PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SLOW LEARNER

Authors

  • Teti Sumiati Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Septi Gumiandari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.326

Keywords:

strategi pembelajaran, siswa berkebutuhan khusus, dan hasil belajar

Abstract

Siswa slow learner adalah siswa berkebutuhan khusus yang mengalami keterlambatan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  neurosainsdalam strategi pembelajaran terhadap siswa slow learner dan metode pembelajaran terbaik bagi slow learner perspektif neurosains. Metode penelitian dilakukan dengan kajian literatur yang diperoleh dari google  scholardari tahun 2012-2022 dengan key word slow learner dan neurosains. Hasil pencarian diperoleh  sebanyak 34 artikel. Artikel-artikel tersebut kemudian dipilah lagi menjadi sebanyak 20 artikel yang secara khusus membahas slow learner,  dan neurosains. Artikel lainnya tidak dipilih karena  banyak membicarakan terkait pendidikan inklusi.Setelah ditelaah, artikel-artikel tersebut dianalisa kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara optimalisasi peran otak dalam penerapan strategi pembelajaran pada siswa slow learner dalam pencapaian tujuan pendidikan.Pembelajaran berbasis neurosainsterbukti efektif membangkitkan motivasi dan prestasi belajar siswa slow learner denganmemberikan stimulus yang tepat. Metode yang sesuai dengan strategi pembelajaran berbasis neurosains, diantaranya dengan musik, pencahayaan, tat ruang, art terapy, permainan, fun learning, pembelajaran berbasis masalah, cooperative learning, metode shaw, serta hypno teaching. Sedangkan strategi yang digunakan sebaiknya memuat beberapa macam strategi dengan penekanan kepada apersepsi, alfa zone, musik dan scene setting.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-06

How to Cite

Teti Sumiati, and Septi Gumiandari. 2022. “PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SLOW LEARNER”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):1050-69. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.326.