Peranan Layanan Konseling Individual Dalam Penanganan Dan Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Tuna Netra Studi Di SMALB Negeri 2 Kota Tanjungpinang

Authors

  • Sekar Kurnia Rahmadani Universitas Negeri Padang
  • Firman Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1258

Keywords:

Kepercayaan Diri, Anak Tuna Netra, Layanan Konseling Individual

Abstract

Riset memiliki tujuan untuk memahami ragam bentuk serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan anak tuna netra, dan peran layanan konseling individu dalam mengatasi dan meningkatkan hal tersebut. Riset ini adalah studi kasus yang akan fokus pada dua anak tuna netra yang tergolong dalam kategori buta total sejak lahir, bersekolah di SMALB Negeri 1 Kota Piring, Tanjung pinang Timur. Penelitian ini akan meneliti kepercayaan diri anak-anak tuna netra di SMALB Negeri 1 Kota Piring, Tanjung pinang Timur sebagai subjeknya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung, partisipasi dalam kegiatan, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu upaya konselor dalam peranan layananan konseling individual terhadap kepercayaan diri anak tuna netra adalah membantu untuk melaksanakan Fungsi-fungsi utama dari bimbingan & konseling meliputi fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, serta fungsi pemeliharaan atau pengembangan. Upaya yang dilakukan oleh konselor dalam penyediaan layanan konseling bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan dampak yang baik terhadap tingkat rasa percaya diri anak tuna netra yang sebesar-besarnya terhadap kelangsungan hidup anak tuna netra, khususnya dalam bidang tertentu yang menjadi fokus layanan konseling individual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Samsul Munir, 2013, Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah

Arikonto, Suharsimi, 2003, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahya, Laili.S, 2013, Buku Anak Untuk ABK. Yogyakarta: Familia

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Efendi, Muhammad, 2006, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Erhamwilda, 2009, Konseling Islami. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fatimah, Enung, 2006, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Ghufron, M. Nur, dan Rini Risnawita S., 2011, Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunarsa, Singgih D., dan Yulia Singgih D. Gunarsa, 2004, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Gunawan, Imam, 2014, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno, 2001, Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hakim, Thursan, 2005, Belajar Secara Aktif. Semarang: Niaga Swadaya.

Hartono dan Boy Soedarmadji, 2012, Psikologi Konseling. Jakarta: Prenadamedia Group.

Indrawan, Rully dan Popy Yarniawati, 2014, Metode Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Kadi, Arie Prima Usman, 2016, “Hubungan Kepercayaan Diri dan Self regulated learning Terhadap prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi Tahun 2013”

Kartono, Kartini, 2000, Psikologi Anak. Jakarta: Alumni.

Kosasih, E., 2012, Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.

Koentjodoningrat, 1994, Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Lauster, Peter, 2003, Tes Kepercayaan Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Lauster, Peter, 1997, Tes Kepribadian (Terjemahan Cecilia dan G. Sumekto). Yogyakarta: Kanisius.

Majid, Abdul, 2005, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono, 2004, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mastuti, dan Aswi, 2008, Kiat Percaya Diri. Jakarta: PT. Buku Kita.

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi, 2000, Metode Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ngajenan, Muhammad, 1990, Kamus Estimologi Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Sekar Kurnia Rahmadani, Firman, and Netrawati. 2024. “Peranan Layanan Konseling Individual Dalam Penanganan Dan Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Tuna Netra Studi Di SMALB Negeri 2 Kota Tanjungpinang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1685-95. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1258.

Issue

Section

Articles