Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SLB ABC TPI Medan

Authors

  • Fithri Asmelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhayati Bako Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Shafira Nur Permana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arjuna Barkah Firdaus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1243

Keywords:

Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengamati media pembelajaran yang digunakan oleh anak berkebutuhan khusus. Adapun  metode pada peneliitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwasanya sebagaimana yang kami lihat secara langsung, media yang digunakan di SLB ABC TPI Medan adalah di antaranya : 1) kartu gambar, 2) puzzle huruf, bangun ruang, dan hewan, 3) meronce warna, 4) ring donat, 5) gambar/foto/poster. Media-media tersebut tentu dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.

Downloads

References

Budiyanto, dkk. 2009. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Dapartemen Pendidikan Nasional. 2007. Suplemen Penyelengaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Direktoran Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Gresilia, T., Junaidi, J., Arifmiboy, A., & Kamal, M. (2023). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita). Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1),

Halimatonsakdiah .2016. 'Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung APE Flashcard Di Tk Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeuma Aceh Besar, Jurnal

Hartawan, 1. M. .2018. 'Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa'adah 03 Kecamatan Ledekombo Kabupaten Jember, Jurnal Pendidikan

Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Jakarta: Tahta Media Grup. Khusus. Jakarta Timur: PT.Laxima Metro Media.

Meimulyana, dkk. 2013. Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan

Rosdijati,Nani. 2012. Panduan Pakem IPSSD. Jakarts: Erlangga.

Rukayah, S., & Irayana, I. 2021. Kegiatan Pembelajaran Meronce untuk Melatih Kemampuan Klasifikasi Bentuk. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2),

Sadima, Arief. S, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Prinsip, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Fithri Asmelia, Nurhayati Bako, Shafira Nur Permana, and Arjuna Barkah Firdaus. 2025. “Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SLB ABC TPI Medan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):134-40. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1243.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)