EFEKTIVITAS IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH BOARDING

Authors

  • firman firmansah Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Desty Endrawati Subroto Universitas Bina Bangsa
  • Desi Kristanti Universitas Kadiri
  • Arifin Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.312

Keywords:

efektivitas, implementasi, pendidikan karakter, dan sekolah boarding

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter pada pada sekolah boarding yaitu MA Hubulo, dimana madrasah tersebut mempunyai visi-misi terkait dengan pendidikan karakter yang diwujudkan melalui aktifitas pembelajaran baik di sekolah, kelas dan asrama sehingga menarik untuk dilakukan penelitian. Kajian ini dilaksanakan dengan memakai metode kajian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data riset diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis untuk mengetahui impelementasi pendidikan karakter yang di laksanakan di MA Hubulo. Hasil kajian memperlihatkan jika berbagai nilai karakter yang dilakukan pengembangan dengan model yang habituasi, integrasi, keteladanan serta manajamen lingkungan yang kondusif dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Kajian ini juga menunjukan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter pada sekolah boarding terbukti efektif di tengah-tengah kemajuan teknologi saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-12

How to Cite

firmansah, firman, Desty Endrawati Subroto, Desi Kristanti, and Arifin. 2022. “EFEKTIVITAS IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH BOARDING”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):1113-29. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.312.