Studi Kebijakan Standar Sarana/Prasarana Pendidikan Islam di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1227Keywords:
Kebijakan, Standar Sarana Prasarana, Pendidikan Islam, SekolahAbstract
Fakta di lapangan sering menunjukkan adanya sejumlah permasalahan terkait dengan fasilitas dan infrastruktur pendidikan, baik itu pada lembaga pendidikan Islam maupun jenis pendidikan lainnya. Dalam konteks pendidikan, permasalahan seputar sarana dan prasarana menjadi faktor pendukung yang krusial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, dengan metode library research, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau fenomena tanpa adanya penilaian tambahan, dengan mengambil sumber data dari berbagai dokumen yang mendukung pelaksanaan penelitian. Hasil temuan penelitian ini adalah pertama, konsep sarana/prasarana Pendidikan Islam di sekolah meliputi fasilitas dan infrastruktur yang mendukung pembelajaran agama Islam. Sarana tersebut dapat berupa masjid, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang doa, dan fasilitas olahraga yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Kedua, standar sarana/prasarana Pendidikan Islam di sekolah ditetapkan berdasarkan pedoman yang telah disusun oleh pemerintah atau lembaga terkait. Standar ini mencakup ukuran dan kualitas ruang kelas, fasilitas keagamaan, serta keberadaan fasilitas pendukung seperti perpustakaan dan laboratorium. Ketiga, kebijakan standar sarana/prasarana Pendidikan Islam di sekolah disusun dengan tujuan untuk memastikan bahwa setiap sekolah yang menyelenggarakan pendidikan Islam memiliki fasilitas yang memadai. Kebijakan ini mencakup pengaturan mengenai persyaratan minimal, pemeliharaan dan peningkatan fasilitas, serta pengawasan terhadap implementasi standar.
Downloads
References
Adinda Lestari, Achmad Junaedi Sitika, C. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Dengan Optimalisasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pada Smp Negeri 3 Karang Bahagia Bekasi. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Issn Online : 2549-0427 | Issn Cetak : 2528-2492 | Vol. 6 No.2 (2021) | 168-174 DOI: Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Muaddib.V5i1.168-174, 6(2), 168–174.
Agustin, R. Z., Saiban, K., & Hazin, M. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim. 21(01), 153–160.
https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.1027
Alfarisi, S. (2021). Analisis Perencanaan Sarana dan Prasaranan Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 5(01), 189–204. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.401
Baharuddin. (2021). Studi Kebijakan Pendidikan Agama Islam. Media Nusa Creative.
Dudin, A. (2018). Studi Kasus Laboratorium Pendidikan Agama Islam Di Sman 3 Bandung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(1), 63–79. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.459
Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.574
Feiby Ismail, Muhammad Haris, J. H. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia.
Firdausi, M., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan dasar terkait Kebijakan Standar Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 158–163. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.119
Kardimin. (2019). Analisis Standar Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lubuk Linggau : Skripsi.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Martin, I., Alim, N., & Mu, A. (2021). Analisis Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menegah Atas: Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Bondoala. 2(2), 40–44. http://ejournal.iainkendari.ac.id/dirasah
Munir, M. (2020). Studi Kebijakan Pengembangan PAI Di Sekolah. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 15(2), 98–110. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/4089%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/4089/3016
Nasution, M. D. (2021). Planning Of Facilities And Infrastructure In Islamic Education. 1, 37–42. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.14
Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).
Rahmat. (2019). Pendidikan Agama Islam : Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0. Literasi Nusantara.
Samanhudi. (2021). Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islami di Lembaga Pendidikan. Rayah Al-Islam, 5(02), 268–294. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.461
Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Adab.
Sholehuddin. (2020). Pendidikan Islam di Kota Metropolis : Studi kebijakan Penyelenggaraan PAI di surabaya. PT Cita Intrans Selaras.
Soetjipto. (2021). Profesi Keguruan. Rosda Karya.
Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47
Sulfiati, A., Lusiana, & Awaleni, L. (2021). Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950
Tsalitsa, A., Putri, S. N., Rahmawati, L., Azlina, N., & Fawaida, U. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Tingkat SMA. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 105. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950
Wahyuni, D. S. (2023). Problematika Siswa Muslim Dalam Mengikuti Pembelajaran PAI Di SD Keluarga Kudus Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. 1(2), 88–107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiwi Putria Yosnela, Mohammad Asrori, Nurhasnah, Fitrah Ainul Mawaddah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.