DESAIN LINGKUNGAN BELAJAR BERKONTEN POLA ASUH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.317Keywords:
lingkungan belajar, pola asuh, dan pendidikan Islam.Abstract
Lembaga pendidikan Islam pada hakikatnya mengemban misi untuk membentuk generasi yang sempurna dengan kecerdasan intelektual, akhlak mulia (perilaku), dan hati yang bahagia selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Upaya mewujudkan misi tersebut memerlukan lingkungan yang mendukung pembelajaran dengan muatan parenting dengan menyesuaikan kebutuhan lembaga pendidikan dalam pembelajarannya. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah analisis kualitatif-literatur. Peneliti menggali data berdasarkan literatur yang ada dan melakukan analisis mendalam untuk mendapatkan makna tersirat dari literatur terkait inovasi lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menemukan bahwa desain lingkungan belajar dengan muatan parenting di lembaga pendidikan terdiri dari: pola asuh permisif-humanistik, pola asuh otoriter-perilaku, pola asuh demokratis-konstruktivis, dan pola asuh kognitivistik yang tidak terlibat. Keempat pola asuh tersebut dapat diterapkan pada pesantren, madrasah/sekolah, pendidikan keluarga, dan majelis ta'lim.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.