Analisis Nilai-nilai Pendidikan Terhadap Rukhsah Ibadah dalam Islam

Authors

  • Masykur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmi Dewanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • M. Ilham Muchtar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tabhan Syamsu Rijal Universitas Bosowa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.497

Keywords:

Analisis, Nilai, Pendidikan, Rukhsah, Ibadah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1. Nilai-nilai Pendidikan Islam pada pelaksanaan Ibadah dalam Islam, 2. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam terhadap Rukhsah Ibadah dalam Islam, 3. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam terhadap Rukhsah Ibadah dalam Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data penelitian berasal dari bahan-bahan yang tertulis yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam, khususnya menyangkut nilai pendidikan dalam rukhsah ibadah dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Nilai-nilai pendidikan Islam pada pelaksanaan ibadah dalam Islam yaitu: keimanan, kejujuran, pendekatan kepada Allah Swt, keseimbangan hidup, persaudaraan. 2. Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap rukhsah ibadah meliputi: nilai akidah yaitu: a) keikhlasan dalam ibadah. b) kesetaraan. Sedang nilai akhlak yaitu: a) kejujuran. b). kesabaran, c) rasa syukur atas nikmat, d) kepedulian sosial, 3) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam terhadap rukhsah ibadah dalam Islam meliputi: nilai akidah karena berkaitan dengan keikhlasan seseorang dalam menjalankan ibadah, dimata Allah Swt semua manusia berkedudukan sama (setara). Sedang nilai akhlak karena berkaitan dengan sikap jujur, dimana orang yang beribadah akan menunaikan syarat dan rukun ibadah meski tidak ada orang yang memperhatikan, serta melatih sikap sabar dalam menjalankan ibadah, juga mengandung nilai kepedulian sosial terhadap sesama manusia sebagai rasa syukur atas anugerah Allah Swt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’anul-Karim

Abu Zahrah, Muhammad. Usul Fiqh. Cet. II. Kairo, Darul Fikr Al-Arabi: 2012

Al-Asyqar, Muhammad Sulaiman. Al-Wadhih fi Ushulil Fiqh, Kairo: Darus Salam. 2018

Ali, Mohammad Daud. Lembaga-lembaga Islam di Indonesia Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995

Al-Tsa’labi, Usamah Muhammad bin Muhammad. al-Rukhsah al-Syari’ah; Ahkamuha wa Dawabituha Iskandaria: Dar al-Iman, 2002

Al-Zuhaili, Wahbah. Usul al-Fiqh al-Islami. Damaskus: Dar al-Fikr, 2005

Al-Rasyidin, Percikan Pemikiran Pendidikan dari Filsafat hingga Praktik Pendidikan. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2009

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Faris, Abū Husain Ahmad Ibnu. Mu’jam Maqayis al-Lugah, juz IV Beirut: Dar al-Fikr, 2011

Fitri, Sofia Ratna Awalaiyah; Tantowie, Tanto Aljauharie. Nilai-Nilai Pendidikan Kedisiplinan Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ashr Ayat 1-3 Menurut Tafsir Al-Maraghi. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, [S.L.], V. 2, N. 1, May 2018. Issn 2807-7636.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi Bandung: Alfabeta, 2012

Habiburrohman, M. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Kepedulian Sosial Pada Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Al-Quran Hadits. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 68–73. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1172

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Ibnu al-Qayyim, I’lam al-Muwaqi’in Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi, 1996

Ihsani, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta Rineka Cipta, 2013

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Cet. I. Yogjakarta: Suara Muhammadiyah, 2020

Jum’ah, Muhammad Ali. Al-Hukm as-Syar’i ind al-Ushuliyyin, Kairo: Darus Salam: 2013

Khallaf, Abd Wahab. Ilmu Ushul Fiqh. Kuwait: Dar al-Kalam, 2005

Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam Bandung: Pustaka Setia, 2011

Muchtar, M. Ilham. 2017. Pendidikan Karakter, Garansi Peradaban Berkemajuan. Tarbawi, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 2, No 02 (2017). https://doi.org/10.26618/jtw.v2i02.1032

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Kajian Filsafat Pendidikan Islam Raja Grafindo Persada, 2000

Salimi, Abu Ahmadi dan Noor, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004

Subagyo, Joko. Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik Jakarta: Rhineka Cipta, 2010

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter Remaja Rosda Karya, 2013

Toto, Suharto. Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruz Media: 2011

Zakariyah, Qiqi Yuliati dan A. Rusdiana. Pendidikan Islam Kajian Teori dan Praktik Sekolah Bandung: CV Pustaka setia,2014

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Buku Obor, 2008

Published

2023-06-27

How to Cite

Masykur, Rahmi Dewanti, M. Ilham Muchtar, and Tabhan Syamsu Rijal. 2023. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Terhadap Rukhsah Ibadah Dalam Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):721-30. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.497.

Issue

Section

Articles