Peran Organisasi Kurikulum Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Linda UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Luthfi Nurul Huda UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mutmainnah Septiani Al Marozy Institut Agama Islam Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1217

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Organisasi Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Tujuan Pendidikan

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan elemen yang sangat penting dalam kurikulum resmi di Indonesia. Berbicara tentang kurikulum tidak lepas dari organisasi kurikulum, maka tujuan dari penelitian ini ialah membahas peran yang dimainkan oleh organisasi kurikulum dalam pengembangan pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan dengan content analysis.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil dan pembahasan mencakup pengertian tentang organisasi kurikulum, prinsip organisasi kurikulum, model dan peran organisasi PAI dalam mengembangkan kurikulum PAI, serta kriteria organisasi kurikulum yang efektif. Kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal ini adalah bahwa organisasi kurikulum memiliki peranan yang signifikan dalam konteks pendidikan agama Islam. Organisasi kurikulum membantu dalam perencanaan, seleksi materi pembelajaran, pemilihan metode pengajaran, evaluasi, serta peremajaan kurikulum. Terdapat beberapa prinsip dan model dalam pengembangan kurikulum PAI yang dapat diterapkan, seperti Separated Subject Curriculum, Correlated Curriculum, Broad Fields Curriculum, Integrated Curriculum. Dengan organisasi kurikulum yang efektif, tujuan pendidikan agama Islam dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achruh, A. (2019). Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1).

Ade Yulianti. (2018). Strategi Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Kurikulum Madrasah Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 1(1), 1–13.

Aprilia, W. (2020). Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asmariani, A. (2016). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.95

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum (Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Budiarti, H. (2023). Organisasi Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Syafi’i Petanahan Kebumen (Studi Ideologi Pendidikan Islam Dalam Membentuk Perilaku Religius).

Dayusman, E. A. (2023). Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Idarah Tarbawiyah:Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 115–130. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.14793

Fauzan, F. A. (2022). Design Kurikulum dan Pembelajaran Abab 21. Kencana.

Fawaidi, B. (2021). Model Dan Organisasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(01).

Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.

Hasan, S. (2017). Marliana, “ Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah .” Jurnal Al-Ibrah, 2(1), 60–87.

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.265

Miles, M.B., & Huberman, A. M. Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Muzaini, M. C., Rahayu, R., Rizky, V. B., Najib, M., Supriadi, M., & Prastowo, A. (2023). Organisasi Integrated Curriculum dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(2). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy

Nurrohmah, N., & Hamami, T. (2022). Pengembangan Organisasi Keagamaan Islam. TADARUS :Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–16.

Pradika, A. R. R. (2020). Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(01), 8–17. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/2433

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Rofayatul, & Afifurrahman. (2019). Organisasi dan Struktur Kurikulum Pendidikan Islam. Ta’limuna, 9(3), 29–30.

Hutomo, G. S., & Hamami, T. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI. At-Tafkir, 13(2), 143–152. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1624

Sukmadita, N. S. (2010). Penegembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya

Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pedagogik, 05(02), 257–273. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Soedijarto., Thamrin., Karyadi, B., Siskandar., Sumiyati. (2010). Sejarah Pusat Kurikulum. repositori.kemendikbu. go.id.

Syaputra, A. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2).

Thalib, M. R., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi, 1(Juli), 219.

Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741

What is curriculum organization? Explain the criteria for effective curriculum organization? (2023, July 10). Retrieved November 29, 2023, from www.worldsz.com: https://www.worldsz.com/2023/07/what-is-curriculum-organization-explain.html

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. In Gawe Buku (Issue Desember). Penerbit Gawe Buku

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Linda, Luthfi Nurul Huda, and Mutmainnah Septiani Al Marozy. 2024. “Peran Organisasi Kurikulum Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1608-24. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1217.

Issue

Section

Articles