PROBLEMATIKA MAHASISWA TERHADAP TUGAS PERKULIAHAN BERBASIS KURIKULUM KKNI (STUDI KASUS PRODI PAI UIN SUMATERA UTARA)

Authors

  • Wahyuni Apriliani Dasopang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Alpin Hascan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Dita Ayu R Pratiwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.194

Keywords:

problematika, mahasiswa,tugas, dan kurikulum KKNI.

Abstract

Kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sampai saat ini kian menuai pro dan kontra. Salah satu permasalahan pada bangku kuliah adalah banyaknya jumlah tugas yang dibebankan kepada mahasiswa dalam satu semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan problematika mahasiswa prodi PAI UINSU Medan terhadap tugas perkuliahan berbasis kurikulum KKNI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa prodi PAI UINSU Medan semester awal hingga semester akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami problematika dalam penyelesaian tugas kuliah berbasis KKNI, diantaranya; waktu pengerjaan tugas yang lama, keterhambatan dalam menyelesaikan tugas kelompok karena terdapat mahasiswa yang malas, bahan teori/referensi sedikit, sistematika dan substansi tugas yang sulit, sarana laptop atau smartphone yang tidak memadai hingga pengeluaran biaya yang tidak sedikit untuk menyerahkan tugas yang di print out dalam bentuk hard copy.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-23

How to Cite

Dasopang, Wahyuni Apriliani, Muhammad Alpin Hascan, and Dita Ayu R Pratiwi. 2022. “PROBLEMATIKA MAHASISWA TERHADAP TUGAS PERKULIAHAN BERBASIS KURIKULUM KKNI (STUDI KASUS PRODI PAI UIN SUMATERA UTARA)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (1):20-34. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.194.