Implementasi Project Based Learning Festival Tengah Semester dalam Menumbuhkan Kemampuan Sikap Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.480Keywords:
Project Based Learning, Festival Tengah Semester, KolaborasiAbstract
Dalam penelitian ini membahas terkait Implementasi project based learning dalam menumbuhkan sikap kolaborasi siswa pada mapel Al-Islam di Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi project based learning dalam festival tengah semester dan bagaimna konsep dalam menumbuhkan sikap kolaborasi siswa pada mapel Al-Islam di Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan sedangkan penelitian ini melakukan observasi, wawancara, Dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data terkait Implementasi project based learnig festival tengah semester dalam menumbuhkan sikap kolaborasi siswa pada mapel Al-Islam di Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, di jalan Genteng Muhammadiyah No.45, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa peneliti mengetahui bahwa implementasi project based learning festival tengah semester dapat menumbuhkan sikap kolaborasi siswa pada mapel Al-Islam di Sma Muhammadiyah 10 Surabaya karena mereka mampu menyelesaikan projest festival tengah semester sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Downloads
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning … .. 9, 292–299.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (VII). Rineka Cipta.
Asrori, A., & Munawir, M. (2020). Anomali Perilaku Remaja Dialektika Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam. Literasi Nusantara.
Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Pena Persada.
Asrori. (2019). Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI (Teori dan Aplikatif).
Asrori, A. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Pena Persada.
Asrori, Hidayat, M. C., Puspitasari, I., & Rusman. (2020). Effect of Counseling Guidance in Improving Process of Student Learning Achievement. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.145
Asyhari, H., & Arsana, I. M. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Tkr 4 Di Smk Negeri 7 Surabaya Hamdan Asyhari I Made Arsana Abstrak. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12, 19–24.
Badriah. (2022). Jurnal Dedikasi Pendidikan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri 1 Syamtalira Bayu. 8848(2), 463–472.
Bakhruddin, M. (2016). Turki:menuju sistem pendidikan modern dalam masyarakat demokrasi. TADARUS, 5.
Bakhruddin, M., Shoffa, S., Holisiin, I., Ginting, S., Fitri, A., & Lestari, I. widya. (n.d.). Strategi belajar mengajar. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Banyumas : CV. Pena Persada.
Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.
Hamid, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2022). Implementation of Active Learning Methods in Islamic Elementary School/Implementasi Metode Active Learning di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mudarris: Journal Of Education, 5(1), 54–71. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v5i1.932
Hasanuddin, H. (2019). Pengaruh Pemberian Konseling Pribadi Terhadap Kemampuan Berargumentasi Dalam Berdiskusi Pada Siswa Yang Introver Di Sma Negeri 1 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 23–31.
Hidayat, M. C. (2020). Implementation of Cognitive, Affective, Psychomotor Aspect Assessment Case Study at SDN Ngembung Cerme Gresik. Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4, 71–83.
Putra, A. M., Bahtiar, & Upe, A. (2018). Eksistensi kebudayaan tolongmenolong (kaseise) sebagai bentuk solidaritas sosial pada masyarakat muna. 3(2), 476–483.
Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. 8(2).
Ridlwan, M., & Asrori, A. (2022). Problems of Implementation of Islamic Religious Education at Muhammadiyah Junior High School 4 Gadung Surabaya. In International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS 2022), 312–318. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.220708.039
Tho’at Stiawan, A. (2022). The Concept of Learning Islamic Education Based on Multicultural in Establishing Religious Moderation. The Annual Conference on Islamic Religious Education (ACIRE), 819–831.
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). JOLL 4 (1) (2021) Journal Of Lifelong Learning. 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahrunnisa Indillah, Mukhammad Bakhruddin, Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.