Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Al-Mubasyarah Untuk Meningkatkan Maharat Kalam Peserta Didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor

Authors

  • Asriani Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.763

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Langsung, Maharoh al-Kalam

Abstract

Pendampingan pembelajaran bahasa Arab sebagai upaya meningkatkan kualitas skill berbicara (al-Kalam) adalah sebuah keniscayaan bagi non-Arab. Orientasi pendampingan diarahkan untuk menambah kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan memahami bahasa Arab. Dari empat keterampilan bahasa yang harus dikuasi oleh peserta didik, penguasaan maharah al-Kalam secara aktif dan produktif ditekankan pada peserta didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor, hal ini mempertimbangkan bahwa urgensi maharah al-Kalam saat ini menjadi nilai produktif sebagai salah satu langkah aktualisasi keilmuan berbahasa Arab peserta didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor. Keterampilan berbicara (maharah al-Kalam) adalah suatu kemampuan untuk mengungkapkan kata-kata sebagai ekspresi dari pikiran, ide, pendapat dan keinginan terhadap lawan bicara kita. Dalam konteks pendampingan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah al-Kalam, tentunya membutuhkan metode tepat untuk menyelaraskan antara perencanaan dan indikator capaian yang diharapkan. Penggunaan metode al-Mubasyaroh dalam meningkatkan skill berbicara bahasa Arab peserta didik SMP Cahaya Qur’an menjadi solusi metode yang ampuh untuk menghantarkan mereka mencapai sill berbicara bahasa Arab aktif. Metode al-Mubasyarah adalah metode langsung mempraktikkan bahasa Arab dalam proses pembelajaran, dimana guru (ustadz/ustadzah) menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dalam pembelajaran tanpa menggunakan bahasa lainnya dan ketika peserta didik SMP Cahaya Qur’an menemukan bahasa yang sulit dimengerti maknya-mengingat ketidakrataan kemampuan bahasa Arab mereka, guru (ustad/ustadzah) menjelaskan maksud bahasa tersebut menggunakan ekspresi, demonstrasi, gambar-gambar, dan lainnya, sehingga solusi ini memudahkan peserta didik SMP Cahaya Qur’an dalam memahami bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, Muhammad. "Fa'āliyyah Tathbīq Tharīqah Puzzle fī Tachsīn QudrahTakallum at-Talāmīdz di Madrasah Sabīl at-Taqwa atsTsānawiyyah Margomulyo Luwu Timur." Arabia 12.1 (2020).

Abrar, Muh. "PENGARUH METODE DISKUSI QIRO’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA." Al-Mubin; Islamic Scientific Journal 3.1 (2020).

Abrar, Muhammad. "الدراسة البلاغية فى أسلوب القصر عند معانى اللغة العربية حول سورة آل عمران." A’Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 9.2 (2020).

Abrar, Muhammad. "فاعلية طريقة تدريس خارج الفصل لترقية اللغة العربية للطلاب فى المدرسة الثانوية بمعهد أم القرى الإسلامي بوغور." Al-Mubin; Islamic Scientific Journal 2.2 (2019).

Abrar, M. (2023). BIMBINGAN BAHASA ARAB TINGKAT DASAR PADA MASYARAKAT KELURAHAN BENTENG CIAMPEA BOGOR. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 35-51.

Abrar, M., (2022). AL-‘ALAAQAH BAINA ITQAAN AL-MUFRADAAT WAL INSYAAAT-THULLAAB AS-SHAF AT-TAASI’FII AL-MADRASAH AT-TSANAWIYYAH MA’HAD UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. SHAWTUL ARAB, 2(1), 8-19.

Abrar, M. (2023). Hubungan Kemampuan Bahasa Arab terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas XI SMA Cahaya Qur’an Cibungbulang Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 35- 43.

Abrar, M. (2023). FA'AALIYYAH ITQAAN FII TARJAMAH AN-NUSHUS AL-'ARABIYYAH LILFASHL AT-TSAMIN (VIII A) FII AL-MADRASAH AT-TSANAWIYYAH “ANWARUL HIDAYAH” PAMIJAHAN BOGOR. SHAWTUL ARAB , 2 (2), 85-92.

Al-Farisi, T., Abrar, M., & Akasahtia, LT (2022). ISTIRATIJIYYAT MU'ALLIM AL-lUGHAH AL-'ARABIYYAH 'INDA TAGHALLUBI SU'UBAH QIROAAT AN- NUSUUS AL-'ARABIYYAH 'ALAA THULLAABI AS-SHAFI AL-'AASYAR FII AL- MADRASAH AL-'ALIYATI AL-MUHAJIRIN CIGUDEG (DIRAASAH HAALIYAH ‘AN MADDAH AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH). SHAWTUL ARAB , 2 (1), 31-42.

Abrar, M. (2022). KITAAB DURUSU AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH WA ATSARUHU FII TADRIIS AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH 'ALAA MUNJIZ THAALIBAAT AS-SHAF AS-SABI'“E” MADRASAH FII TSANAWIYYAH LILBANAAT BI MA'HAD UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. SHAWTUL ARAB , 1 (2), 177-183.

Adriana, Iswah. “Perubahan Bunyi Pada Bacaan-Bacaan Gharib Dalam Alquran Menurut Tinjauan Fonologi Arab.” OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 11, no. 1 (2017): 57. https://doi.org/10.19105/ojbs.v11i1.1238.

