Implementasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIS Biyatul Hidayah

Authors

  • Siti Ardiyanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aldi Maulana Ong Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wirda Aini Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1246

Keywords:

Snowball throwing, Strategi belajar, Hasil belajar

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk membuat proses pembelajaran agar tidak monoton dan lebih menyenangkan dengan menggunakan strategi snowball throwing di MIS Bidayatul Hidayah Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumen RPPH. Adapun yang menjadi subjek penelitiannya yakni siswa-siswi kelas V MIS Bidayatul Hidayah Medan. Dengan tehnik keabsahan data berupa lama-lama dan berpanjang- panjang, serta triangulasi. Hasil penelitian pada jurnal ini menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan ketertarikan, semangat belajar serta menambah pengalaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori. (2010). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model

Pembelajaran. PT Bumi Aksara: Jakarta.

A.M., Sardiman. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo Persada

Azerrad, Jacob. (2005). Membangun Masa Depan Anak. Bandung: Nusamedia

Eisenberg, N. & Mussen, P.H., (1989). The Roots of Prosocial Behavior in Children, New York : Cambridge University Press

H. Thouless, Robert. (2000). Pengantar Psikologi Agama, Jakarta : Raja Grafindo

Jumanta Hamdayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia

Khaidir Gultom. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tip Snowball Throwing dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN 366 Tegal Sari. Jurnal Guru Kita

Kokom Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT.Refika Aditama

Miftahul Huda. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mirnawati, Firman. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Study Guru dan Pembelajaran

Moleong J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T Rosdakarya

Ngalim Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sisdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Surabaya: Pustaka Pelajar

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Triastuti Handayani, dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Curricula

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Siti Ardiyanti, Arlina, Aldi Maulana Ong, and Wirda Aini Rambe. 2025. “Implementasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIS Biyatul Hidayah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):141-48. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1246.

Issue

Section

Articles