Relavansi Konsep Akhlak Penghafal Al Qur’an Terhadap Perkembangan Kompetensi Afektif Santri di Unit KMT Darusy Syahadah Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1367Keywords:
Konsep Akhlak, Relevansi, Kompetensi Afektif Santri, KMT Darusy SyahadahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa relevansi konsep Akhlak penghafal Al Qur'an yang dijelaskan dalam kitab Hilyatu Ahlil Qur'an, terhadap perkembangan kompetensi afektif santri penghafal Al Qur'an. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu memperkaya khazanah keilmuan pendidikan agama Islam dan membantu lebih memahami lagi bagaimana konsep akhlak penghafal Al Qur'an, khususnya bagi peneliti, praktisis pendidikan, dan menjadi sumber refrensi bagi instansi pendidikan. Jenis Penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dalam hal ini mendeskripsikan konsep akhlak penghafal Al Qur'an yang bersumber dari kitab Hilyatu Ahlil Qur'an yang disusun oleh Tim Penyusun Markaz Dirasat wal Ma’lumat Qur’aniyyah Ma’had Imam Asy Syathiby, serta mencari tahu relevansi nya terhadap kompetensi afektif santri. Jenis penelitian Tesis ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yaitu penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung dengan cara observasi lapangan, tes wawancara dan menyebarkan kuesioner. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu teknik dengan cara menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data dengan melakukan observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan konsep akhlak bagi penghafal Al Qur’an, pola pembinaan akhlak santri serta relevansinya terhadap perkembangan kompetensi afektif para santri penghafal Al Qur’an, adapun konsep yang ditemukan antara lain: konsep berakhlak kepada diri sendiri, konsep akhlak kepada guru, konsep akhlak kepada teman, konsep akhlak terhadap masjid, dan konsep akhlak terhadap kehidupan ilmiyahnya. Adapun relevansi penerapan konsep ini pada berbagai kegiatan di pesantren, terlihat bahwa kompetensi afektif santri secara keseluruhan mengalami perkembangan yang baik dan memiliki relevansi yang kuat antara konsep akhlak yang diterapkan pada beberapa kegiatan sebagai pola pembinaan akhlak terhadap perkembangan kompetensi afekti pada berbagai ranahnya.
Downloads
References
Tim Penyusun Markaz Dirasat wal Ma’lumat Qur’aniyyah Ma’had Imam Asy Syathiby. 2018, Hilyatu Ahlil Qur’an fie Adab Hamalatil Qur’anil Karim, (Jeddah: kementrian Pendidikan dan dakwah)
Abu Zaid, Bakr Ibnu Abdullah. 2002. Hilyatu Tholibil ‘Ilmi (Beirut: Muassasah Ar Risalah)
Abdulwaly, Cece. 2020, Pedoman memurojaah Al Qur’an, (Sukabumi, Farha Pustaka)
Bin Sholih Al ‘Utsaimin, Muhammad. 2008 Makarimul Akhlak. Terj. Abu Musa Al Atsari dengan judul Budi Pekerti yang Mulia. (Maktabah Abu Salma)
Al-Dausary, Mahmud, Keutamaan Al Qur’an, (Syabakah Al Alukah)
Naquib al-Attas, Muhammad. 1996 The Concept of Education in Islam. Terj. Haidar Bagir dengan judul Konsep Pendidikan dalam Islam, (Bandung, Mizan)
Abu Zaid, Bakr bin Abdullah. 2002 Hilyah Tholib Al Ilmi, (Beirut: Muassasah Ar Risalah)
Mashur, Ahmad. 2016 Pendidikan Karakter berbasis Wahyu, (Tanggerang Selatan: Gaung Persada)
Napitupulu, Dedi Sahputra, Kompetensi Kepribadian Guru.“Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Siswa”. 2017 (Pati: Fire Publisher)
Zulkifil. Jamaluddin, 2018 Akhlak Tasawuf, (Yogyakarta: Kalimedia)
Chairani, Lisya. Subandi. 2021 Psikologi Santri Penghafal Al Qur’an, Peranan Regulasi Diri. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Hamzah. 2022 Pengantar Ilmu Akhlak, (Riau: Uir Press)
Jamin. Nunung Suryana. 2020 Pengembangan Afektif Anak Usia Dini, (Sukabumi: CV Jejak)
Qorib, Muhammad. 2020 Integrasi Etika Dan Moral Spirit dan Kedudukannya dalam Pendidikan Islam (Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara)
Harahap, Nursapia. 2020 Penelitian Kualitatif, (Medan: Wal ashri Publishing)
Shobron, Sudarno. 2021 Pedoman Penulisan Tesis Magister Pendidikan Agama Islam UMS, (Surakarta: Sekolah Pasca Sarjana UMS).
Nurul Zuriah, M.Si, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan “teori Aplikasi”, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2007)
Widodo. 2018 Metodologi Penelitian, Populer dan Praktis (Depok: PT Rajagrafindo Persada)
Sugiono. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D (Bandung: Al Fabeta CV)
Muhsin, Abdul. 2016 Orang Sibukpun Bisa Menghafal Al-Quran (Solo: PQS Publishing)
Napitupulu, Dedi Sahputra. 2017 Kompetensi Kepribadian Guru, “Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Siswa”(Pati : Fire Publisher)
Widodo. 2018, Metodologi Penelitian, Populer dan Praktis (Depok: PT Raja grafindo Persada)
Hardani dkk. 2020 Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Yogyakarta: CV Pustaka)
Mahmud, 2011 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia)
Saepuddin, 2019 Konsep Pendidikan Karakter Dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-GHAZALI (Telaah atas Kitab Ayyuha al Walad Fi Nashihati al Muta’allimin Wa Mau’izhatihim Liya’lamuu Wa Yumayyizuu ‘Ilman Nafi’an), (Bintan; Satin Sar Press)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Saubari Abdullah, Mohammad Zakki Azzani, Chusniatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.