IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DAN LURING SELAMA ERA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.328Keywords:
proses pembelajaran, pembelajaran daring, dan interaksi akademik.Abstract
Selama pandemi Covid 19, banyak banyak sekali inovasi pembelajaran yang dilakukan para guru untuk terlaksananya pembelajaran yang bisa mencapai tujuan pendidikan Nasional. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah kombinasi pembelajaran secara daring dan luring. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan kombinasi pembelajaran daring dan luring selama masa pandemi covid 19 di MI Al Hidayat Pakis Malang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa MI Al Hidayat Pakis Malang. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan dengan pembelajaran online melalui zoom meting dan google meet, video, google classroom dan google form; (2) Guru melaksanakan pembelajaran secara luring dengan teknik kunjungan belajar kelompok sesuai lokasi secara bergiliran. Kendala implementasi pembelajaran daring dan luring adalah guru mengalami kesulitan dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. dan Pendukung pembelajaran saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.