Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas Di SD Negeri 02 Manggahang

Authors

  • Teri Yanto Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Hendi Suhendraya Muchtar Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Dahlia Puspitasari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Fikry Ramadhan Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.680

Keywords:

Supervisi, Kepala Sekolah, Manajemen Kelas

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Tterhadap Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas Di SD Negeri 02 Manggahang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap sebuah data empiris secara objektif ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuwan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoritis yang kuat sesuai disiplin keilmuwan yang ditekuni. Semua yang terjadi di lapangan dihubungkan dengan kenyataan atau fakta berdasarkan pertanyaan-pertanyaan, bukan dibuat-buat, kemudian dianalisis secara kualitatif. Kepala Sekolah sebagai Supervisor diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan melakukan supervisi terhadap proses pembelajaran guru di dalam kelas. Sebagai implikasinya perlu dilakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas, diantaranya: merencanakan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. Hasil Penelitian diatas, dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini bahwa Supervisi kepala sekolah di SD Negeri 02 Manggahang berada diatas rata-rata, kemudian Kemampuan guru dalam manajemen kelas di SD Negeri 02 Manggahang berada diatas rata-rata, sehingga dapat disimpulkan bahwa Supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap kemampuan guru dalam manajemen kelas di SD Negeri 02 Manggahang berada diatas rata-rata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. (2014). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Bahri, D. dan S. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Kementerian Hukum dan HAM RI. (2022). Undang Undang NKRI. Kementerian Hukum Dan HAM RI.

Pidarta, M. (2000). Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Priansa, E. K. dan D. J. (2015). Manajemen Kelas (Classroom Management), Guru Profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Rifa’i, M. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan. Malang: CV. Humanis.

Rukmana, A. (2006). Pengelolaan Kelas dan Berbagai Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta.

Sahertian, P. A. (2000). Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UUD. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 2.

Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Teri Yanto, Hendi Suhendraya Muchtar, Dahlia Puspitasari, and Fikry Ramadhan. 2023. “Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas Di SD Negeri 02 Manggahang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):968-78. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.680.

Issue

Section

Articles