Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs Salafiyah Bode Plumbon pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Mulya IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.537

Keywords:

Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja, Covid-19

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada semua bidang khususnya pendidikan, akibatnya proses kegiatan belajar mengajar harus dijalankan secara daring. Namun, dalam proses pembelajaran daring muncul berbagai masalah dan hambatan yang berasal dari sumberdaya manusia terutama guru yang belum memiliki kesiapan perubahan model pembelajaran daring yang berdampak pada menurunnya kinerja guru. Dimana kinerja guru banyak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, seperti: kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja yang merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara maksimal, terutama pada madrasah yang memiliki tanggungjawab lebih dalam menghasilkan lulusan yang memiliki akhlakul karimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan proses penelitian bersifat deduktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs Salafiyah Bode yang berjumlah 37 guru.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs Salafiyah Bode. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket (kuesioner).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guruMTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-19, 2) Motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-19, dan 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-19 dengan besarnya kontribusi pengaruh sebesar 66,7% yang berarti bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja mampu menjelaskan variasi kinerja guru MTs Salafiyah Bode pada masa pandemi Covid-19 sebesar 66,7% dan sisanya sebesar 33,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamy, Marbawi,Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Praktik, dan Penelitian, Aceh, UNIMAL Press, 2016

Anoraga,Bhirawa, “ Motivasi Kerja Islam dan Etos Kerja Islam Karyawan Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya”, JESTT, Vol. 2, No. 7, (Juli, 2015), hlm. 531-541

Apriliyadi, Eki Karsani dan Hendrix, Tommy “Kajian Fenomena Pandemi Covid-19 di Indonesia: Perspektif Wacana, Pengetahuan dan Kekuasaan Foucault”, Jurnal Indonesia Maju, Volume 1 Nomer 1, (Agustus, 2021), hlm. 28-48

Bennis, Warren, On Becoming a Leader, New York: Addison Wesley, 1994

Covey,Stephen, The 8th Habit From Effectiveness to Greatness, London: Simon & Schuster, tt

Deci, Edward L. dkk, “Self Determination Theory in Work Organizations: The State of a Science”, TheAnnual Review of Organizational PsychologyandOrganizational Behavior, 2017. 4: hlm. 19-43

Elly, Yulita dan Soraya,Joice, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 14 (2), (2020), hlm. 55-61

Fauzi, Imron, Manajemen Pendidikan ala Rasulullah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Firmawati, Yusrizal, dan Usman,Nasir, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru”, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Volume 5, No. 3, (Agustus, 2017), hlm. 167-171

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Tentang Covid-19, https://covid19.go.id/tentang-covid-19 diakses tanggal 10 Januari 2022

Hambali dan Mu’alimin, Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer, Yogyakarta: IRCiSoD, 2020

Hardono, Haryono, dan Yusuf,Amin “Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru”, Educational Management, EM 6 (1), (2017), hlm. 26-33

Huseno,Tun, Kinerja Pegawai Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kepuasan Kerja, Malang: Media Nusa Creative, 2016

Ideswal, Yahya, dan Alkadri,Hanif, “Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Volume 4, Nomor 2, (April, 2020), hlm. 460-466

Ilyas,Yaslis,Kinerja: Teori, Penilaian, dan Penelitian, Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FK MUI, 2002

Jarwanto, Pengantar Manajemen (3 IN 1), Yogyakarta: Mediatera, 2015

Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Terus Dorong Laju Penyebaran Covid-19, https://www.kominfo.go.id/content/detail/36050/pemerintah-terus-dorong-pengendalian-laju-penyebaran-covid-19/0/berita, diakses tanggal 10 Januari 2022

Latif, Mukhtar dan Latief, Suryawahyuni,Teori Manajemen Pendidikan, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana, 2018

Maharani, Tsarina,2.156.465 Kasus Covid-19, Indonesia Masuki Gelombang Kedua Wabah Corona, https://nasional.kompas.com/read/2021/06/30/08590941/2156465-kasus-covid-19-indonesia-masuki-gelombang-kedua-wabah-corona?page=all, diakses tanggal 10 Januari 2022

Mangkunegara, Anwar Prabu,Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Jakarta: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002

Mohtar,Imam, Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019

Nafrin, Irinna Aulia dan Hudaidah, “Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3, Nomor 2, (2021), hlm. 456-462

Ndapaloka, Veronika,dkk “Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende”, Educational Management, 5 (1), (2016), hlm. 42-54

Nunus,Burt, The Leader’s Edge: The Seven Key of Leardership in a Turbulent World, New York: Contemporary Books, 1989

Pianda,Didi,Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sukabumi: CV. Jejak, 2018

Portal Informasi Indonesia, Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik, https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik, diakses tanggal 10 Januari 2022

Ramadhan, Syahrul,“Manajemen Pendidikan Islam dalam Menjaga Kualitas Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19”, Equilibrium: Jurnal Pendidikan, Vol. IX, Issu. 2, (Mei-Agustus, 2021), hlm. 143-149

Rivai, Veithzal dan Mulyadi,Deddy,Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011

Robbins,Stephen P. Perilaku Organisasi, Klaten: PT. Intan Sejati, 2006

-----------Stephen P. dan Judge, Timothy A. Perilaku Organisasi, Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2018

Siahaan, Matdio, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan”, Jurnal Kajian Ilmiah, Edisi Khusus, No. 1, (Juli, 2020), hlm. 1-5

Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia dan ProduktivitasKerja, Bandung: CV, Mandar Madju, 2009

Sonnentag,Sabine dan Frese, Michael, Psychological Management of Individual Performance, New Jersey: John Wiley & Sons, Ltd, 2002

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2008

Suliyanto, Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS, Yogyarkarta: Penerbit Andi, 2011

Sya’roni, dkk, “Dampak Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru”, JSMBI (Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia), Vol. 8, No. 2, (Desember, 2018), hlm. 131-147

Thoha,Miftah,Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016

Triyono,Urip,Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Formal, Non-Formal dan Informal, Yogyakarta: Deepublish, 2019

Uhar,Suharsaputra,Administrasi Pendidikan, Jakarta: Refika Aditama, 2010

Wildan, Muhammad Abu dan Sa’adah,Lailatus, Pentingnya Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan, Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2021

Winardi, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002

Yamin,Martinis, dkk, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung Persada, 2010

Yusuf, A. Muri,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana, 2014

Published

2023-06-28

How to Cite

Mulya. 2023. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs Salafiyah Bode Plumbon Pada Masa Pandemi Covid-19”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):840-67. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.537.

Issue

Section

Articles