Arini, Aida, Shobihus Surur, and Vian Hanes Andreastya. “Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Qiroah Muwahadah Di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an.” Sainsteknopak 4, no. 1 (2020).

Astuti, Rini. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak AttentionDeficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7, no. 2 (2013): 251–66. https://doi.org/10.21009/JPUD.072.11.

Dengan, Huruf Al-quran, Metode Iqra, and Kabupaten Bener Meriah. “Program

Pelatihan Dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Dengan Metode Iqra ( Studi Kasus Gampong Bale Purnama Kecamatan Permata” 3, no. March (2020): 6–10.

Ishaq, Ahmad Hanifuddin, and Ruston Nawawi. “Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah.” Qof 1, no. 1 (2017): 15–24. https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926.

Liansyah, Annisa Fadhilah, and N Achadianingsih. “Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 3 (2020): 181. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336.

Mahdali, Fitriyah. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 2, no. 2 (2020): 143–68. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664.

Maki, Abu Muhammad. Al-Kasf an Wujuhu Al- Qira’at As-Sab’ah Wa Allalihah Wa Hujjajiha, 1987.

Muhammad ali ridla. “Analisis Dan Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Gharib Dan Musykilat Di Lembaga Qira’atuna Pondok Pesantren Salafiyah Syaf’iyah Sukorejo.” Angewandte Chemie International Edition 6, no. 11 (1967): 951–52.

Murdiono. “Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Al- Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu.” Baktimas 1, no. 4 (2019).

———. “Ta'rīb di Dalam Al- Qur’an Dan Pandangan Al-Imam Jalaludin as- Suyuty” 8, no. 1 (2020): 20–34.

Nasirudin, Mohamad, Mazidatul Faizah, Mariatul Zulfa, and Siti Mukarromah. muhammad ali ridla. “Analisis Dan Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Gharib Dan Musykilat Di Lembaga Qira’atuna Pondok Pesantren Salafiyah Syaf’iyah Sukorejo.” Angewandte Chemie International Edition 6, no. 11 (1967): 951–52.

Murdiono. “Implementasi Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu.” Baktimas 1, no. 4 (2019).

———. “Ta'rīb di Dalam Al- Qur’an Dan Pandangan Al-Imam Jalaludin as- Suyuty” 8, no. 1 (2020): 20–34.

Nasirudin, Mohamad, Mazidatul Faizah, Mariatul Zulfa, and Siti Mukarromah Pendalaman Ilmu Tajwid Pada Pelajar "Menjaga Generasi Islam Bangsa Untuk Cerdas Membaca Al Qur ’ an Sesuai Tajwid" 2, no. 1 (2021).

Prasmanita, Dea, Abdul Khamid, Rif’ah Munawaroh, Ahmad Zamroni, and One EMi Nasitoh. “Implementasi Pembelajaran Tajwid Dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Dalam Materi Al-Qur’an Hadist.” Innovative Education Journal 2, no. 2 (2020): 1–13.

Qur, al,an, Nur Anita, Khoirun Nisa, Ilmu Tajwid, D I Pondok, and PesantrenAl-ihsan Kalijaring. “Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid Di Pondok Pesantren Al Pendekatan Ilmu Tajwid Di Pondok Pesantren Al-Ihsan.” Journal of Educatio n and Management Studies 3, no. 2 (2020).

Safliana, EKa. “Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup” 3, no. 2 (2020): 70–85.

Sudiarjo, Aso, Arni Retno Mariana, and Wahyu Nurhidayat. “AplikasiPembelajaran Ilmu Tajwid , Waqaf Dan Makharijul Huruf Berbasis Android.” Jurnal Sisfotek Global 5, no. 2 (2015): 54–60. http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/80.

Suryaningsih, Iin, and Hendrawanto Hendrawanto. “Ilmu Balaghah: Tasybih Dalam Manuskrip ‘Syarh Fī Bayān Al-Majāz Wa Al-Tasybīh Wa Al- Kināyah.’” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 4, no. 1 (2018): 1. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.245.

Sya’roni Hasan, Moch. “Metode Qira'ah Muwahhadah Dalam Membentuk Keserasian Bacaan Al Qur'an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Madrasatul Qur An (Mq) Tebuireng Jombang).” Falasifa : Jurnal Studi Keislaman 10, no. 2 (2019): 102–3. https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i2.200.

Tukijo, Tukijo, Muhammad Azhar, Marsudi Iman, and Donny Khoirul Azis.“Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Ijtahid Fi Al-Qira’ah.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 19, no. 1 (2020): 969– 79. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.705.

Widodo, Arip, Mahbub Nuryadien, and Ahmad Yani. “Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Etode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7-13 Tahun Di Tpq Al-Falah 2 Anak Usia 7-13 Tahun Di Tpq Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 Rt 01 Rw 01 Desa Serangkulon Blok 01 Rt 01 Rw 01 Kecamatan Babakan Kabupaten.” Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah 1, no. 9 (2019): 1689–99.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Asriani. 2024. “Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Al-Mubasyarah Untuk Meningkatkan Maharat Kalam Peserta Didik SMP Cahaya Qur’an Cimanggu II Cibungbulang Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):417-26. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.763.

Issue

Section

Articles