Pemahaman Konsep Dasar Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan, dan Filsafat: Perspektif Filsafat Hidup, Negara, dan Kependidikan

Authors

  • Nuryami Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Joko Widodo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1364

Keywords:

Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan, Filsafat, Filsafat Hidup, Filsafat Negara, Filsafat Pendidikan

Abstract

Pengetahuan, ilmu pengetahuan, filsafat, filsafat hidup, filsafat negara, dan filsafat pendidikan adalah topik yang menjadi pusat perhatian dalam berbagai bidang akademis dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan yang kompleks antara ketiga domain tersebut dan menyoroti peran masing-masing dalam membentuk pandangan dunia dan praktik-praktik sosial. Melalui pendekatan interdisipliner, penelitian ini menelusuri kontribusi ilmu pengetahuan terhadap pemahaman kita tentang alam semesta, peran filsafat dalam merangsang refleksi kritis dan pemikiran kreatif, serta bagaimana filsafat hidup memandu individu dalam menjalani kehidupan yang bermakna dan autentik. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi konsep-konsep filsafat negara dan filsafat pendidikan dalam konteks pembentukan struktur sosial dan sistem pendidikan. Dengan memperkuat pemahaman tentang keterkaitan antara pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan filsafat, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kompleksitas manusia dan dunia yang ada di sekitarnya serta memberikan dasar yang kokoh untuk pembahasan lebih lanjut tentang topik ini dalam konteks kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, A. (2008). Filsafa Umum. RajaGrafindo Persada.

Amar, A. (2018). HAKEKAT ILMU DAN ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT (SUATU KAJIAN ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGIS DAN AKSIOLOGIS). Jurnal Cendekia, 10(1).

Anggraeni, I., Muhyi, M., Ketut, I., & Suratno. (2023). Hakikat Ilmu Dan Pengetahuan Dalam Kajian Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17).

Awaludin, A. (2017). PEMIKIRAN HAMKA TENTANG FILSAFAT HIDUP.

Barnadib, I. (1990). Filsafat Pendidikan (Pengantar Mengenai Sistem dan Metode). Andi Offset.

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95–107.

Chalmers, A. F. (1983). Apa Itu Yang Dinamakan Ilmu? Hasta Mitra.

Djamaluddin, A. (2014). FILSAFAT PENDIDIKAN (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2).

Hamka. (2015). Falsafah Hidup. Republika Penerbit.

Ismael, F., & Ahida, R. (2022). Religious Relations, Philosophy and Science Relasi Agama, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 76–82. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

Jemarut, W. (2021). FILSAFAT EKSISTENSIALISME: SEBUAH KEMUNGKINAN PILIHAN HIDUP YANG SEJATI. SOPHIA DHARMA, 4(1).

Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan: The Choice is Yours. Valia Pustaka.

Leahy, L. (1993). Filsafat Ketuhanan Kontemporer. Kanisius.

Lubis, A. Y. (2011). Pengantar Filsafat Pengetahuan. Penerbit Koekoesan.

Makhmudah, S. (2018). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. Jurnal Al-Murabbi, 4(2), 202–217.

Mariyah, S., Syukri, A., & Badarussyamsi. (2021). Filsafat dan Sejarah Perkembangan Ilmu. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3).

Octaviana, D., & Ramadhani, R. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2).

Palindangan, L. K. (2012). TINJAUAN FILOSOFIS TENTANG HIDUP, TUJUAN HIDUP, KEJAHATAN, TAKDIR, DAN PERJUANGAN. Jurnal Widya, 29(319).

Poedjawijatna. (1991). Tahu dan Pengetahuan; Pengantar Ilmu Filsafat. Rineka Cipta.

Rahmayani, D., Aifha, N., Nulfadli, I., & Santoso, G. (2022). Prinsip-Prinsip Filsafati Pancasila Sebagai Dasar Negara (Philosofische Grondslag, Weltanschauung) Republik Indonesia. Jupetra, 1(2).

Rusuli, I. (2015). Ilmu Pengetahuan dari John Lock Ke AL-Attas. Jurnal Pencerahan, 9(1), 13–14.

Semadi, Y. P. (2019). FILSAFAT PANCASILA DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA MENUJU BANGSA BERKARAKTER. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2).

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2).

Siswati, V. (2017). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. TA’DIBLA, 7(1), 87–88.

Soelaiman, D. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Barat dan islam. Bandar Publishing.

Sutisna. (n.d.). PENGANTAR FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN.

Tamrin, A. (2019). Relasi Ilmu, Filsafat dan Agama Dalam Dimensi Filsafat Ilmu. Jurnal Salam, 6(1).

Wilujeng, S. W. (2014). Ilmu dalam Perspektid Filsafat (Suatu Upaya Mengembalikan Ilmu pada Hakikatnya). Jurnal Humanika, 2(2), 93–102.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Nuryami, Tobroni, and Joko Widodo. 2025. “Pemahaman Konsep Dasar Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan, Dan Filsafat: Perspektif Filsafat Hidup, Negara, Dan Kependidikan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):77-88. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1364.

Issue

Section

Articles