepuluh Pilar Dakwah di Era Globalisasi. Jakarta: Mitra Grafika.

Kleden, Ignas. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Penerbit LP3ES.

Mawardi, Imam. 2016. “Pendidikan Islam Transdisipliner Dan Sumber Daya Manusia Indonesia,” Jurnal Pendidikan Islam. 28 (2).

Nata, Abuddin. 2006. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Qomar, Mujamil. 2020. Pendidikan Islam: Multidisipliner, Interdisipliner dan Transdisipliner. Malang: Madani Media.

Rahmat. 2017. Pendidikan Agama Islam Multidisipliner Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Penerbit LKIS.

Ratna, Nyoman Kutha. 2003. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rozali, M. 2020. Metodologi Studi Islam Dalam Perspektives Multydisiplin Keilmuan. Depok: Rajawali Buana Pusaka.

Saryono, Djoko. t.t. Menuju Era Multidisipliner dalam Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. https://adoc.pub/queue/menuju-era-multidisipliner-dalam-kajian-bahasa-dan-sastra-in.html diunduh pada 01 september 2023.

Sudikan, Setya Yuwana. 2015. “Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, Dan Transdisipliner Dalam Studi Sastra,” Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya. 2 (1).

Suparlan, Parsudi. dkk. 2001. Tradisi Baru Penelitian Agama: Tinjauan Antar Disiplin Ilmu. Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Ahmad Izzuddin Khotami, Nafi’ Mubarok, and Abu Bakar. 2025. “Pendekatan Studi Islam: Monodiciplinary Studies, Interdiciplinary Studies, Multidiciplinary Studies and Transdisiplinary Studies”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):249-59. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1170.

Issue

Section

Articles