Tinjauan Islam Wasatiah terhadap Pendidikan Islam di Indonesia dalam Pandangan Azyumardi Azra
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1325Keywords:
Islamic Education, Wasathiah Islam, Azumardi Azra.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan tinjauan mendalam terhadap bagaimana Pendidikan Islam di Indonesia merespon konsep Islam Wasatiah yang dapat memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana nilai-nilai moderasi, toleransi, dan keadilan dapat diterapkan dan diintegrasikan ke dalam kurikulum, metode pengajaran, dan praktik pendidikan Islam secara lebih luas, dengan melibatkan pemikiran Azumardi Azra. Adapun metode penelitian yang dipakai, menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik, dengan jenis penelitian librari research atau penelitian kajian pustaka. Sementara pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan historis dan filsafat. Pendekatan ini merupakan pendekatan melihat latar belakang pemikiran tokoh yang diangkat baik dari sisi internal maupun sisi eksternal tokoh. Kemudian Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet). Kesimpulan penelitian ini adalah. Azumardi Azra mendorong pembaharuan kurikulum pendidikan Islam, sebagai kurikulum yang inklusif untuk mengimbangi aspek syariat dan hakikat. Gagasannya mencakup tujuan menciptakan individu utuh, materi yang mencakup ilmu agama, sains, dan teknologi, metode pembelajaran yang kritis, serta evaluasi berfokus pada bentuk esai. Pemikiran Azra juga memperkuat pemahaman toleransi sosial dalam pendidikan Islam, mengajak pembentukan lingkungan belajar inklusif, dan menciptakan hubungan emosional antara peserta didik di dalam dan di luar instansi pendidikan Islam.
Downloads
References
Agus Zaenul Fitri. 2015. “Pendidikan Islam Washatiyyah : Melawan Arus Pemikiran Tafkiri Di Nusantara.” Jurnal Koriositas, Edisi VIII Vol.1. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/kuriositas/article/view/147%0Ahttps://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/kuriositas/article/download/147/83.
Ahmad Khoirun Naim Az Zuhdi. 2020. “Konep Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional.” http://etheses.iainponorogo.ac.id/12145/.
Anum, Latifa. 2017. “Kajian Proses Islamisasi Di Indonesia (Studi Pustaka).” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 12 (1): 115–25. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467.
Arif, Muhammad Khairan. 2020. “Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama Dan Fuqaha.” Al-Risalah 11 (1): 22–43. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i1.592.
Azhari, Devi Syukri, and Mustapa Mustapa. 2021. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4 (2): 271–78. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865.
Daud, Yusri M. 2021. “Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry 10 (2): 1–10.
Habi, Tiara Putri. 2023. “Relevansi Islam Wasatiyah Dengan Tujuan Pendidikan Islam.”
Hidayat. 2021. “Globalisasi Dan Dakwah Islam Kontemporer.” Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah 4 (1): 79–105. https://doi.org/10.19109/yonetim.v1i1.9148.
Himawan Muhkhamad. 2021. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Azumardi Azra.” Edu Global: Jurnal Pendidikan Agama ISlam. http://repository.iainpare.ac.id/3659/.
Nasution, Syafri Rizka Martabe. 2017. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 4 (2): 127–46. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v4i2.932.
Noor, Hasni. 2023. “Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum Di Banjarmasin.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17 (1): 375. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1811.
Noorzannah. 2017. “Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15 (28): 68–74.
Putra, Andika, Atun Homsatun, Jamhari Jamhari, Mefta Setiani, and Nurhidayah Nurhidayah. 2021. “Pemikiran Islam Wasathiyah Azyumardi Azra Sebagai Jalan Moderasi Beragama.” Jurnal Riset Agama 1 (3): 212–22. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15224.
Sajadi, Dahrun. 2021. “Sistem Pendidikan Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 47–66. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i1.1421.
Sugiono. 2014. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti. 2022. “Moderasi Beragama Dalam Masyarakat MultiKultular.” Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6: 168–82. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/.
Tambun, Sara Indah Elisabet, Goncalwes Sirait, and Janpatar Simamora. 2003. “Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah.” Visi Ilmu Sosial Dan Humaniora (VISH) 01 (01): 83.
Tuas, Guido Alvin Clementino. 2021. “Konsep Islam Nusantara Menurut Nahdatul Ulma Dan Konsep Islam Wasathiyah Menurut Zumardi Azra Serta Relevansinya Dalam Menciptakan Kehidupan Yang Damai Dan Toleran Di Indonesia.” Skolah Tinggi Filsafat Katholik Ledarero.
Turmuzi, Muhamad. 2021. “Konsep Pendidikan Dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia.” Al-Ihslah 2: 281–82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Yusron, Mukh Nursikin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.