Upaya Pembentukan Kepribadian Santri Baru Melalui Program Arba’in di Pondok Pesantren

Authors

  • Asdlori UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Lufianti Wulan Mahfiroh UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muhamad Slamet Yahya UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.631

Keywords:

Program Arba’in, Pondok Pesantren, Akhlak, Santri

Abstract

Pondok pesantren pada tujuannya mempunyai fungsi untuk memberikan penanaman nilai-nilai kebaikan, sehingga pada akhirnya kebaikan tersebut dapat menjadi watak dan kepribadian yang akan menjadi modal utama dalam bersosialiasi. Pada faktanya, tidak jarang santri yang belum mampu menginternalisasi nilai-nilai kebaikan tersebut sehingga diperlukan upaya-upaya untuk memudahkan pembentuk kepribadian santri, bukan saja pada pembelajaran namun juga di luar pembelajaran kelas, di antaranya melalui program arba’in. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif analisis. Penelitian bertempat di Pondok Pesantren al-Hidayah Karangsuci, Banyumas. Hasilnya, pembentukan kepribadian santri melalui pengamalan program arba’in terbentuk dari kegiatan-kegiatan rutin seperti sholat berjamaah, pembacaan dzikir, dan menghafalkan surat-suratan pendek. Nilai kepribadian yang terbentuk dari pengamalan program arba’in berupa nilai kepatuhan, kemandirian, kesederhanaan, persatuan, dan akhlak yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Dhofier, Zamakhsyari. 1986. Adisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai (II). Depok: LP3ES.

Fadlullah, Irfan. 2021. Ngembangan Kepribadian Pada Anak Menurut Agama Islam (Studi Pemikiran Abdullah Nasih Ulwan). Bogor: Gue Pedia.

I Wayan Suwendra, Wendra. 2018. Metodologi Penelitian Kualtatif. Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Bandung: Nila Cakra.

Ihsan, Mahlil Nurul. 2021. “Islamic Boarding School Culture Climate in Forming The Religious Attitude of Islamic Students in Modern and Agrobusiness Islamic Boarding Schools.” Nazhruna : Jurnal Pendidikan Islam 4. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1492.

Khulaisie, Rusdiana Navlia. 2016. “Hakikat Kepribadian Muslim , Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep.” Jurnal Reflektika 11.

Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305.

Paryontri, Ramon Ananda. 2018. “Kepribadian Islami Dan Kualitas Kepemimpinan.” Unisia 37. https://journal.uii.ac.id/Unisia/article/view/10499.

Prayitno, Musthofa Aji. 2022. “Implementation of Agriculture Education As a Means of Character Education At Al-Mutawakkil Islamic Boarding School Ponorogo.” In Annual International Conference on Islamic Education for Students (AICOIES 2022). Salatiga: UIN Salatiga.

Pridayani, Melinda. 2022. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa.” Jurnal An-Nuha 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188.

Qomar, Mujamil. 2002. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Edited by Erlangga. Jakarta.

Published

2022-12-26

How to Cite

Asdlori, Lufianti Wulan Mahfiroh, and Muhamad Slamet Yahya. 2022. “Upaya Pembentukan Kepribadian Santri Baru Melalui Program Arba’in Di Pondok Pesantren”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1557-64. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.631.