Assesment dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Covid-19 di Indonesia

Authors

  • Muhammad Faiz Amali IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Umi Azizaturrosyidah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Seipah Kardipah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Widyo Nugroho IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.406

Keywords:

Asessmen Berbasis Daring, Portofolio, Penilaian Diri

Abstract

Pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada masa penyebaran pandemi covid-19 menimbulkan berbagai persoalan, terutama dalam kaitannya dengan proses asessmen pembelajaran peserta didik. Oleh karenanya perlu adanya altenatif model asessmen yang mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang baik dan efektif, baik itu untuk guru maupun peserta didik. Tulisan ini berusaha untuk memberikan gambaran dari alternatif-alternatif bentuk asessmen dan evalusi, yang dapat dijadikan rujukan untuk para pendidik dalam melakukan asessmen danevaluasi hasil belajar peserta didik jarak jauh di masa pandemi Corona yang sedang melanda Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Library Research. Peneliti memperoleh data dari hasil studi kepustakaan dari berbagai literatur buku, jurnal, karya ilmiah, dan juga dokumen-dokumen lain yang mengakaji terkait asessmen dan evaluasi pembelajaran baik secara umum maupun yang secara khusus mengkaji terkait asessmen dan evaluasi pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini adalah beberapa bentuk model asessmen yang dapat diterapkan dalam proses pembealajaran jarak jauh, diantaranya adalah penilaian berbasis daring, penilaian portofolio, dan penilaian diri atau self asessment.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Faiz Amali, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

 Nama                          : Muhammad Faiz Amali

TTL                                : Cirebon, 22 juni 1997

Jenis Kelamin               : laki-laki

Nama Bapak                : Imron Rosyadi

Nama Ibu                     : Iin Minatul Maula

Telp/ Hp                       : 089502720252

e-mail                           : amalifaiz2@gmail.com

Alamat Lengkap         : Blok 04 Al-Anwariyah Ds. Tegalgubug Lor Rt 002 / Rw 003 Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon

 

Riwayat Pendidikan:

  1. MI-HM Al-Anwariyah pada tahun 2002-2007
  2. MTsN Palimanan pada tahun 2008-2010
  3. Sekolah Salaf Pondok Pesantren Al-Anwariyah pada tahun 2011-2012
  4. Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban JATIM pada tahun 2012-2014
  5. Paket C PPS Al-Anwariyah pada tahun 2016
  6. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, pada tahun 2016-2021
  7. Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, pada tahun 2021-2023

References

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S & Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asep, Jihad & Abdul, Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna, 3(1), 28–38. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/tarbiyat una.v3i1.198

Bali, M. M. E. I., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161- 01

Ismail, Fajri. (2013). Inovasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ta’dib, 18 (02): 228- 259.

Jannah, Selfie Miftahul. (2020). Belajar di Rumah karena Corona COVID-19, Efektifkah? dalam https://tirto.id/belajar-di-rumah-karena-corona- covid-19-efektifkah-eFtZ.

Kuntum, An Nisa Imania & Khusnul, Siti Bariah. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis. Jurnal PETIK, 5(1): 31-47.

Mahardika, Bagus. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Elementary, 4 (1): 33-46.

Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and assessment in teaching. Upper Saddle River, N.J.: Pearson. Muali, C., Islam, S., Bali, M. M. E. I., Hefniy, H., Baharun, H., Mundiri, A., … Fauzi, A. (2018). Free Online Learning Based on Rich Internet Applications; The Experimentation of Critical Thinking about Student Learning Style. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, pp. 1–6). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012024

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students. Upper Saddle River, N.J.: Pearson.

Nuraeni, Zuli. (2019). Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Gantang 4(1): 79-85.

Rahmaini, Anida & Taufiq, Nur Aditya. (2018). Analisis Butir Soal Pendidikan Agama Islam Di SMK N 1 Sedayu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mudarrisuna, 8(1): 1-24.

Rivalina, Rahmi. (2011). Mengapa Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Jurnal TEKNODIK, 15(1): 109- 122.

Rizal, Moh. Ahsan Shohifur. (2018). Model Pembelajaran Dominan Online (Domon) di SMA Terbuka Kepanjen. Jurnal TEKNODIK, 22(1): 1-10.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Granfindo Persada.

T Astutik, S., dan Maryani. (2007). Modul Assesment Pembelajaran. Jember: Universitas Jember.

Wahyuningsih, Reni, dkk. (2016). Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web Untuk Menilai Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4): 338-343.

Widyoko, Eko Putro. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyoko, Eko Putro. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2023-03-29

How to Cite

Muhammad Faiz Amali, Umi Azizaturrosyidah, Seipah Kardipah, and Widyo Nugroho. 2023. “Assesment Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Di Indonesia”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):277-85. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.406.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)