IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DAN LURING SELAMA ERA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Muslimatul Faiqoh Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Humaidi Universitas Islam Malang
  • Anna Karma Yuhana Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.328

Keywords:

proses pembelajaran, pembelajaran daring, dan interaksi akademik.

Abstract

Selama pandemi Covid 19, banyak banyak sekali inovasi pembelajaran yang dilakukan para guru untuk terlaksananya pembelajaran yang bisa mencapai tujuan pendidikan Nasional. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah kombinasi pembelajaran secara daring dan luring. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang  pelaksanaan kombinasi pembelajaran daring dan luring selama masa pandemi covid 19 di  MI Al Hidayat Pakis Malang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa MI Al Hidayat Pakis Malang. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan dengan pembelajaran online melalui zoom meting dan google meet, video, google classroom dan google form; (2) Guru melaksanakan pembelajaran secara luring  dengan teknik kunjungan belajar kelompok sesuai lokasi  secara bergiliran. Kendala implementasi pembelajaran daring dan luring adalah guru mengalami kesulitan dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. dan Pendukung pembelajaran saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-06

How to Cite

Muslimatul Faiqoh, Humaidi, and Anna Karma Yuhana. 2022. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DAN LURING SELAMA ERA PANDEMI COVID 19”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):1084-97. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.328.