Implementasi Pembuatan Buku Suplemen Toleransi Pada Pelajaran PAI Untuk SMP
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1298Keywords:
Buku Ajar, Toleransi, Pendidikan Agama Islam, SMPAbstract
Keberadaan buku teks secara langsung dapat menunjang pencapaian kurikulum. Buku suplemen yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP. Karena belakangan banyak orang yang menggugat bahwa pendidikan agama Islam justru mengajarkan intoleransi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model dari penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yakni define, design, develop, dan disseminate. penelitian ini telah menghasilkan sebuah produk berupa buku suplemen materi toleransi untuk siswa SMP kelas IX dengan hasil dan pokok yang dapat dijelaskan (1) Konsep toleransi pada buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP meliputi tafakur, pantun Islami, thalabul ilmi, ikhtisar, uswatun hasanah, mari bermuhasabah, mari berlatih, dan kreativitas generasi muslim. (2) Isi materi berkaitan dengan toleransi pada buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP yang dikembangkan mendapatkan kategori layak digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran. (3) Pengembangan buku suplemen toleransi pada pelajaran PAI untuk SMP dilakukan melalui revisi-revisi, sehingga produk yang dihasilkan siap digunakan untuk khalayak umum.
Downloads
References
Arifuddin. (2011). Pengaruh Penggunaan Buku Penunjang. (Online), (http://arifuddinproposalptk. blogspot.com/2011/07/pengaruh-penggunaanbuku-penunjang.html), diakses tanggal 5 November 2023.
Cahyani, V. P dan Khamidinal. (2014). Pengembangan Buku Pengayaan Materi Pencemaran Udara Dengan Pendekatan Saling temas Sebagai Sumber Literasi Sains dan Teknolgi. (Online), (http://www.digilib.uin-suka.ac.id), diakses tanggal 5 November 2023.
Fadil, I. “Kasus Tolikara dan Aceh Singkil, Catatan Hitam Toleransi Beragama”. https://www.merdeka.com/peristiwa/kasus-tolikara-dan-aceh- singkil-catatan-hitam-toleransi-beragama-kaleidoskop-merdeka-2015.html, diakses tanggal 5 November 2023.
Fathan, A. (2015). Peluang Menulis Buku Penunjang Pelajaran. (Online), (http://www.m.kompasiana.com/abu_fathan/peluang-menulis-bukupenunjangpelajaran.html), diakses tanggal 5 November 2023.
Nabila H.S., Fahmi I., Kholil N. (2019). Hubungan Pemahaman Toleransi Beragama Terhadap Sikap Sosial Siswa. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS), Vol. 1, No. 1, 2019.
Poerwadarminto, W.J.S. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahardjo, T. (2005). Menghargai Perbedaan Kultural: Mindfulness dalam Komunikasi Antar Etnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rena. (2014). Pengaruh Buku Penunjang Sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu. (Online), (http://www.download.portalgaruda.org), diakses tanggal 5 November 2023.
Suhadi, dkk. (2014). Politik Pendidikan Agama Kurikulum 2013 dan Ruang Publik Sekolah. Yogyakarta: Center for Religious & Cross-cultural Studies UGM.
Syahid, A dan Zainudin D. (2003). Riuh Beranda Satu: Peta Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Jakarta: Depag RI.
Tilaar. (2015). Manifesto Pendidikan Nasional Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta: Buku Kompas.
Tillman, D. (2004). Living Values Activities for Children Age 8-14, Terj. Adi Respati, dkk. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dede Ahmad Muhtarom, Ulil Amri Syafri, Akhmad Alim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.