Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Audio Visual (Studi Kasus: Siswa Kelas V di MI Taman Pendidikan Islam pada Mata Pelajaran IPS)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1283Keywords:
Media, Audio Visual, Learning OutcomeAbstract
Pemilihan Media Audio Visual merupakan salah satu solusi yang tepat dan dapat membantu kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan inovatif sehingga dalam proses pembelajarannya terutama mata pelajaran IPS dengan materi Interaksi Sosial. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 Komponen yang harus ada, yaitu: Rencana, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Berdasarkan hasil Presentase nilai Post Test pada siklus II sudah cukup memuaskan yaitu mencapai 92%% siswa yang berhasil mencapai KKM, dan hanya 8% siswa yang belum mencapai KKM. Dengan begitu target yang diharapkan peneliti sudah terpenuhi yaitu lebih dari 70% siswa yang mencapai KKM, sehingga peneliti memutuskan untuk menghentikan penelitian cukup sampai pada siklus II. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V MIS Taman Pendidikan Islam yaitu penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kompetensi Interaksi Manusia dan Lingkungan beserta pengaruhnya menghasilkan simpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan dengan bantuan media audio visual.
Downloads
References
Azhar Arsyad ( 2010 ), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Adittia, A. (2017). Penggunaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.
Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada mata pelajaran IPS. School Education Journal,9(3),266–272. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785
Arsyad., Sulfemi, B, W. (2018). Metode role playing berbantu media audio visual pendidikan dalam meningkatkan belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41–46. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Fathonah, M. F., Wahyuningsih, S., & Syamsuddin, M. M. (2020). Efektivitas media audio visual terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 142. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39789
Haryoko, S. (2009). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/704
Oemar Hamalik ( 2010 ), " Pendidikan dan Pembelajaran," Jakarta: PT Bumi Aksara.
Putri, Z. (2020). Survei Kemdikbud: siswa sulit pahami pelajaran saat belajar jarak jauh. https://news.detik.com/berita/d-5108510/survei-kemdikbud-siswa-sulit-pahami- pelajaran-saat-belajar-jarak-jauh
Trianto. (2011). Model –model pembelajaran Inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Supardi, S., Widiastuti, A., & Saliman, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Terpadu Berbasis Audiovisual. Jipsindo, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4521
Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar : Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun , Kutai Kartanegara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.129705
Tarki. M, S. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan metode pembelajaran practice rehearsal pairs berbantu media audio visual pada peserta didik Kelas IV SDN-1 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016-2017. BITNET Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i1.523
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar melalui media audiovisual berbantuan power point pada peserta didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1587–1593. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.627 ISSN
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Willa Putri, Ria Rizki Agustini, Nadia Turrahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.