IMPLEMENTASI METODE FLIPPED CLASSROOM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Eko Murtiasih Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.327

Keywords:

flipped classroom, pendidikan agama islam, pandemi covid 19, dan ptm terbatas.

Abstract

Flipped classroom adalah sebuah metode pedagogis inovatif yang berfokus pada pengajaran yang berpusat pada peserta didik dengan membalik sistem pembelajaran kelas tradisional yang selama ini dilakukan oleh pengajar. Artinya peserta didik diberi bekal materi pada hari sebelum pembelajaran dilaksanakan melalui daring, yang disebut dengan “Kelas Terbalik”. Metode flipped classroom adalah metode yang menggabungkan pembelajaran blended (melalui interaksi tatap muka dan virtual/online). Pembelajaran tatap muka disebut juga dengan istilah  sinkron (synchronous) dan pembelajaran mandiri atau online disebut juga dengan istilah askinkron (asynchronous). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan Jenis Penelitian ini menggunakan deskriptif, dengan instrumen pengumpulan data melalaui wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode flipped classroom pada masa pandemi covid 19 tepatnya pada masa PTM Terbatas, dapat menjadi solusi pembelajaran yang efektif dan efisien serta mengarah pada pembelajaran era digital yang menjadi salah satu ikon pembelajaran modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-04

How to Cite

Eko Murtiasih. 2022. “IMPLEMENTASI METODE FLIPPED CLASSROOM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID 19”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):1018-32. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.327.