Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI di MA Manba’ul Huda Majalengka

Authors

  • Humaedi Fadilah iain syekh Nurjati cirebon
  • Muslihudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Wawan Ahmad Ridwan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1365

Keywords:

Model Pembelajaran Inquiry, minat, hasil belajar

Abstract

Model Peembelajaran Inquiry adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada aktifitas siswa di dalam kelas dengan bentuk langkah-langkah penerapan materi yang diajarkan di dalam kelas sesuai dengan tahapan-tahapan Inquiry. Model Pembelajaran Inquiry yang diterapkan pada mata pelajaran SKI kelas XI di Madrasah Aliyah Manba’ul Huda Cisambeng Palasah Majalengka sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengharuskan pembelajaran dengan pendekatan student centered atau siswa yang harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu Model Pembelajaran Inquiry ini menjadi menarik untuk dikaji dan diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil analisis, menunjukan bahwa pengelolaan Model Pembelajaran Inquiry di kelas XI MA Manba’ul Huda berjalan sistemastis dan kondusif, dengan kondusifitas pembelajaran tersebut diharapkan minat dan hasil belajar siswa menjadi meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Rosda Karya, 2017)

Chatib, Munif. Gamenya Manusia: Menjadikan Semua anak Istimewa dan Semua Anak Juara. (Bandung: Kaifa. 2013)

Lestari, Ridwan dan Tita. Dasar-dasar Statistiika (Bandung, Alfabeta, 2004)

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan (Komponen MKDK) (Cet.VII; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009)

Rakhmana, Maman Mohamad Agus, Sriyono. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 4.1 (2017)

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group (Cet, 2010).

Suastana, ,dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus IV Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar, 5(2)

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.(Bandung: Alfabeta, cet ke-27 2018)

Syah, Muhibin. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Humaedi Fadilah, Muslihudin, and Wawan Ahmad Ridwan. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI Di MA Manba’ul Huda Majalengka”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):384-95. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1365.

Issue

Section

Articles