Implementasi Strategi STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Authors

  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Desi Sabtina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dewi Aryanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Bilal Hafis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1240

Keywords:

Implementasi, STAD, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan penerapan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas VII-2 MTsN 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi STAD memberikan dampak positif pada siswa, termasuk peningkatan motivasi belajar, keberanian, dan rasa percaya diri. Selain itu, strategi ini juga berkontribusi pada peningkatan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, serta memperkuat kerja sama antar siswa. Meskipun strategi STAD membawa sejumlah kelebihan, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utama adalah tidak semua peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran karena perbedaan kemampuan kognitif siswa. Penemuan ini memberikan wawasan penting bagi guru dan pengambil kebijakan untuk menyesuaikan implementasi strategi STAD dengan kebutuhan dan karakteristik kelas, sehingga potensi positif strategi ini dapat dioptimalkan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, M. E. 2020. Implementasi model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(3)

Arifin, Zainur. 2022. “Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8.1.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, terj. Med. Meitasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga, 1990

Gillies, R. M. 2007. Cooperative learning. Integrating theory and practice. Thousand Oaks, California SAGE Publications

Goleman, Daniel. 2004. Emotional Intellegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35-46.

Hewett, R., & Conway, N. 2016. “The undermining effect revisited: The salience of everyday verbal rewards and Self‐determined motivation“. Journal of Organizational Behavior, 37(3)

Jainiyah, Jainiyah, et al. 2023. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2.6.

Lutfiwati, Sri. “Motivasi belajar dan prestasi akademik.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 10.1 (2020): 53-63.

Meishanti, O. P. Y. 2019. Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN Bandarkedungmulyo Jombang. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 5 (1)

Munawar, H. (2019). The application of STAD-Cooperative Learning Model: Efforts to increase motivation and Learning Outcomes of students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in Mathematics subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry topics. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 11(2)

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Rini, Lilis Setiyo, et al. 2022. “Efforts to Increase Motivation and Outcomes of Learning About Economic Activities Through Implementing the STAD Cooperative Learning Model.” KnE Social Sciences

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23-34.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. VIII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, T. J. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2)

Sudarti, K. 2018. Peningkatkan motivasi belajar siswa melalui bimbingan kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1).

Suherti, Euis & Rohimah. 2016. Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas pasundan

Suparsawan, I. K., & SD, S. P. 2020. Kolaborasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Tata Akbar.

Wyk, Micheal M. Van. 2012. “The effects of the STAD-cooperative learning method on student achievement, attitude and motivation in economics education.” Journal of Social Sciences, 33.2

Downloads

Published

2025-03-18 — Updated on 2025-03-18

Versions

How to Cite

Arlina, Desi Sabtina, Dewi Aryanti, and Bilal Hafis. 2025. “Implementasi Strategi STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):123-33. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1240.

Issue

Section

Articles