Metode Targhib dan Tarhib dalam Pembelajaran Akhlak Perspektif KH Ahmad Dahlan

Authors

  • Abdul Azis Universitas Ahmad Dahlan
  • Farid Setiawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Betty Mauli Rosa Bustam Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.402

Keywords:

Pendidikan, Metode Targhib dan Tarhib, Akhlak, KH Ahmad Dahlan

Abstract

Tujuan pendidikan sendiri meperbaiki akhlak atau perilaku dari para siswa. Sehingga perlu adanya metode yang tepat yang bisa diaplikasikan pada pembelajaran akhlak. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Dalam analisis data peneliti menggunakan metode analisis isi dimana metode ini dilakukan dengan mengidentifikasi informasi secara objektif. Hasil dari pembahasan ini, bahwasanya metode targhib dan tarhib dalam pembelajaran akhlak perspektif KH Ahmad Dahlan sama dengan metode amal yang digunakan KH Ahmad Dahlan dalam menyampaikan suatu ilmu. Dalam hal ini KH Ahmad Dahlan menganalogikan tafsir tentang dorongan mati, beliau dalam menafsirkan kepada masyarakat dengan hal yang positif bahwasanya manusia agar selamat dari siksa api neraka haruslah melakukan sesuatu atau berbuat amal. Dalam kata lain menurut KH Ahmad Dahlan agar bisa masuk surga maka harus banyak beramal shalih yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala, oleh karena itu amal akan menjadi bekal di akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, G. H. (2021). Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam KH . Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam. Edukatif, 3(6).

Ali, M. (2017). Paradifma Pendidikan Berkemajuan: Teori dan Praksis Pendidikan Profresif Religus K.H. Ahmad Dahlan. Suara Muhammadiyah.

Amar, F. (2019). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH Ahmad Dahlan dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. IAIN Ponorogo.

Awaluddin, A., & Saputro, A. D. (2020). Rekrontuksi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan dalam PEndidikan Islam Berkemajuan. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(02), 182–204.

Az-Zulfi. (n.d.). Akhlak Fi al-Islam Terjemah Akhlak Dalam Perspektif Islam. Maktabah al-Mulk Fahd al-Watiniyyah Atsnau an-Nasyr.

Azmi, F. (2017). Ijtihad Pendidikan Dalam Pengembangan Pola Pendidikan Islam di Indonesia. Manhaji.

Fadriati. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam (Klasik dan Kontemporer). IAIN Batusangkar.

Hakim, M. L., Akhyar, & Asrowi. (2017). Pemanfaatan Media PEembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Arabi, 2(2), 156–162.

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Ilyas, Y. (2018). Kuliah Akhlak. Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.

Ismatul Izzah. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. Pedagogik : Jurnal Pendidikan, 5(1), 50–68. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/219

Jamila. (2016). Pendidikan Berbasis Islam yang Memandirikan dan Mendewasakan. Edutech, 2(2), 73–83.

Khairunnisa, D. P. (2017). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H. Ahmad Dahlan [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. In Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/35364/2/DWI PUSPA KHAIRUNNISA-FU.pdf

Kurnia, I. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Menurut K.H. AHmad Dahlan. IAIN Bengkulu.

Ma’rufin. (2015). Metode Targhib dan Tarhib (Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Islam). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 67–77. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/13

Musbikin, I. (2021). Konsep Pemikiran Tokoh 3 Ulama, 4 Madzhab, dan 9 Walisongo Pendidikan Islam (Pustaka Pe).

Nasution, R. D. (2017). Effect of the Development of Communication Information Technology on Local Cultural Existence - Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 30–42. http://eprints.umpo.ac.id/5056/1/%28artikel%29 Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal.pdf

Nirwana, A. B., & Sucipto, H. (2020). Pendidikan Kemuhammadiyahan SMP/MTs Muhammadiyah (F. Setiawan, Ngadimun, & A. Madani (eds.)). Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Novitasari, A. D. (2013). Metode Pembelajaran Akhlak menurut KH Ahmad Dahlan dan Relevansinya dengan Pembelajaran Akhlak dalam Islam. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nur, S., & Hasnawati. (2020). Metode Taghib dan Tarhib dalam Pendidikan Islam. V(1), 64–77.

Patimah, P. (2018). Konsep Pemikiran Islam Menurut K.H. Ahmad Dahlan dan Implementasinya di SMP Muhammadiyah 33 Jakarta. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Riani, R. P. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Targhib Tarhib Terhadap Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik ( Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung ). Tarbawy, 1(1), 25–32.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarni, T. (2020). Pembentukan Karakter Pendidikan Islam Perspektif KH Ahmad Dahlan. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Suwarno. (2016). Pembaharuan Pendidikan Islam Sayyid Ahmad Khan dan KH Ahmad Dahlan. Suara Muhammadiyah.

Syahriansyah. (2014). Ibadah dan akhlak. IAIN Antasari Press.

Tukinah, & Widayanti, P. I. (2020). Pembelajaran Terpadu dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 151–160. https://doi.org/10.292.40

Utsaimin, M. S. bin. (2012). Syarah Hadis Arba’in. Ummul Qura.

Wasitohadi. (2014). Hakekat Pendidikan dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widia, 30(1), 49–61.

Zurzauq, M. H. (1983). Muqaddimah fiil ‘Ilmi al-Akhlāq. Dar al-Qalam.

Published

2023-03-26

How to Cite

Abdul Azis, Farid Setiawan, and Betty Mauli Rosa Bustam. 2023. “Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Pembelajaran Akhlak Perspektif KH Ahmad Dahlan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):139-50. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.402.

Issue

Section

Articles