Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.372Keywords:
Evaluasi Program, PPL, Model CIPPAbstract
Tujuan Evaluasi Program ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Cendekia Abditama. Evaluasi program ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process and Product). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Pelaksanaan program (PPL) berjalan dengan lancar dan kondusif sesuai dengan kalender akademik telah ditentukan, 2) Organisasi penyelenggara PPL baik penasehat, panitia, maupun dosen pembimbing bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, 3) pelaksanaan program PPL tidak ada hambatan yang berarti, namun untuk ke depannya perlu adanya pertimbangan untuk memperpanjang waktu pelaksanaan program PPL, 4) Visi dan tujuan untuk menghasilkan sosok guru islami yang kreatif dan berkarakter telah tercermin dalam pelaksanaan program PPL 5) hasil penilaian keterampilan mengajar dinilai oleh guru pamong rata-rata 79,85 berada pada kategori B ( baik). Sedangkan hasil penilaian dari dosen pembimbing rata-rata 82,26 pada katagori A (sangat baik). Dan hasil penilaian keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh dari guru pamong rata-rata 78,65 pada kategori B (baik). Dan hasil penilaian dari dosen pembimbing rata-rata 82,35 pada kategori A (sangat baik).
Downloads
References
Abshor. (2020). Evaluasi Program Visiting Teacher Pendidikan.
Adi, I. P. (2015). Sistem Evaluasi Dan Kesiapan Pelaksanaan .
Aminah, S. &. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Tahun 2017-2018.
Arikunto, S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1-13. (2020).
D Ziliwu, d. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan.
Rusmayani, R. (2019). Evaluasi Efektifitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Stai Denpasar Bali Tahun 2018.
Sari, D. R. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen .
Wirawan. (2016). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Juliastuti, Nurul Anriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.