Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTsN 4 Tabalong

Authors

  • Teddy Suryana DPRD Kab. Hulu Sungai Utara
  • Nahdiyatul Husna Kankemenag Kab Hulu Sungai Utara
  • Rasma Afifah MTsN 4 Tabalong
  • Siti Mas’amah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Cahya Saodih Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.435

Keywords:

Supervisi Akademik, Manajemen

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana suatu pendekatan manajemen yang dilakukan pada saat implementasi supervisi akademik kepala madrasah pada MTSN 4 Tabalong. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yang pertama adalah dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dan tim supervisor di MTSN 4 Tabalong menggunakan pendekatan langsung dan teknik individu dengan langkah-langkah yaitu pra observasi, pelaksanaan observasi/kunjungan kelas, evaluasi dan tindak lanjut, serta laporan pelaksanaan supervisi akademik serta factor-faktor internal dan faktor eksternal yang meliputi kompetensi guru dalam hal kemampuan paedagogik berdasarkan pendekatan prinsip-prinsip manajemen, kemampuan kepala madrasah dalam menciptakan pola hubungan yang baik dengan seluruh komponen sekolah, faktor penghambat internal yakni banyak guru yang tidak bersedia sebagai tenaga tim supervisor dan faktor eksternal yang meliputi adanya sarana penunjang yang kurang terpenuhi, serta kurangnya waktu dalam pelaksanaan supervisi akademik. Kesimpulan menyatakan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala MTSN 4 Tabalong berdampak positif kepada semua guru terutama dalam penguasaan kompetensi pedagogik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamim, Ahmad Nur. (2021). “Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah

Hikmat. (2009) Menejemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 13 tahun 2007 yang mencakup perencanaan dilaksanakannya pelaksanaan program supervisi akademik

Sudjana, Nana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju

Maisah, (2017). Manajemen Pendidikan. Jakarta : Cipta Media.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda Karya

Nawawi, Hadari (2003); Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Cetakan ke-7, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Wibowo, (2014). Manajemen Kinerja Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Wahjosumidjo, (2002). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Published

2023-03-29

How to Cite

Teddy Suryana, Nahdiyatul Husna, Rasma Afifah, Siti Mas’amah, and Cahya Saodih. 2023. “Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTsN 4 Tabalong”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):245-51. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.435.

Issue

Section

Articles