Konseling Trait and Factor untuk Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.1322Keywords:
Konseling trait and factor, kematangan karier, Bimbingan dan KonselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konseling trait and factor untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di lembaga konseling Angels Counseling and Consultation pada peserta didik yang melaksanakan konseling kelompok karier. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam delapan tahapan, yaitu dimulai dari tahap pra treatment, tahap treatment, tindak lanjut, hingga pengisian posttest setelah dilakukan treatment atau konseling karier trait and factor. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perkembangan kematangan karier peserta didik setelah dilakukan konseling karier dapat dilihat dari data pengisian kuesioner pretest dan posttest. Pada kuesioner pretest, rata-rata nilai peserta didik adalah 35.71% sedangkan nilai pada kuesioner posttest peserta didik menunjukkan rata-rata nilai 84.29%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya perkembangan kematangan karier peserta didik setelah mengikuti konseling karier trait and factor.
Downloads
References
Angelina, Putri Ria. 2014. “Peningkatan Manajemen Layanan Bimbingan Karir Melalui Pengembangan Perangkat Lunak Inventori Kematangan Karier (Studi Pengembangan di SMP/MTs Negeri dan Swasta di Kota Bogor).” Universitas Negeri Jakarta.
Angelina, Putri Ria, Reni Sinta Dewi, dan Rusdi Kasman. 2020. Model Bimbingan dan Konseling Karir Bagi Siswa SMA Sederajat. Diedit oleh Abdu Rahmat Rosyadi. Bogor: UIKA PRESS. https://drive.google.com/file/d/1deHcm-qotuMApD4yWAWr8vfZZxF54Ltn/view.
Apriliana, I Putu Agus, dan Kadek Suranata. 2022. “Membantu kematangan karir siswa SMK melalui konseling cognitive behavioral teknik bibliotherapy.” Ijgc 11 (3): 33–48. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.
Arintoko, S. 2011. Wawancara Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi.
Badrujaman, Aip, Furqon Furqon, Syamsu Yusuf, dan Suherman Suherman. 2015. “Pengaruh Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas Terhadap Peningkatan Akuntabilitas Guru Bk Smp.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 27 (II): 158. https://doi.org/10.21009/parameter.272.08.
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan Pendekatan Konseling Individual. Malang: Elang Mas.
Nisya, Wirdatun, dan Yeni Karneli. 2022. “Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir.” Jurnal Literasi Pendidikan 1 (2): 446–55. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/indexDOI:https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.779%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Pamungkas, Nano Ratno Panca. 2017. “Peningkatan Kematangan Karier Melalui Bimbingan Kelompok Homeroom Siswa Kelas X Pemasaran SMK YPKK 2 Sleman.” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan … 3 (7): 332–46. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/8396/7996.
Putri, Azka Dhianti, Mamat Supriatna, Nadia Aulia Nadhirah, dan Ahmad Rofi Suryahadikusumah. 2022. “Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kematangan Karier Remaja.” Journal of Education and Counseling (JECO) 2 (2): 228–37. https://doi.org/10.32627/jeco.v2i2.528.
Putri, Nurraini Jatiwi. 2019. “Efektivitas Konseling Individu dengan Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karier Siswa SMK Binawiyata Sragen.” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 5 (5): 306–13.
Ristian, Trias, Nadya Rahmadani, dan Dede Rahmat Hidayat. 2020. “Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and Factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 11 (1): 1–8. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27334.
Saputra, Wahyu Nanda Eka, dan Santi Widiasari. 2017. “Konseling Karir Ringkas Berfokus Solusi: Konseling Karir Untuk Membantu Menetapkan Pilihan Karir Siswa Smk Menghadapi MEA.” Jurnal Fokus Konseling 3 (1): 24–31. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus.
Sudjani. 2012. “Model Konseling Karir Trait and Factor untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMKN di Kota Bandung.” Universitas Pendidikan Indonesia.
Suwanto, Insan. 2016. “Konseling Behavioral dengan Teknik Self Managemen untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, no. 1: 1–5. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand.
Yuliani, Wiwin. 2018. “Pengaruh Konseling WDEP dalam Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik.” Quanta 2 (3): 106–13. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Zarisman, Esi, dan Yeni Karneli. 2023. “Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Teraphy ( CBT ) untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA.” Eductum; Jurnal Literasi Pendidikan 1 (2): 421–32. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/index.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reni Sinta Dewi, Putri Ria Angelina, Nabila Nidaulhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.