Assesment dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Covid-19 di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.406Keywords:
Asessmen Berbasis Daring, Portofolio, Penilaian DiriAbstract
Pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada masa penyebaran pandemi covid-19 menimbulkan berbagai persoalan, terutama dalam kaitannya dengan proses asessmen pembelajaran peserta didik. Oleh karenanya perlu adanya altenatif model asessmen yang mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang baik dan efektif, baik itu untuk guru maupun peserta didik. Tulisan ini berusaha untuk memberikan gambaran dari alternatif-alternatif bentuk asessmen dan evalusi, yang dapat dijadikan rujukan untuk para pendidik dalam melakukan asessmen danevaluasi hasil belajar peserta didik jarak jauh di masa pandemi Corona yang sedang melanda Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Library Research. Peneliti memperoleh data dari hasil studi kepustakaan dari berbagai literatur buku, jurnal, karya ilmiah, dan juga dokumen-dokumen lain yang mengakaji terkait asessmen dan evaluasi pembelajaran baik secara umum maupun yang secara khusus mengkaji terkait asessmen dan evaluasi pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini adalah beberapa bentuk model asessmen yang dapat diterapkan dalam proses pembealajaran jarak jauh, diantaranya adalah penilaian berbasis daring, penilaian portofolio, dan penilaian diri atau self asessment.
Downloads
References
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S & Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asep, Jihad & Abdul, Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna, 3(1), 28–38. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/tarbiyat una.v3i1.198
Bali, M. M. E. I., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161- 01
Ismail, Fajri. (2013). Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ta’dib, 18 (02): 228- 259.
Jannah, Selfie Miftahul. (2020). Belajar di Rumah karena Corona COVID-19, Efektifkah? dalam https://tirto.id/belajar-di-rumah-karena-corona- covid-19-efektifkah-eFtZ.
Kuntum, An Nisa Imania & Khusnul, Siti Bariah. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis. Jurnal PETIK, 5(1): 31-47.
Mahardika, Bagus. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Elementary, 4 (1): 33-46.
Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and assessment in teaching. Upper Saddle River, N.J.: Pearson. Muali, C., Islam, S., Bali, M. M. E. I., Hefniy, H., Baharun, H., Mundiri, A., … Fauzi, A. (2018). Free Online Learning Based on Rich Internet Applications; The Experimentation of Critical Thinking about Student Learning Style. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, pp. 1–6). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012024
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students. Upper Saddle River, N.J.: Pearson.
Nuraeni, Zuli. (2019). Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Gantang 4(1): 79-85.
Rahmaini, Anida & Taufiq, Nur Aditya. (2018). Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam Di SMK N 1 Sedayu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mudarrisuna, 8(1): 1-24.
Rivalina, Rahmi. (2011). Mengapa Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Jurnal TEKNODIK, 15(1): 109- 122.
Rizal, Moh. Ahsan Shohifur. (2018). Model Pembelajaran Dominan Online (Domon) di SMA Terbuka Kepanjen. Jurnal TEKNODIK, 22(1): 1-10.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Granfindo Persada.
T Astutik, S., dan Maryani. (2007). Modul Assesment Pembelajaran. Jember: Universitas Jember.
Wahyuningsih, Reni, dkk. (2016). Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web Untuk Menilai Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4): 338-343.
Widyoko, Eko Putro. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyoko, Eko Putro. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Faiz Amali, Umi Azizaturrosyidah, Seipah Kardipah, Widyo Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.