MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN ISLAMIC CULTURE TERHADAP PERUBAHAN SOFT SKILLS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.315Keywords:
manajemen praktik kerja lapangan, Islamic Culture, dan soft skills.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya korelasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan dan Islamic Culture terhadap Soft Skills pada peserta didik. Untuk meningkatkan kopetensi dan keahlian profesional peserta didik SMK dibutuhkan Praktik Kerja Lapangan (PKL).Namun pada kenyataannya kegitan PKL justru tidak sesuai dengan tujuan yang di inginkan sekolah. Dengan PKL dan Islamic Culture yang memiliki nilai karakter Soft skills islami, peserta didik bisa mengembangkan soft skills yang dimilikinya. Karena soft skills mengandung aspek karakter kerja yang didasarkan pada 4 sifat nabi muhammad SAW yaitu: Siddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Metode yaang di gunakan penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi dengan menyebarkan angket dengan skala likert 1 - 5. Teknik analisa data menggunakan IBM SPSS versi 28.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen Praktik Kerja Lapangan memiliki korelasi positif terhadap Soft Skils Peserta Didik 83,7%. Islamic Culture memiliki korelasi positif terhadap Soft 64%. Sedangkan Korelasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan dan Islamic Culture terhadap Soft Skills Peserta Didik Di SMK Al Falah Kota Probolinggo memiliki korelasi positif sebesar 86,4%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.