Pesantren, Pondok Modern, METODE TARGHIB DAN TARHIB, (Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Islam)

Authors

  • Ma'rufin . Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.13

Keywords:

Pendidikan Islam, Tarhib, Targhib, Reward, Punishment

Abstract

Strategi Pembelajaran melalui metode targhib dan tarhib merupakan kasih sayang yang diberikan seorang pendidik kepada peserta didik ketika proses belajar sangat diperlukan dalam arti mengikuti dan menerima segala hal yang dilakukan peserta didik dengan cara-cara yang baik, tetapi jika dalam proses pembelajaran terdapat peserta didik yang melanggar atau melewati batas kenakalannya, seorang pendidik wajib menggunakan cara tepat untuk memberikan peringatan atau hukuman dalam batas-batas yang diperbolehkan dengan tanpa menyakiti. Tujuan targhib adalah membuat ketertarikan anak didik terhadap kebaikan, kenikmatan, atau kesenangan akhirat yang pasti dan baik, serta bebas dari segala bentuk keburukan. Sedangkan tujuan utama dari tarhib adalah menyadarkan anak didik dari kesalahannya. Dengan demikian kehalusan atau bahkan kekerasan yang dipraktekkan dalam targhib dan tarhib bukan sesuatu yang prinsipil, akan tetapi bagaimana metode tersebut dapat secara efektif menunjukkan pada jalan kebaikan dan menyadarkan anak didik dari kesalahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-12-03

How to Cite

., Ma’rufin. 2015. “Pesantren, Pondok Modern, METODE TARGHIB DAN TARHIB, (Reward Dan Punishment Dalam Pendidikan Islam)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2 (1):67-77. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.13.