Epistimologi Tauhid Ismail Raji Al-Faruqi sebagai Landasan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1294Keywords:
Epistimologi, Tauhid, Ismail Raji Al-FaruqiAbstract
Dominannya hegemoni ini bukan berarti tidak bisa ditolak. Akan tetapi inilah tantangan pemikiran global yang harus dihadapi dengan penanganan serius. Terutama dalam hal fundamental pendidikan sebagai institusi yang memiliki otoritas akan ilmu. Maka disini pemahaman tauhid dalam islam sangat dibutuhkan penelitian ini membahas konsep Tauhid dalam membangun ilmu yang menjadi bagian konstruksi kajian keislaman dalam pandangan Ismail Raji al-Faruqi. Sebagai seorang pemikir Muslim kontemporer, al-Faruqi berpandangan bahwa tauhid merupakan sesuatu yang substansial serta berimplikasi dalam beragam dimensi kehidupan Manusia. Karena integrasi tauhid dalam dimensi kehidupan yang bersifat komprehensif, penulis menemukan bahwa paradigma tauhid al-Faruqi ini secara epistemologi memiliki hubungan yang sangat erat dengan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, kajian ini mencoba merumuskan penalaran epistemologi pendidikan tersebut. Upaya ini diharapkan memberikan spirit kehidupan manusia yang berbasiskan tauhid dalam segala aspek kehidupannya.
Downloads
References
Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, Muhammad Ari Firdausi. “The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education.” Jurnal Dialogia 20, no. 1 (2022): 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533.
Açikgenç, Alparslan. “The Emergence of Scientific Tradition in Islam.” Dalam Science and Technology in the Islamic World, disunting oleh S.M. Razaullah Ansari, 64:7–22. De Diversis Artibus. Turnhout: Brepols Publishers, 2002. https://doi.org/10.1484/M.DDA-EB.4.00497.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC, 1993.
———. Prolegomena to The Metaphysics of Islam: an Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1995.
Fadillah, Nirhamna Hanif, Amir Reza Kusuma, dan Najib Rahman Rajab al-Lakhm. “The Concept of Science in Islamic Tradition: Analytical Studies of Syed Naquib Al-Attas on Knowledge.” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam 7, no. 1 (27 Februari 2023): 25–62. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v7i1.8456.
Fahmy Zaraksyi, Hamid. Minhaj, Berislam dari Ritual Hingga intelektual. Ponorogo: UNIDA Gontor Press, 2019.
Ihsan, Nur Hadi, Amir Reza Kusuma, Djaya Aji Bima Sakti, dan Alif Rahmadi. “WORLDVIEW SEBAGAI LANDASAN SAINS DAN FILSAFAT: PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM,” t.t., 31. https://doi.org/DOI: 10.28944/reflektika.v17i1.445.
Inayah, Firda Inayah. “Tauhid Sebagai Prinsip Ilmu Pengetahuan (Studi Analisis Ismail Raji al Faruqi).” Tasfiyah 2, no. 1 (1 Februari 2018): 97. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v2i1.2484.
Ismail Raji’ al-Faruqi. Tauhid. Bandung: Penerbit Pustaka, 1988.
Ismail Raji Al-Faruqi dan Louis Lamya al-Faruqi. Atlas Budaya Islam, ter. Ilyas Hasan. Bandung: Mizan, 2003.
Kusuma, Amir Reza. “Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas.” Jurnal Al-Qalb 13, no. 2 (2022). https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386.
———. “TAUHID SEBAGAI LANDASAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT” 9, no. 1 (2023). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.53429/spiritualis.v9i1.453%20for%20articles.
Latief, Mohamad, Ahmad Rizqon, Amir Reza Kusuma, dan Syaikhul Kubro. “The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 22, no. 1 (30 Juni 2022): 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274.
Latief, Mohammad, Cep Gilang Fikri Ash-Shufi, Amir Reza Kusuma, dan Fajrin Dzul Fadhlil. “Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy” 7, no. 1 (t.t.): 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095.
Mohammad Muslih, Heru Wahyudi, dan Amir Reza Kusuma. “Integrasi Ilmu dan Agama menurut Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Ian G Barbour.” Jurnal Penelitian Medan Agama 13, no. 1 (2022): 21–35. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/.
Muhammad Syifa’urrahman dan Amir Reza Kusuma. “قضية صفات الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية.” Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat 18, no. 1 (10 Agustus 2022): 153–88. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876.
Muslih, Mohammad, Amir Reza Kusuma, Sofian Hadi, Abdul Rohman, dan Adrian Syahidu. “STATUM AGAMA DALAM SEJARAH SAINS ISLAM DAN SAINS MODERN” 6 (2021): 17. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1845.
Muttaqin, Muttaqin, Jamal, Amir Reza Kusuma, dan Alif Rahmadi. “Menelaah Problem Teologis Dialog Antaragama.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 17, no. 2 (2022): 26--298. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24042/al-adyan.v17i2.10879.
Pramono, Muhamad Fajar, Mohamad Latief, dan M. Najib Abdussalam. “Integrasi Tauhid dan Khilafah Menurut Ismail Raji al-Faruqi.” Kalimah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam 20, no. 2 (4 September 2022). https://doi.org/10.21111/klm.v20i2.7895.
Sujiat Zubaidi Sholeh dan Mohammad Muslih. Kritik Epistemologi & Model Pembacaan Kontemporer. Yogyakarta: LESFI & UNIDA Gontor Press, 2013.
Syamsuddin Arif. “Sains di Dunia Islam: Fakta Historis dan Sosiologis,” 2016. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10133.96481.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. The Concept of Education in Islam: A Framework for An Philosophy of Education. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia (ABIM), 1980.
Zarkasyi, Hamid Fahmy. “Worldview Islam dan Kapitalisme Barat.” TSAQAFAH 9, no. 1 (31 Mei 2013): 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Muslih, Amir Reza Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.