Karakteristik dan Model Integrasi Ilmu Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Zulhijrah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nabila Joti Larasati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Sentosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2155

Keywords:

Karakteristik, Model, Integrasi Ilmu

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang karakteristik dan model integrasi ilmu madrasah ibtidaiyah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakterstik dan model ilmu madrasah ibtidaiyah. Metode penelitian ini menggunakan literature research atau penelitian kepustakaan yang akan dianalisis dan disimpulkan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan studi pustaka yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menggunakan data-data yang berkaitan dengan karakterstik dan model integrasi ilmu madrasah ibtidaiyah denagn ilmu Islam dari buku-buku, jurnal, internet dan sumber lainnya yang relevan. Penelitian ini bersifat kualitatif yang lebih mengutamakan penggalian, penemuan, pembacaan, penjelasan dan penyampaian makna atau simbol data yang tersurat dan terserat dari data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini berupa: 1) pengertian dari Madrasah Ibtidaiyah, 2) Karakteristik integrasi Ilmu madrasah Ibtidaiyah, 3) model integrasi ilmu madrasah ibtidaiyah dengan. Kesimpulan dari tulisan ini Polarisasi yang demikian tentu akan merugikan kehidupan manusia karena ilmu-ilmu yang dikembangkan berbagai model salah satu model purifikasi. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah lembaga pendidikan alternatif mengembangkan keilmuan secara integratif, yang dapat memadukan antara ilmu-ilmu umum dan ilmu agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif- Interkonektif, Cet. ke-1. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Amirulah Syarbini, 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter, (Panduan Lengkap Mendidik

Karakter Anak di Sekolah, Madrasah dan Rumah). Bahreisy, Salim. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Bina Ilmu. Surabaya

Baihaki. Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Grafindo Presada Media Group. Jakarta. Bisri, Muhammad. 1995. Menuju Sistem Pendidikan Integralistik. Gema Clipping Service. Bastaman, Hanna Djumhana, 1997. Integrasi Psikologi dengan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haedar Nashir, 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya, Yogyakarta: Peresindo Multi

Gofur. Abdul. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Insan Media Group. Jakarta Kuntowijoyo. 2005. Islam Sebagai Ilmu, Cet. Ke-2. Jakarta: Penerbit Teraju.

Mas’ud. Abdurrahman . 2003. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik. Gama Media. Yogyakarta.

Mujib. Abdul. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Novan Ardy Wiyani dan Barnawi,2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar Ruzz Media. Rahman Fazlur. 1992. Islam and Modernity. Chicago: University of Chicago.

Downloads

Published

2025-03-22

How to Cite

Zulhijrah, Nabila Joti Larasati, and Sedya Sentosa. 2025. “Karakteristik Dan Model Integrasi Ilmu Madrasah Ibtidaiyah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):433-40. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2155.

Issue

Section

Articles