PROBLEMATIKA MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF INPUT-PROSES-OUTPUT

Authors

  • Bramastia Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nurhadi Yasin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.325

Keywords:

kebijakan, manajemen mutu, dan pendidikan madrasah.

Abstract

Problematika pendidikan madrasah sangat kompleks, salah satunya yaitu problem mutu dan kualitas input-proses-output. Penelitian ini dilakukan dengan fokus analisis pada problem yang terjadi di lembaga pendidikan, seperti madrasah yang terkait mutu dan kualitas. Mengetahui problem yang ada memberikan pelajaran dan pengalaman guna memperbaiki manajamen mutu dan kualitas di madrasah ke depannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik Pendekatan library research. Penelitian ini menunjukkan bahwa problematika manajemen mutu dan kualitas madrasah yaitu: rendahnya kualitas pendidik, kinerja pendidik yang tidak optimal, kerusakan sarana dan prasarana, kurang jumlah tenaga pendidik, jumlah dan kualitas buku belum memadai, keterbatasan anggaran, kinerja pengawas, dan manajemen struktural yang kurang kompeten.  

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-06

How to Cite

Bramastia, and Nurhadi Yasin. 2022. “PROBLEMATIKA MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF INPUT-PROSES-OUTPUT”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):1070-83. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.325.