UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH MELALUI METODE DISKUSI DI MI NURUL ULUM PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.307Keywords:
minat belajar, fiqih, dan metode diskusi.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerpan metode diskusi mata pelajaran fiqih di MI Nurul Ulum Probolinggo. Misi pendidikan adalah menciptakan suasana belajar agar siswa selalu belajar dengan baikdan antusias. Suasana belajar yang demikain akan menciptakan kepositifan dalam belajar dengan mencapai hasil belajar yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan observasi menggunakan lembaran observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat apabila menerapkan model pembelajaran diskusi dari siklus I kesiklus II yang dilihat dari hasil belajar siswa, pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase 70% yang merupakan nilai yang belum selesai, tetapi pada sikllus II, kinerja belajar siswa meningkat dengan tingkat kemenangan rata-rata 80% dengan nilai penuh. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis diskusi dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas 1 MI Nurul Ulum.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.