Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di Kabupaten Subang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.835Keywords:
Pendidikan Karakter, Pancasila, Moderasi BeragamaAbstract
Metode penulisan jurnal ini menggunakan metode kualitatif dengan corak studi pustaka (Library Research), dengan menggunakan berbagai macam sumber seperti, jurnal, buku yang membahas tentang Pendidikan Karakter Pancasila dan Moderasi Beragama. Kasus terorisme yang terjadi di Indonesia selama ini sedikitnya sudah melibatkan beberapa warga Subang. Beberapa tahun ke belakang, ada kasus penggerebekan terduga teroris di Kelurahan Dangdeur, Selain itu, seorang warga Kecamatan Cipunagara diduga terlibat kasus terorisme. Kasus terorisme yang terjadi di Indonesia selama ini sedikitnya sudah melibatkan beberapa warga Subang. Beberapa tahun ke belakang, ada kasus penggerebekan terduga teroris di Kelurahan Dangdeur, Selain itu, seorang warga Kecamatan Cipunagara diduga terlibat kasus terorisme. Pemahaman Pendidikan Karakter Pancasila sangat penting karena dinilai dapat menumbuhkan peserta didik yang kosmopolitan dan plural. Secara etimologi moderasi berasal dari akar kata moderation yang bermakna sikap tengah, tidak berlebihan dan memihak. Kabupaten Subang salah satu wilayah yang heterogen terdiri banyak unsur agama dan budaya. Pengelolaan kemajemukan ini memerlukan kerja keras damai mewujudkan tanah Subang sebagai wilayah yang bina damai. Kabupaten Subang merupakan wilayah yang terdiri dari ragam agama dan kultur. Upaya menjaga keutuhan masyarakat yang majemuk ini diperlukan pendidikan karakter pancasila sebagai alat menguatkan moderasi beragama di Kabupaten Subang. Tentu hal ini tidak luput peranan dari beragam sektor baik pemerintah maupun masyarakat.
Downloads
References
Akram Dhiyauddin. (2022). Masyarakat Madani Tinjauan Historis Kehidupan Zaman Nabi. Gema Insani Press.
Ashmawy, S. (2002). Jihad Melawan Islam Ekstrem. Desantara.
Athoilah Islamy. (2022). Moderasi Beragama Dalam Idealogi Pancasila. Poros Onim Jurnal Sosial Keagamaan, 1(3), 28. http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/porosonim/article/view/333/145
BPS. (2020). Kabupaten Subang Dalam Angka 2020.
Bulac, A. (1999). Wacana Islam Liberal: Pemikiran Islam Kontemporer tentang Isu-isu Global. Paramadina.
Fawaid. (2020). Menuju Wasitaniyah Islam. Q Media.
Feisal, J. A. (1995). Reorentasi Pendidikan Islam. Gema Insani Press.
Hasyim, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Kabupaten Subang. At-Talim Media Informasi Pendidikan Islam, 22(1), 102. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/9719
Hornby. (2000). Oxford Advanced Learner’s Dictionar. Oxford University Press.
Ilma, M., & Alfian, R. N. (2020). Konsepsi Masyarakat Madani Dalam Bingkai Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 25–46. https://doi.org/10.21154/maalim.v1i01.2186
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Nurcholis Madjid. (2004). Indonesia Kita. Paramadina.
Qodir, Z. (2018). Kaum Muda, Intoleransi, dan Radikalisme Agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 429. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.37127
Rozi, S. (2019). Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 26. https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i1.343
Tempo. (2020, August 7). Polisi Tangkap Tiga Terduga Teroris Di Subang. Tempo.Cp. https://nasional.tempo.co/read/269511/polisi-juga-tangkap-tiga-terduga-teroris-di-subang.
Tibi, B. (2009). The Politicasation of Islam to Islamism. Departement of Political Science. Aarshus University.
Wiyani, N. A. (2012). Membumikan Pendidikan Karakter di Sd. Ar-Ruzz.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anja Hawari Fasya, Afif Nurseha, Ajat Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.