Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Muhammad Frandani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1255

Keywords:

perencanaan pembelajaran, pendidikan Islam, mutu pendidikan.

Abstract

Perencanaan pembelajaran yang baik memiliki korelasi yang kuat dengan peningkatan mutu pendidikan. Melalui perencanaan pembelajaran yang matang, guru dapat mengoptimalkan pengalaman belajar siswa, meningkatkan partisipasi dan pemahaman mereka, serta merespons kebutuhan individual siswa. Hal ini secara langsung berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan, di mana hasil belajar siswa akan meningkat dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan penyurusan perencanaan pembelajaran pendidikan Islam secara baik dan matang agar dapat meningkatkan kualitas lulusan yang mampu beradaptasi dengan zaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan-tahapan penyusunan perencanaan pembelajaran pendidikan Islam yaitu, (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang mengarah kepada tujuan pendidikan Islam, (2) menentukan materi/ konten pembelajaran yang sejalan dengan prinsip-prinsip agama Islam, (3) metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif, (4) media pembelajaran yang jauh dari syubhat dan syahwat, (5) sumber belajar yang otoritatif, dan (6) evaluasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdat, N. J., & Rahayu, L. F. (2014). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ahmad Tafsir. Fikrah: Jurnal of Islamic Education, 7(1), 15–24.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin (ed.)). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.624

Darajat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01), 73–89. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.336

Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur’an dan Hadist). Edukasi, 4(1), 128–155.

Maya, R. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Mājid ‘Irsān Al-Kīlānī. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–20.

Mujahidin & dkk, E. (2009). Perencanaan Pendidikan Konsep Jitu Mendirikan Sekolah Islam. Bogor: Program Pascasarjana UIKA Bogor.

Mukti, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pembelajaran dalam Islam Berbasis Riset. Miqot, 32(2 Juli-Desember), 254.

Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., Utami, N. R., Purba, P. B., Kato, I., Gumelar, G. R., Cecep, Darmawati, Purba, S. R. F., Subakti, H., Damayanti, W. K., & Musyadad, V. F. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Ramayulis. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Education, 02(01), 1–16. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/joedu

Rosyada, D. (2016). Antara Pendidikan dan Pembelajaran. UIN Jakarta. https://www.uinjkt.ac.id/antara-pendidikan-dan-pembelajaran/

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sukardi, M. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (R. Damayanti (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.

Tambak, S. (2014). 6 Metode Ilmiah dan Inovatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno, H. B. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.

Zain, M. I., Mujahidin, E., Andriana, N., Al, I. T., Bekasi, B., Ibn, U., & Bogor, K. (2023). Metode Perencanaan Pendidikan Islam. 9(1), 347–361.

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Muhammad Frandani, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, Abas Mansur Tamam, and Ahmad. 2025. “Perencanaan Proses Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):206-20. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1255.

Issue

Section

Articles