Peran Organisasi Kurikulum Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1217Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Organisasi Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Tujuan PendidikanAbstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan elemen yang sangat penting dalam kurikulum resmi di Indonesia. Berbicara tentang kurikulum tidak lepas dari organisasi kurikulum, maka tujuan dari penelitian ini ialah membahas peran yang dimainkan oleh organisasi kurikulum dalam pengembangan pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan dengan content analysis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil dan pembahasan mencakup pengertian tentang organisasi kurikulum, prinsip organisasi kurikulum, model dan peran organisasi PAI dalam mengembangkan kurikulum PAI, serta kriteria organisasi kurikulum yang efektif. Kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal ini adalah bahwa organisasi kurikulum memiliki peranan yang signifikan dalam konteks pendidikan agama Islam. Organisasi kurikulum membantu dalam perencanaan, seleksi materi pembelajaran, pemilihan metode pengajaran, evaluasi, serta peremajaan kurikulum. Terdapat beberapa prinsip dan model dalam pengembangan kurikulum PAI yang dapat diterapkan, seperti Separated Subject Curriculum, Correlated Curriculum, Broad Fields Curriculum, Integrated Curriculum. Dengan organisasi kurikulum yang efektif, tujuan pendidikan agama Islam dapat tercapai dengan baik.
Downloads
References
Achruh, A. (2019). Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1).
Ade Yulianti. (2018). Strategi Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Kurikulum Madrasah Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 1(1), 1–13.
Aprilia, W. (2020). Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asmariani, A. (2016). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.95
Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum (Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Budiarti, H. (2023). Organisasi Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Syafi’i Petanahan Kebumen (Studi Ideologi Pendidikan Islam Dalam Membentuk Perilaku Religius).
Dayusman, E. A. (2023). Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Idarah Tarbawiyah:Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 115–130. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.14793
Fauzan, F. A. (2022). Design Kurikulum dan Pembelajaran Abab 21. Kencana.
Fawaidi, B. (2021). Model Dan Organisasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(01).
Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.
Hasan, S. (2017). Marliana, “ Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah .” Jurnal Al-Ibrah, 2(1), 60–87.
Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.265
Miles, M.B., & Huberman, A. M. Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo.
Muzaini, M. C., Rahayu, R., Rizky, V. B., Najib, M., Supriadi, M., & Prastowo, A. (2023). Organisasi Integrated Curriculum dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(2). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy
Nurrohmah, N., & Hamami, T. (2022). Pengembangan Organisasi Keagamaan Islam. TADARUS :Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–16.
Pradika, A. R. R. (2020). Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(01), 8–17. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/2433
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Rofayatul, & Afifurrahman. (2019). Organisasi dan Struktur Kurikulum Pendidikan Islam. Ta’limuna, 9(3), 29–30.
Hutomo, G. S., & Hamami, T. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI. At-Tafkir, 13(2), 143–152. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1624
Sukmadita, N. S. (2010). Penegembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya
Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pedagogik, 05(02), 257–273. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Soedijarto., Thamrin., Karyadi, B., Siskandar., Sumiyati. (2010). Sejarah Pusat Kurikulum. repositori.kemendikbu. go.id.
Syaputra, A. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2).
Thalib, M. R., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi, 1(Juli), 219.
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741
What is curriculum organization? Explain the criteria for effective curriculum organization? (2023, July 10). Retrieved November 29, 2023, from www.worldsz.com: https://www.worldsz.com/2023/07/what-is-curriculum-organization-explain.html
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Ekonomi Syariah. In Gawe Buku (Issue Desember). Penerbit Gawe Buku
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Linda, Tasman Hamami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.