Studi Etnografi tentang Keterkaitan Pendidikan Agama Islam dengan Tradisi Lokal pada Komunitas Petani di Desa Tanjungkerta Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu

Authors

  • Mohammad Akmal Haris Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Amin Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1783

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Tradisi Lokal, Komunitas Petani

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Pendidikan Agama Islam dan tradisi lokal di komunitas petani Desa Tanjungkerta Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu dengan pendekatan etnografi. Pendidikan Agama Islam di Desa ini diterapkan tidak hanya melalui lembaga formal, tetapi juga melalui tradisi lokal seperti sedekah bumi, baritan, dan selametan yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam, seperti gotong-royong dan tanggung jawab sosial, diperkuat oleh tradisi lokal, menjadikan Pendidikan Agama Islam lebih relevan dan mudah diterima. Tokoh agama dan pemimpin lokal berperan penting dalam menyampaikan ajaran yang terkait dengan kehidupan petani, sehingga Pendidikan Agama Islam menjadi bagian dari praktik hidup komunitas. Integrasi ini berdampak positif pada norma sosial dan budaya, menciptakan masyarakat yang harmonis dan berkesadaran lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M., dan A. Latifah, “Pendidikan Islam Berbasis Budaya Lokal dalam Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Studi Islam, vol. 13, no. 2, 2021, pp. 60-70.

Anwar, H., “Pendidikan Islam dalam Pembentukan Etika Kerja Komunitas Petani”, Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial, vol. 12, no. 1, 2020, pp. 78-88.

Aziz, A., dan D. Ramadhan, “Integrasi Pendidikan Agama dan Tradisi Lokal di Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Studi Islam vol. 11, no. 1, 2022, pp. 36-50.

Aziz, N., dan A. Nur, “Nilai-nilai Gotong-royong dalam Pendidikan Agama Islam di Komunitas Pedesaan”, Jurnal Studi Islam, vol. 11, no. 1, 2019, pp. 45-55.

Aziz, N., dan A. Nur, “Tradisi Lokal sebagai Media Pendidikan Agama di Pedesaan”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 1, 2021, pp. 78-88.

Aziz, N., dan A. Nur, “Social Cohesion and The Role of Local Traditions in Islamic Education”, Journal of Islamic Studies, vol. 12, no. 1, 2022, pp. 48-63.

Fahmi, A., dan D. Lestari, “Character Development in Rural Communities Through Islamic Education and Local Traditions”, Islamic Pedagogy Journal, vol. 9, no. 3, 2022, pp. 30-45.

Hasan, M., dan L. Saputra, “Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kearifan Lokal”, Jurnal Islam dan Masyarakat, vol. 10, no. 2, 2022, pp. 89-101.

Hidayat, S., dan L. Rahma, “Analisis Tematik dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama”, Jurnal Penelitian Agama dan Budaya, vol. 10, no. 1, 2022, pp. 78-89.

Ismail, N., dan A. Aziz, “Kearifan Lokal dan Pendidikan Islam di Komunitas Pedesaan”, Jurnal Kebudayaan dan Agama, vol. 13, no. 1, 2021, pp. 75-85.

Kamali, “Pendidikan Agama Islam dan Kebudayaan”, Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, vol. 4, no. 2, 2018, pp. 74-83.

Kurniawan, B., dan R. Maulana, “Nilai-nilai Keislaman dalam Kehidupan Masyarakat Petani”, Jurnal Sosiologi Pedesaan, vol. 18, no. 1, 2020, pp. 67-78.

Mulyana, H., dan F. Rohman, “Pengaruh Tradisi dan Budaya Lokal terhadap Pendidikan Agama di Pedesaan”, Jurnal Ilmu Sosial dan Agama, vol. 19, no. 2, 2023, pp. 45-59.

Mulyono, S., dan M. Hidayat, “Etnografi dan Observasi dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan”, Jurnal Penelitian Sosial, vol. 14, no. 3, 2018, pp. 85-95.

Nurhayati, L., dan A. Hadi, “Pengaruh Tradisi Lokal terhadap Pendidikan Islam di Komunitas Pedesaan”, Jurnal Agama dan Budaya, vol. 8, no. 1, 2019, pp. 40-50.

Nurhayati, E., dan F. Hadi, “Pengaruh Peran Tokoh Agama dalam Membangun Karakter Generasi Muda”, Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, vol. 9, no. 2, 2020, pp. 70-80.

Nurhayati, L., dan A. Latifah, “Nilai-nilai Islam dan Budaya Lokal di Pedesaan”, Jurnal Studi Islam, vol. 11, no. 4, 2021, pp. 78-88.

Pratama, F., dan I. Wulandari, “Integrasi Nilai Keagamaan dalam Aktivitas Pertanian di Pedesaan”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, no. 3, 2022, pp. 56-64.

Putra, A. H., “Etnografi dalam Pendidikan Islam di Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1, 2017, pp. 53-62.

Rahmawati, S., “Pembentukan Etika Kerja melalui Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 16, no. 2, 2019, pp. 89-95.

Rahmawati, S., dan D. Maulana, “Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi di Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Agama dan Budaya, vol. 12, no. 3, 2020, pp. 55-65.

Riyadi, S., dan M. Zain, “Keterkaitan Tradisi dan Agama dalam Masyarakat Desa”, Jurnal Agama dan Tradisi Lokal, vol. 13, no. 2, 2023, pp. 120-130.

Santoso, I., dan L. Nugroho, “Harmonisasi Nilai Islam dan Tradisi Lokal dalam Pendidikan Sosial Budaya di Desa”, Jurnal Pendidikan Sosial, vol. 10, no. 1, 2020, pp. 67-75.

Setiawan, R., “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Kehidupan Sosial Petani”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 13, no. 1, 2021, pp. 102-112.

Siregar, A., dan L. Hidayat, “Pendekatan Etnografi dalam Kajian Pendidikan Agama”, Jurnal Penelitian Agama dan Budaya, vol. 15, no. 1, 2023, pp. 56-70.

Siregar, D., dan M. Abdullah, “Pendidikan Islam dalam Masyarakat Pedesaan: Studi Kasus di Jawa Barat”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 18, no. 3, 2020, pp. 40-50.

Sudrajat, A., “Peran Pendidikan Agama dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 27, no. 2, 2019, pp. 145-158.

Suryani, R., dan D. Ramadhan, “Pendidikan Agama Berbasis Kearifan Lokal dalam Masyarakat Pedesaan”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 2, 2020, pp. 50-60.

Syahrul, M., “Penerapan Teknik Dokumentasi dalam Etnografi Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, vol. 19, no. 1, 2021, pp. 85-95.

Widodo, A., dan B. Hasan, “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Solidaritas Sosial di Pedesaan”, Jurnal Sosial Islam, vol. 8, no. 2, 2018, pp. 59-68.

Wijaya, L., dan D. Susanto, “Analisis Tematik dalam Penelitian Pendidikan Islam”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 12, no. 4, 2018, 75-83.

Downloads

Published

2025-03-14

How to Cite

Mohammad Akmal Haris. 2025. “Studi Etnografi Tentang Keterkaitan Pendidikan Agama Islam Dengan Tradisi Lokal Pada Komunitas Petani Di Desa Tanjungkerta Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):32-43. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1783.

Issue

Section

Articles