DESAIN LINGKUNGAN BELAJAR BERKONTEN POLA ASUH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Abdul Jalil Universitas Islam Malang
  • Muhammad Fahmi Hidayatullah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.317

Keywords:

lingkungan belajar, pola asuh, dan pendidikan Islam.

Abstract

Lembaga pendidikan Islam pada hakikatnya mengemban misi untuk membentuk generasi yang sempurna dengan kecerdasan intelektual, akhlak mulia (perilaku), dan hati yang bahagia selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Upaya mewujudkan misi tersebut memerlukan lingkungan yang mendukung pembelajaran dengan muatan parenting dengan menyesuaikan kebutuhan lembaga pendidikan dalam pembelajarannya. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah analisis kualitatif-literatur. Peneliti menggali data berdasarkan literatur yang ada dan melakukan analisis mendalam untuk mendapatkan makna tersirat dari literatur terkait inovasi lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menemukan bahwa desain lingkungan belajar dengan muatan parenting di lembaga pendidikan terdiri dari: pola asuh permisif-humanistik, pola asuh otoriter-perilaku, pola asuh demokratis-konstruktivis, dan pola asuh kognitivistik yang tidak terlibat. Keempat pola asuh tersebut dapat diterapkan pada pesantren, madrasah/sekolah, pendidikan keluarga, dan majelis ta'lim.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-04

How to Cite

Jalil, Abdul, and Muhammad Fahmi Hidayatullah. 2022. “DESAIN LINGKUNGAN BELAJAR BERKONTEN POLA ASUH PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):1003-17. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.317.