Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Menurut Munawir Syadzali

Authors

  • Rakhmad Zubair Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Rustam Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1189

Keywords:

Pendidikan Islam, Munawir Syadzali, Madrasah

Abstract

Artikel ini membahas tentang wacana pembaharuan dalam meningkatkan dan memajukan sistem pendidikan dalam konteks modernisasi lembaga pendidikan islam di Indonesia. Pemikiran Munawir Syadzali belakangan menjadi sorotan publik oleh sebab gagasannya dalam pengembangan sistem di Madrasah. Munawir Syadzali menawarkan program khusus bagi lembaga madrasah sebagai suatu upaya dan alternatif untuk menyiapkan generasi unggul serta menyelesaikan problem kelangkaan ulama dan pakar pendidikan agama Islam di Indonesia. Madrasah sebagai lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Indonesia didorong untuk terus tampil lebih modern baik pada fisik dan akademiknya. Sistem yang dibangun juga mengalami pengembangan mulai dari proses pembelajarannya, tenaga pendidik, dan kurikulum pendidikannya yang bercirikhas Islam. Tercatat bahwa dengan hadirnya program khusus pada Madrasah Aliyah khususnya telah membawa para lulusannya menjadi sarjana, master, bahkan doctor di berbagai disiplin ilmu dan perguruan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri. Melalui artikel ini diharapkan bahwa MAPK harus diperhatikan kembali agar tujuan pengembangannya menjadikan model madrasah yang baik dalam tafaqquh fid-din sebagai misi utamanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Hamid. (1983). Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren di Sulawesi Selatan. Rajawali.

Bustomi, B. (2023). Rethinking: Madrasah Aliyah Program Khusus. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 15(1), 45–60.

Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 49–60.

Hasbullah. (2008). Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan,. RajaGarafindo Persada.

Ilyas, Y. (2006). Reaktualisasi ajaran Islam: studi atas pemikiran hukum Munawir Sjadzali. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 44(1), 223–240.

Maksum. (1999). Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Logos.

Peraturan Pemerintah RI. (2007). Peraturan Pemerintah (PP) RI. Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Presiden Republik Indonesia. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sholeh, S. (2016). Konsep Pendidikan Islam Yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 52–70.

Soenjono Dardjowidjojo. (2003). Rampai Bahasa, Pendidikan, dan Budaya. Yayasan Obor Indonesia.

Zakiah Daradjat. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan ke). PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Rakhmad Zubair, and Rustam Ibrahim. 2024. “Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Menurut Munawir Syadzali”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1766-74. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1189.

Issue

Section

Articles