Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perilaku Bullying di SMP Negeri 1 Balongan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2140Keywords:
Bullying, Bimbingan Kelompok, Diskusi KelompokAbstract
Perilaku bullying atau perundungan adalah tindakan maladaptif yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja dan berulang-ulang, sehingga perilaku tersebut tidak bisa dianggap normal, karena akan memberikan dampak negatif kepada korban. Para korban bullying akan merasa tertekan, tidak percaya diri, takut, khawatir, dan stress ketika datang ke sekolah. Solusi yang ditawarkan untuk mencegah bullying yaitu dengan menawarkan kegiatan psikoedukasi anti bully di SMP Negeri 1 Balongan dengan harapan bahwa sekolah tersebut memiliki pengetahuan tentang bullying dan dapat menghindari praktek bullying di sekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan dengan metode ceramah, bimbingan kelompok, modeling, role play, dan diskusi kelompok. Metode ceramah dipilih karena metode ini akan membuka pemahaman para peserta kegiatan untuk lebih memahami makna bullying, jenis-jenis bullying, dampak bullying, serta bentuk-bentuk tindakan pencegahan bullying yang dapat dilakukan. Selanjutnya metode bimbingan kelompok dan diskusi kelompok adalah motode kombinasi yang dipilih dengan pertimbangan kedua metode ini dapat merangsang keaktifan para peserta dalam mendiskusikan beberapa permasalahan bullying yang terjadi di sekolah, serta mencari jalan keluar dalam memecahkan kasus-kasus tersebut.
Downloads
References
Aditiyah, M. ., Rusydi, I. ., & Juhaedi, D. . (2023). Peran Guru PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Multikulturtal Di SMP N 1 Sukagumiwang Indramayu. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 135–141. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.78
Astuti, Ponny Retno. (2008). Tiga Cara Efektif Mengatasi KPA (Kekerasan Pada Anak). PT Grasindo: Jakarta.
Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). Peran Tenaga Pendidik Dalam Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas Indonesia. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3
Freska, Windy, dan Refnandes, Randy. (2023). Resiliensi Korban Bullying Remaja. CV Mitra Edukasi Negeri: Bantul.
http://sekolahaman.kemdikbud.go.id.
Kusrahmadi, S.D. (2011). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Melva Syahrial, Neviyarni S, & Netrawati. (2023). Generating Hope in Group Counseling Through the Meaning of Life in Middle School Adolescents. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.58355/psy.v2i2.25
Moleong, Lexy, J.( 2000)Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya: Bandung.
Robbi Asri, Neviyarni S, Netrawati, & Rendy Amora. (2023). Implementation of Gestalt Counseling on Self-Disclosure in Group Counseling for Victims of Sexual Harassment. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.58355/psy.v2i2.24
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Syifa Nur Fadilah, and Didik Himmawan. 2023. “Desain Bimbingan Belajar Yang Efektif Untuk Kemandirian Belajar (Studi Di MTs An-Nur Kota Cirebon Dan SMP Muhammadiyah Cirebon)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):960-67. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.552.
Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. PT Grasindo: Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Kpai.go.id.
Uswatun, Siti Kasanah, dkk. (2024). Pendidikan Anti Bullying. CV Basya Media Utama: Pasuruan.
Zakiyah, Humaidi, Santoso (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. Vol 4, No: 2. https://jurnal.unpad.ac.id/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evi Aeni Rufaedah, Ibnu Rusydi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.