Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SLB ABC TPI Medan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1243Keywords:
Pembelajaran, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengamati media pembelajaran yang digunakan oleh anak berkebutuhan khusus. Adapun metode pada peneliitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini bahwasanya sebagaimana yang kami lihat secara langsung, media yang digunakan di SLB ABC TPI Medan adalah di antaranya : 1) kartu gambar, 2) puzzle huruf, bangun ruang, dan hewan, 3) meronce warna, 4) ring donat, 5) gambar/foto/poster. Media-media tersebut tentu dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.
Downloads
References
Budiyanto, dkk. 2009. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Dapartemen Pendidikan Nasional. 2007. Suplemen Penyelengaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Direktoran Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Gresilia, T., Junaidi, J., Arifmiboy, A., & Kamal, M. (2023). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita). Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1),
Halimatonsakdiah .2016. 'Pengembangan Kemampuan Kognitif Tentang Konsep Berhitung APE Flashcard Di Tk Hubbul Wathan Lamteuba Kecamatan Seulimeuma Aceh Besar, Jurnal
Hartawan, 1. M. .2018. 'Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Nurus Sa'adah 03 Kecamatan Ledekombo Kabupaten Jember, Jurnal Pendidikan
Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Jakarta: Tahta Media Grup. Khusus. Jakarta Timur: PT.Laxima Metro Media.
Meimulyana, dkk. 2013. Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan
Rosdijati,Nani. 2012. Panduan Pakem IPSSD. Jakarts: Erlangga.
Rukayah, S., & Irayana, I. 2021. Kegiatan Pembelajaran Meronce untuk Melatih Kemampuan Klasifikasi Bentuk. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2),
Sadima, Arief. S, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Prinsip, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fithri Asmelia, Nurhayati Bako, Shafira Nur Permana, Arjuna Barkah Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.