Peran Ustadz dan Ustadzah dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Al-Husna Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2159Keywords:
Pembinaan Akhlak, Ustadz, UstadzahAbstract
Banyaknya kejadian para pelajar yang seringkali melakukan tindakan kekerasan, tawuran, kriminal, bullying, bahkan sampai pada pergaulan bebas. Perbuatan menyimpang para pelajar tersebut merupakan dampak dari lemahnya ilmu pengetahuan agama, serta kurangnya pengawasan orang tua dalam keseharian pelajar tersebut. Keterbatasan orang tua dalam mendidik anak menjadikan TPA sebagai tempat yang cocok untuk anak mendapatkan ilmu agama yang lebih luas. Mengingat semakin hari semakin besar tantangan yang dihadapi termasuk dalam pembentukan akhlak pada anak. Keberadaan TPA semakin relevan, melihat perkembangan zaman yang mempengaruhi moralitas dan perilaku generasi muda. Untuk membantu keterbatasan orang tua dalam mendidik anak, maka diperlukan peran Ustadz dan Ustadzah dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Ustadz dan Ustadzah dalam pembinaan akhlak anak di TPA dan kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa peran Ustadz dan Ustadzah sebagai teladan, sebagai pembiasaan, dan sebagai penasihat. Terdapat dua kendala yang dihadapi, yaitu kurangnya tenaga pengajar dan keterbatasan ruangan belajar.
Downloads
References
Ali, Z. (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Almanshur, M. D. G. & F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73–81. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Erzad, A. M. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Hanip, L. I. & M. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah. LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1).
Hartati, A. S. & Z. (2022). Implementasi Metode Keteladanan Gurudalam Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Jannah, M. (2019). Peranan Guru dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus di MIS Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum dan TPA Az-Zahra Desa Papuyuan). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2).
Jauhari, M. R. M. (2006). Keistimewaan Akhlak Islami. Bandung: CV Pustaka Seti.
Lucky Ramadhan, Salmi Wati, Alimir, P. H. (2023). Peran Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MDA Ar-Arsyad Kelurahan Nan Kodok Kota Payakumbuh. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3).
Lutfi, S. (2020). Materi Pendidikan Akhlak menurut Al-Qur’an: Analisis Surah Al-Hujarat Ayat 11-12. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 3(2).
Mardiyah. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, III(2), 109–122. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.2015.pp109-122
Mazrur, S. &. (2020). Psikologi Perkembangan AgamA: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia (Hamdanah, ed.). Yogyakarta: K-Media.
Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif (XXI). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putra, A. A. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Al-Thariqah, 1(1).
Putri Puspitasari, Mulyani, S. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam Pembinaan Akhlak Anak di Masjid Madinatul Mukminin. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 236–246. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1846
Rafieqah Nalar Rizky, M. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Islam Melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua Pada Anak. Jurnal Interaksi, 1(2), 206–219.
Rahman, M. H. (2019). Metode Mendidik Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Equalita, 1(1).
Saparuddin, R. C. I. & M. (2020). Peran Ustadz dan Ustadzah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Para Santri di TPA Baitussolihin Tenggarong. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3).
Setiawan, D., Rusdi, A., & Putri, V. A. (2017). Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Al-Fattah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 170–184. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1650
Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Pendidikan, V(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukari, N. C. M. W. &. (2024). Peran TPQ Wijaya Kusuma dalam Pembinaan Akhlak Anak di Kampung Srambatan Kota Surakarta. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(1).
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriyatno, S. & T. (2021). Profesionalisme Guru Berbasis Religius. Malang: Literasi Nusantara.
Sylviyanah, S. (2014). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur AlRahman). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 1(1).
Tafsir, A. (2008). lmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zulfadli Rizki, Arnadi, S. (2024). Peran Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Pembimbing dalam Membina Karakter Religius Anak di Masjid Jami’atul Khairiah Desa Sekuduk. Jurnal Komunikasi, 2(12).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mita Restina, Zainap Hartati, Saiful Lutfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.