Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Di SMP Sultan Agung Seyegan Sleman
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.600Keywords:
Pembentukan Karakter, Pembiasaan Asmaul Husna, SMP Sultan Agung Seyegan SlemanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembiasaan pembacaan asmaul husna, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan pembiasaan, guna membentuk karakter religius siswa di SMP Sultan Agung Seyegan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahap yaitu: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis datanya adalah: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: 1) Pembentukan karakter religius siswa di SMP Sultan Agung Seyegan dilakukan dengan pembiasaan pembacaan asmaul husna setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai dan di imbangi dengan kegiatan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran serta kegiatan lain seperti sholat berjamaah, sholat duha, dan membaca Yasiin setiap hari jum’at. 2) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Sultan Agung Seyegan yaitu: Adanya dukungan dari orang tua, Adanya keinginan siswa untuk berhasil, Komitmen para guru di Sekolah, dan Fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan yaitu: Pergaulan dan lingkungan dari peserta didik, Kesadaran siswa yang masih kurang, dan Keadaan latar belakang siswa yang berbeda-beda.
Downloads
References
Afifuddin, B. A. S., & Saebani, B. A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Alkrienciehie, I., & Salahudin, A. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitiaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal Ma‟mur. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Burhannudin. (2020). Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Buayan Kebumen. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.5, No. 1
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i 1.17
Firdaus Andrian. (2019). Pembiasaan Membaca Asmaul Husna dalam Menanamkan Pengetahuan Keagamaan Pada Anak Di SDIT Abata Lombok (NTB). Jurnal Al-Amin; Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, Vol.4, No.2
Hariyanto dan M.Samani. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Husain, M. (2012). Mulailah Dengan Menyebut Asma Allah. Yogyakarta: Al-Barakah
Irwanto A. dan Salahudin Anas. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia
Interaksi & motivasi belajar-mengajar / Sardiman A.M. | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (t.t.). Diambil 5 Juni 2023, dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136421
Jamaluddin, Dindin. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Lailiyah Nurul dan Rofiqotul Hasanah. (2020). Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna di SMPN 1 Ngoro Jombang. Jurnal Urwatul Wutqo: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, Vol. 9, No. 2 https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo
Mugholingah, Siti. (2013) Internalisasi Karakter Religius pada Siswa Sekolah Menengah atas. Malang: Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim
Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN-MALIKI Press
Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Nawawi, Handari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press.
Nasional, K. P. (2009). Undang-undang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003. Bandung: Fokus Media.
Sadi dan H.M. Nasikin. (2013). Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Jakarta: PT: Erlangga
Sanjaya,Wina. (2013). PenelitianPendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman A.M. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Metode Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumani, Muchlas. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wiyani, N. A. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Penerbit Teras
UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. (t.t.). Diambil 5 Juni 2023, dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/46794/uu-no-2-tahun-1989
Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fathiyatun Nisa Ihsanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.