Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadist di Kelas VIII MTs Al-Ghozali Jatibarang Indramayu

Authors

  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Syifa Nur Fadilah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Lutfiah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2139

Keywords:

Model Pembelajaran, Index Card Match, Minat

Abstract

Faktor yang melatarbelakangi penelitian ini adalah banyak siswa yang tidak fokus dan kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Seperti tidak ada motivasi dan minat yang mendorong untuk belajar, selain itu minat belajar terlihat sangat kurang dilihat dari . Tujuan penelitian yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match  untuk meningkatkan minat belajar Al-Qur’am dan Hadist pada siswa kelas VIII di MTs al-Ghozali. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan Observasi yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model pembelajaran ini berpengaruh dalam peningkatannya Minat belajar siswa Mts Al-Ghozali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Widayati, ‘Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi-Universitas Negeri Yogyakarta 87’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, Vi.1 (2008), 87–93

Fathurrohman, Muhammad, ‘Model-Model Pembelajaran’, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015

Masni, Masni, ‘Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di Sd Negeri 12 Ampenan’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5.2 (2019), 57–63

Nuraini, Nunuk, ‘Pengaruh Program Akselerasi Terhadap Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) Ppmi Assalaam Sukoharjo Tahun 2008’ (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009)

Riris Nur Kholidah Rambe. 2018. "Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia". Jurnal Tarbiyah, 25 (1) : 93-124. DOI : 10.30829/tar.v25i1.237

Saelendra, Ni Nyoman, ‘Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Vii. 1 Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (Cl) Tipe Stad Di Smp Negeri 4 Mataram Oleh’, Media Bina Ilmiah, 13.9 (2019), 1583–92

Santosa, Nugroho Budi, And Agustina Sri Purnami, ‘Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas Viib Smp N 2 Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2013/2014’, Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2.3 (2014)

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Ibnu Rusydi, Syifa Nur Fadilah, and Lutfiah. 2025. “Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadist Di Kelas VIII MTs Al-Ghozali Jatibarang Indramayu”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):1-6. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2139.

Issue

Section

Articles