Pola Pendidikan Ingklusif (Studi Anak Retardasi Mental) Di SLB ABC Melati Aisyiyah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1241Keywords:
Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Retardasi MentalAbstract
Retardasi mental adalah anak yang mengalami keterbatasan secara fisik, emosional, gangguan adaptasi dalam bersosial, mengalami penurunan intelektual, dan mengalami keterbatasan partisipasi. Anak retardasi mental sering kali mengalami keterlambatan dalam perkembangan seperti keterlambatan berbicara, bersosialisasi dan gangguan berbahasa. Gangguan tidur pada anak retardasi mental mempunyai dampak negatif berupa perubahan suasana hati dan sulit mengendalikan emosional dan stress. Oleh karena itu peran orang terdekat yakni orang tua, guru serta lingkungan dalam proses tumbuh kembang pada anak retardasi mental sangatlah dibutuhkan dan penting. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan edukasi kepada orang tua anak retardasi mental mengenai stimulasi tumbuh kembang dan emosional. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang dan emosional khususnya pada anak retardasi mental. Hasil observasi ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC Melati Aisyiyah. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah memberikan edukasi mengenai stimulasi tumbuh kembang dan emosional pada anak dengan retardasi mental kepada orang tua wali murid.
Downloads
References
Algozzine, Bob dan Ysseldyke, Jim. (2006). Teaching Students With Mental Retardation A Practical Guide for Every Teacher. California: Corwin Press.
Direktorat ppk-lk, (2011). Pedoman umum penyelenggaraan Pendidikan inklusif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
EE. Junaedi Sastradiharja dkk, (2020), PENDIDIKAN INKLUSI DI PERGURUAN TINGGI: Studi Pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta, Journal of Islamic Educatioan.
Emlia Kristiyanti, (2019), Model Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas Intelektual: Studi Kasus di DKI Jakarta, Jakarta, Indonesian Journal of Religion and Societ.
Farah, Arriani, dkk (2022). Panduan pelaksanaan Pendidikan inklusif. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Jazim dkk, (2018), Layanan Bimbingan Belajar Bagi Anak Retardasi Mental di Kelas III SLB Catur Bina Bangsa, Semarang, Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.
Mohammad effendi, (2006). Pengantar psikopedagogis anak berkelaianan. Jakarta : PT. Burai Aksara.
Ni Luh & Astra, (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan Pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal santiaji Pendidikan, Volumen 9, Nomor 2.
Nunung Aprianto, (2012). Seluk beluk tunagrahita dan strategi pembelajarannya. Yogyakarta : Jaum Litera.
Shanti Rosmaharan dkk, (2023), Stimulasi Tumbuh Kembang dan Emosional Pada Anak dengan Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa Tunas Harapan II Peterongan, jombang, DEDIKASI SAINTEK: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Sutjihat, Somantri, (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung : Refika Aditama.
Yustinus, Semiun, (2006). Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: Penerbit Kasilius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldi Maulana Ong, Khaidah Try Apnisyah Sitorus, Siti Ardiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.