Implementasi Pendidikan Karakter Toleransi di Asrama Putri Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Shine Al-Falah Kota Padang

Authors

  • Gustiva Andri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fakih Abdul Rozak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1317

Keywords:

Pendidikan Karakter Toleransi, Pondok Pesantren

Abstract

Pendidikan karakter toleransi adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter toleransi kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, saling menghargai dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Tulisan ini bermaksud untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter toleransi di asrama putri Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Shine Al-Falah Padang. Memperhatikan perkembangan Implementasi Pendidikan Karakter toleransi bertujuan agar santri mampu menerapkan nilai-nilai kebaikan yang terkandung dalam al-Qur’an ketika mereka berada diasrama maupun dalam lingkungan masyarakat nantinya. Implementasi pendidikan karakter toleransi di asrama putri Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Shine Al-Falah Kota Padang dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai karakter toleransi disetiap kegiatan pesantren khususnya di asrama putri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Majid, Abdul. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhaimin. 2011. Pesantren Dalam Bingkai Mutu Pendidikan Global: Meretas Mutu Pendidikan Pesantren Masa Depan. Semarang: Rasail Media Group.

Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter.Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, J, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraisyah dan Syafwan Rozi, Penerapan Nilai-Nilai Akhlak Dalam Peraturan Dan Hukum Formal Studi Terhadap Kode Etik Mahasiswa Stain Bukittinggi Tahun 2014. Al-Hurriyah: Jurnal Hukum Islam, Vol. 01, Januari-Juni 2016.

Samani, Muchlas. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Thomas Lickona. Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Terj. dari Education For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility oleh Jumal Abdu Mawaungo. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2013 Cet. III.

Tim penulis rumah kitab. 2014. Pendidikan Karakter berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Renebook.

Usman, Husain. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainuudin. 2010.Pluralisme Agama. Malang: UIN Maliki Press.

Zarkasyi, Syukri, Abdullah. 2005.Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zubaedi. 2013.Desain Pendidikan Karakter: konsepsi dan aplikasnya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Gustiva Andri, and Fakih Abdul Rozak. 2025. “Implementasi Pendidikan Karakter Toleransi Di Asrama Putri Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Shine Al-Falah Kota Padang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):63-76. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1317.

Issue

Section

Articles