Studi Kebijakan Standar Sarana/Prasarana Pendidikan Islam di Sekolah

Authors

  • Tiwi Putria Yosnela UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Mohammad Asrori UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nurhasnah UIN Imam Bonjol Padang
  • Fitrah Ainul Mawaddah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1227

Keywords:

Kebijakan, Standar Sarana Prasarana, Pendidikan Islam, Sekolah

Abstract

Fakta di lapangan sering menunjukkan adanya sejumlah permasalahan terkait dengan fasilitas dan infrastruktur pendidikan, baik itu pada lembaga pendidikan Islam maupun jenis pendidikan lainnya. Dalam konteks pendidikan, permasalahan seputar sarana dan prasarana menjadi faktor pendukung yang krusial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, dengan metode library research, yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau fenomena tanpa adanya penilaian tambahan, dengan mengambil sumber data dari berbagai dokumen yang mendukung pelaksanaan penelitian. Hasil temuan penelitian ini adalah pertama, konsep sarana/prasarana Pendidikan Islam di sekolah meliputi fasilitas dan infrastruktur yang mendukung pembelajaran agama Islam. Sarana tersebut dapat berupa masjid, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang doa, dan fasilitas olahraga yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Kedua, standar sarana/prasarana Pendidikan Islam di sekolah ditetapkan berdasarkan pedoman yang telah disusun oleh pemerintah atau lembaga terkait. Standar ini mencakup ukuran dan kualitas ruang kelas, fasilitas keagamaan, serta keberadaan fasilitas pendukung seperti perpustakaan dan laboratorium. Ketiga, kebijakan standar sarana/prasarana Pendidikan Islam di sekolah disusun dengan tujuan untuk memastikan bahwa setiap sekolah yang menyelenggarakan pendidikan Islam memiliki fasilitas yang memadai. Kebijakan ini mencakup pengaturan mengenai persyaratan minimal, pemeliharaan dan peningkatan fasilitas, serta pengawasan terhadap implementasi standar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda Lestari, Achmad Junaedi Sitika, C. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Dengan Optimalisasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Pada Smp Negeri 3 Karang Bahagia Bekasi. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Issn Online : 2549-0427 | Issn Cetak : 2528-2492 | Vol. 6 No.2 (2021) | 168-174 DOI: Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Muaddib.V5i1.168-174, 6(2), 168–174.

Agustin, R. Z., Saiban, K., & Hazin, M. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim. 21(01), 153–160.

https://doi.org/10.32939/islamika.v21i02.1027

Alfarisi, S. (2021). Analisis Perencanaan Sarana dan Prasaranan Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 5(01), 189–204. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.401

Baharuddin. (2021). Studi Kebijakan Pendidikan Agama Islam. Media Nusa Creative.

Dudin, A. (2018). Studi Kasus Laboratorium Pendidikan Agama Islam Di Sman 3 Bandung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(1), 63–79. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.459

Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.574

Feiby Ismail, Muhammad Haris, J. H. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia.

Firdausi, M., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan dasar terkait Kebijakan Standar Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 158–163. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.119

Kardimin. (2019). Analisis Standar Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lubuk Linggau : Skripsi.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Martin, I., Alim, N., & Mu, A. (2021). Analisis Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menegah Atas: Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Bondoala. 2(2), 40–44. http://ejournal.iainkendari.ac.id/dirasah

Munir, M. (2020). Studi Kebijakan Pengembangan PAI Di Sekolah. Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 15(2), 98–110. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/4089%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/4089/3016

Nasution, M. D. (2021). Planning Of Facilities And Infrastructure In Islamic Education. 1, 37–42. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.14

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).

Rahmat. (2019). Pendidikan Agama Islam : Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0. Literasi Nusantara.

Samanhudi. (2021). Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islami di Lembaga Pendidikan. Rayah Al-Islam, 5(02), 268–294. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.461

Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. Penerbit Adab.

Sholehuddin. (2020). Pendidikan Islam di Kota Metropolis : Studi kebijakan Penyelenggaraan PAI di surabaya. PT Cita Intrans Selaras.

Soetjipto. (2021). Profesi Keguruan. Rosda Karya.

Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47

Sulfiati, A., Lusiana, & Awaleni, L. (2021). Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950

Tsalitsa, A., Putri, S. N., Rahmawati, L., Azlina, N., & Fawaida, U. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Tingkat SMA. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 105. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950

Wahyuni, D. S. (2023). Problematika Siswa Muslim Dalam Mengikuti Pembelajaran PAI Di SD Keluarga Kudus Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. 1(2), 88–107.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Tiwi Putria Yosnela, Mohammad Asrori, Nurhasnah, and Fitrah Ainul Mawaddah. 2024. “Studi Kebijakan Standar Sarana/Prasarana Pendidikan Islam Di Sekolah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1596-1607. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1227.

Issue

Section

Articles